Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis|Laju fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang memengaruhi laju fotosintesis seperti kadar CO2 diudara, suhu,cahaya, air, kadar O2, Kadar kandungan Hara dalam tanaman, semua point-point itu adalah faktor-faktor yang mempengaruhi Fotosintesis,

Dimana fotosintesis dalam pembentukan bahan organik dibantu oleh point-point di atas yang menjadi acuan sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi fatosintesis, karena fotosintesis dapat membantu manusia untuk bernapas karna fotosintesis menghasilkan O2,

Sehingga fotosintesis berperan penting dalam kehidupan manusia, hewan dan lain-lainnya. Untuk lebih mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Fotosintesis, mari kita lihat pembahasan dan penjelasannya seperti dibawah ini…

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan pengertian fotosintesis





Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis sebagai berikut….



a. Kadar CO2 di Udara

Laju fotosintesis dapat ditingkatkan dengan meningkatnya kadar CO2 udara. Akan tetapi, bila kadarnya terlalu tinggi dapat meracuni atau menyebabkan stomata tertutup, sehingga laju fotosintesis terganggu.

b. Suhu

Semakin tinggi suhu, semakin tinggi laju fotosintesis

c. Cahaya

Energi cahaya yang diserap tumbuhan bergantung pada intensitas cahaya, panjang gelombang cahaya, dan lamanya penyinaran.

  1. Intensitas cahaya. Semakin rendah intensitas cahaya, semakin rendah laju fotosintesis karena energi yang diserap tidak mencukupi untuk fotosintesis
  2. Panjang gelombang cahaya ditunjukkan oleh spektrum cahaya dan cahaya merah, kuning, jingga, hijau, dan biru. Klorofil menyerap warna merah dan biru, yaitu panjang gelombang yang paling banyak digunakan dalam proses fotosintesis. Sedangkan penyerapan yang terendah adalah warna hijau. Warna hijau dan daun menunjukkanan bahwa sinar hijau banyak dipantulkan dan kloroplas.
  3. Lama penyinaran. Penyinaran secara terus-menerus akan menyebabkan terjadinya fotosintesis secara terus menerus pula.

d. Air

Air sangat dibutuhkan untuk proses fotosintesis. Jika tidak tersedia air dengan cukup, dapat mengganggu pembentukan karbohidrat.

e. Kadar O2

Bila kadar O2 dan udara diturunkan dan 20% menjadi 1%, maka fotosintesis naik 30%. Jadi, O2 mempunyai daya penghambat fotosintesis.

f. Kandungan Hara dalam Tanaman

Unsur Mg dan N sangat dibutuhkan dalam pembentukan klorofil. Apabila unsur Mg dan N tidak cukup banyak tersedia, maka pembentukan klorofil terhambat. Hal ini dapat berdampak pada penurunan laju fotosintesis.

Secara Sederhana Fotosintesis adalah… 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis dan pengertian fotosintesis

Sekian Artikel tentang, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis Semoga bermanfaat

(Sumber : Ipa Terpadu, Hal : 67, Penerbit : Erlangga, Penulis : Eka Purjianyanta,S.Pd.dkk. Jakarta. 2006)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *