Faktor-Faktor Menyebabkan Suatu Negara Mengadakan Hubungan Internasional


Hubungan Internasional –  Setelah berakhirnya Perang Dingin, terdapat banyak pembahasan berbagai hubungan internasional di masa depan. Anggapan hubungan internasional ini diperkirakan akan mempengaruhi tingkah laku setiap aktor negara bangsa. Demikian ini tidak menutup hanya dalam skala regional melainkan juga global.

Bahkan pembahasan soal hubungan internasional sampai kepada paradigma hubungan internasional itu. Demikian ini mengajak setiap orang untuk membuat kerangka baru dalam memahami studi hubungan internasional serta mempunyai implikasi strategis baik pada aspek akademik maupun praktik.

Dalam dinamika hubungan internasional pada satu dasawarsa terakhir ini menampilkan banyak kecenderungan baru. Dimana secara substansial terdapat hal yang berbeda dari masa-masa sebelumnya.

Ada banyak contoh yang bisa memperkuat penjelasan ini, sebab saat berakhirnya perang dingin, isu-isu mengenai konflik etnis, terorisme internasional, globalisasi, regionalisasi di setiap dunia secara signifikan mengubah wajah dunia.

Banyaknya kecenderungan ini, membawa konsekuensi yang baru dalam tata interaksi global, sehingga tidaklah salah atau berlebihan apabila para ahli dalam hal ini Stanley Hoffman mengatakan bahwa “our world become more and more complex”.

Banyaknyak kecenderungan tersebut, paling tidak terdapat dua aspek yang menjadi isu paling dominan dalam hubungan internasional antara lain perubahan aktor hubungan internasional dan konsep “power”.

Demikian ini muncul, sebab para penstudi hubungan internasional menjelaskan dan memprediksi bahwa hubungan internasional akan lebih komprehensif sebagaimana dikemukakan oleh J. Martin Rochester para penstudi diharapkan dapat “unwrapping the puzzle” secara lebih sistematis.

Walaupun demikian, tetap saja harus diakui bahwa langkah-langkah ilmiah yang baru dilakukan semata-mata tidak lebih kepada tahap menjelaskan dan menerangkan berbagai perubahan yang terjadi dalam hubungan internasional.

Namun, terdapat penjelasan dari Stanley Hoffman yang mengemukakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan internasional. Menurutnya terdapat 5 bagian utama yaitu aktor (pelaku hubungan internasional), tujuan para aktor, power, hirarki interaksi dan sistem internasional itu sendiri.

Disisi lain, apabila perubahan yang dikemukakan Stanley Hoffman terdapat lima bagian utama yang menjadi penyebabnya lantas apa faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan atau melakukan hubungan internasional.

Tentunya tepat membahas informasi demikian sebab topik pada kali ini yaitu Faktor-Faktor yang Menyebabkan Suatu Negara Mengadakan Hubungan Internasional yang penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

Faktor-Faktor Menyebabkan Suatu Negara Mengadakan Hubungan Internasional
Faktor-Faktor Menyebabkan Suatu Negara Mengadakan Hubungan Internasional

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Suatu Negara Mengadakan Hubungan Internasional

Faktor-faktor untuk melakukan politik luar negeri dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun penjelasan dari kedua faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional adalah:

1. Faktor Internal

Yang dimaksud faktor internal sebagai penyebab hubungan internasional adalah terdapat kekhawatiran mengenai kelangsungan hidupnya melalui kudeta ataupun paksaan dari negara lain. Faktor internal meliputi hal-hal seperti:

  • Terdapat kepentingan nasional yang tidak bisa dipenuhi kalau hanya untuk didalam negeri saja, baik itu yang bersifat secara ekonomis, politik, kultural, ataupun keamanan.
  • Keinginan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan nasional.
  • Keinginan untuk dapat menjalin hubungan politik dan mendapatkan dukungan dari negara lain.

2. Faktor Eksternal

Yang kedua yang menjadi faktor penyebab terjadinya hubungan internasional adalah faktor eksternal. Arti dari faktor eksternal disini adalah ketentuan hukum yang tidak dapat ditolak oleh suatu negara sebab setiap negara butuh bantuan dan kerja sama dari negara lain. Hal-hal yang meliputi dari faktor eksternal adalah:

  • Terdapat perbedaan kemampuan atau skill dalam pemahaman ilmu pengetahuan di berbagai bidang.
  • Terdapat perbedaan keadaan contohnya tenaga kerja, budaya, iklim, sumber daya alam, dan jumlah penduduk yang menyebabkan perbedaan pendapatan negara.

Demikianlah informasi mengenai Faktor-Faktor yang Menyebabkan Suatu Negara Mengadakan Hubungan Internasional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *