Faktor Penyebab Kemunduran Peradaban Islam


Dalam sejarah, Islam mempunyai masa keemasan yang begitu mengguncang seluruh dunia. Membuat berbagai benua menakuti peradaban Islam pada saat itu. Dengan kemajuannya dari segala aspek baik ekonomi, sosial, politik, dan dari segi pemerintahan, banyak dari kerajaan mengeksplorasi berbagai kemajuan dan bahkan banyak yang meniru berbagai temuan dari peradaban Islam.

Selain dari itu, banyak juga kerajaan-kerajaan dari barat yang tidak suka dengan kemajuan dari peradaban Islam, karena penyebaran agamanya yang begitu pesat. Sehingga banyak bangsa asing pada saat itu, melakukan penyerangan kepada peradaban Islam.

Akan tetapi, ternyata kemajuan atau keemasan peradaban Islam tidak selamanya akan bertahan lama, karena beberapa faktor penyebab sehingga kemajuan peradaban Islam tersebut mengalami kemunduran.

Berbicara soal fase kemunduran peradaban Islam, terdapat banyak penyebab yang mengisi perjalanannya sehingga terjadi sebuah kemunduran tersebut. Kemunduran peradaban Islam itu terjadi pada masa klasik atau pertengahan atau sekitar tahun 1250 sampai 1500 Masehi.



Padahal jika dilihat-lihat, peradaban Islam sudah sangat maju pada saat itu, karena hampir bumi bagian timur dan sebagian barat dikuasai seperti Daulah Abbasiyah di Baghdad, Daulah Umaiyah di Cordova serta Daulah Fatimiyah di Mesir.



Tapi pada saat penyerangan Kota Baghdad yang dipimpin oleh Hulaghu Khan dari Bangsa Mongolia membuat awal mula mengapa terjadi kemunduran peradaban Islam. Penyebab itulah sehingga menaklukkan Baghdad, bangsa dari Mongolia kembali mengincar beberapa kerajaan Islam seperti Syria, Nablus, Gaza, dan wilayah lainnya.



Kemunduran peradaban Islam semakin bertambah parah saat peradaban Islam yang terdapat di Eropa juga mengalami kemunduran. Alasan utamanya sehingga terjadi penyebab di Eropa adalah invasi kristen di Eropa dalam hal ini di Spanyol dan untuk yang berada di Mesir, dimana para khalifah ikut dalam hidup yang serba mewah dan terjadi konflik internal.

Dari berbagai carut marut tersebut tak pelak kemajuan atau keemasan Islam lambat laun menjadi kemunduran peradaban Islam dari berbagai lini. Berdasarkan dari hal itu, pada kali ini penulis akan berusaha untuk menyimpulkan point-point utama yang menjadi faktor penyebab kemunduran peradaban Islam sebagai topik yang dibahas pada kali ini.

Faktor Kemunduran Peradaban Islam Adalah?

Adapun informasi diatas dan informasi yang didapatkan dari berbagai sumber, maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat 6 faktor utama yang menjadi penyebab kemunduran peradaban Islam. Adapun 6 faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam adalah:

    1. Tidak adanya ideologi pemersatu yang bisa merusak perdamaian dan mempengaruhi
    2. Permasalahan ekonomi yang begitu merosot karena berpusat dalam pengembangan ilmu pengetahuan sehingga terjadi kesulitan ekonomi yang berpengaruh pada politik dan militer.
    3. Sistem peralihan kekuasaan yang tidak jelas sehingga terjadi perebutan ahli waris dan terjadi perang antar saudara.
    4. Perang salib 1096-1270 dan serangan mongolia pada 1220-1300 menjadi penyebab kemunduran peradaban Islam.
    5. Banyak kawasan di negara Islam yang kebanyakan gersang sehingga penduduk tidak berfokus pada satu kawasan saja.
    6. Perdagangan Islam internasional mengalami kemunduran saat kekuatan barat mulai muncul sehingga pos itu dikuasai oleh negara barat di negara Islam.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Faktor Penyebab Kemunduran Peradaban Islam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *