Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perbedaan Kebutuhan Setiap Orang Adalah?


Penyebab Perbedaan Kebutuhan –¬†Perkembangan digital yang pesat dan kehidupan zaman yang terus melaju, membuat faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap orang. Hal ini terjadi bisa dilihat dari bagaimana konsumen bertindak dan dalam memutuskan untuk membeli barang.

Sebab pada era ini, membuat seseorang untuk memenuhi kebutuhannya sangatlah mudah karena barang atau jasa yang dibutuhkan dapat diterima dengan cepat, mudah, personal, dan rinci.

Dengan ekspektasi itu dan juga keinginan setiap orang, membuat banyak perusahaan beradaptasi dalam era yang disebut dengan revolusi industri keempat. Pada era ini, setiap orang sangat gampang dalam memenuhi kebutuhannya.

Sebab era ini, mengintegrasikan empat komponen ekosistem penting yaitu operasi, sumber daya manusia, teknologi, dan solusi konsumen. Maka tidak sedikit banyak perusahaan yang beralih ke berbelanja secara digital.

Diketahui setiap orang senang untuk mencari barang dan produk, apalagi secara online yang dimana mencari barang tidak lagi capek dan butuh waktu yang lama.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam memenuhi kebutuhan di era digital seperti melalui marketplace, media sosial dan digital directory.

Ketiga platform ini mempunyai kesamaan tiada lain dan tiada bukan adalah berfungsi untuk mempermudah konsumen dalam menemukan barang dan jasa dalam satu platform.

Apalagi dalam memenuhi kebutuhan, di era digital saat ini memberikan pengalaman personal sebab melakukan pemesanan barang dan jasa menggunakan inkuiri, serta berinteraksi dengan SMS.

Namun terdapat kekurangan dalam memenuhi kebutuhan di era ini yaitu apabila anda yang ingin memenuhi kebutuhan ternyata tidak mempunyai paket data, maka tidak dapat mendapatkan informasi tentang apa yang anda inginkan dan apa yang terbaru.

Karena bisa saja apa yang anda inginkan ternyata mempunyai barang terbarukan sehingga dalam menemukan kebutuhan anda itu bisa lebih mudah untuk diketahui. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan memantau kata kunci, channel dan sasaran audiens di media sosial.

Inilah peradaban atau kebudayaan saat ini yang dimana setiap memenuhi kebutuhan bisa dilakukan dengan online. Walaupun demikian, ada pula yang membuat terjadinya kebutuhan setiap orang yaitu karena persoalan agama dan istiadat.

Terkadang agama dan istiadat bisa menjadi pemicu bagi seseorang untuk memenuhi kebutuhannya, apalagi saat menjelang peringatan atau momen tertentu.

Contohnya saja bagi kalangan masyarakat Islam yang biasa saat momen hari besar seperti hari raya idul fitri mempunyai banyak kebutuhan seperti baju lebaran, kue, kendaraan dll.

Bahkan kebutuhan yang paling banyak untuk diinginkan pada saat itu adalah mukena, sujadah, atau alat ibadah yang membuat berbagai alat ibadah tersebut permintaannya melonjak naik.

Selain dari pada agama dan istiadat terdapat persoalan keadaan lingkungan alam. Ini bisa menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan setiap orang dan bisa juga menjadikan kebutuhan seseorang berbeda.

Lihat saja bagi orang yang tinggal di daerah dataran atau dipantai biasanya memakai pakaian tipis sehingga kebutuhan yang biasa dikonsumsi adalah membeli baju kaos atau pakaian pantai.

Beda halnya dengan orang-orang yang berada di sekitar pegunungan, tentu akan membeli pakaian yang tahan akan dingin. Perbedaan kondisi lingkungan ini membuat permintaan dalam kebutuhan tentu mengalami perbedaan.

Melalui ketiga hal itu, menjadi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan kebutuhan bagi setiap orang. Namun, tidak hanya ketiga hal itu saja terdapat 2 diantaranya lagi yaitu waktu dan pendapatan.

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perbedaan Kebutuhan Setiap Orang Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perbedaan Kebutuhan Setiap Orang Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Perbedaan Kebutuhan

Maka kesimpulan dari faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan kebutuhan setiap orang dapat dapat dilihat dibawah ini:

1. Keadaan Lingkungan Alam

Faktor ini adalah penyebab sehingga kebutuhan setiap orang berbeda karena tempat tinggal menentukan kebutuhan yang akan dimilikinya.

Contohnya masyarkat di pegunungan dengan di daerah yang dingin seperti di kutup utara tentu butuh pakaian pakaian dan selimut yang tebal. Bedah halnya dengan di Pantai yang hanya butuh pakaian tipis.

2. Peradaban atau Kebudayaan

Selain itu, peradaab atau kebudayaan juga merupakan faktor yang berperan besar dalam mempengaruhi kebutuhan setiap orang.

Demikian ini sebagaimana dijelaskan pengantar diatas. Apalagi di era sekarang dimana membeli barang secara online banyak digemari atau ojek tidak lagi menarik dan gantikan dengan ojek online yang trend.

3. Agama dan Adat Istiadat

Faktor yang ketiga adalah agama dan istiadat yang telah dijelaskan dipengantar diatas. Agama dan istiadat berperan penting dalam mempengaruhi kebutuhan setiap orang, karena mengacu pada ritual dan perayaan besar yang dimana dalam setiap pelaksanannya terdapat penanda.

Melalui penanda inilah yang harus dipenuhi dan menjadi kebutuhan bagi setiap penganutnya. Tentunya, bagi agama kristen, hindu, budha dan Islam didalamnya memiliki perbedaan yang sangat besar dalam kebutuhan ritual atau beribadah.

4. Waktu

Perubahan waktu juga dapat menyebabkan kebutuhan berubah. Misalnya, kamu tumbuh seiring dengan waktu dari bayi sampai sekarang sudah menjadi siswa SMP. Tentunya, ukuran pakaian dan sepatu kamu ketika masih kecil sudah tidak cukup lagi jika kamu pakai sekarang.

Oleh karena itu, kamu perlu membeli baju atau sepatu baru yang sesuai dengan pertumbuhan badan kamu. Dengan demikian, kebutuhan seseorang di masa lalu akan berbeda dengan kebutuhannya sekarang.

5. Pendapatan

Kebutuhan seseorang pada umumnya akan berubah seiring dengan pendapatan yang diperolehnya. Dengan pendapatan yang meningkat, daya belinya juga akan meningkat sehingga kebutuhannya juga akan semakin banyak.

Demikianlah informasi mengenai Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perbedaan Kebutuhan Setiap Orang Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *