Enkulturasi Adalah? Berikut Pengertian dan Contohnya


Masyarakat merupakan kumpulan individu yang mempunyai ciri khas dengan beragam etnik, ras, budaya, dan agama. Di dalam masyarakat terdapat kelompok yang mempunyai pola hidup yang berbeda-beda begitupula tujuan untuk kehidupannya.

Setiap kelompok masyarakat saling berinteraksi yang dalam proses itu terjadi tari menarik pengaruh yang membuat setiap kelompok yang saling berinteraksi itu saling mempelajari, menyerap dan mengadopsi budaya kelompok masyarakat lain yang melahirkan sintetis budaya baru.

Proses mempelajari nilai kebudayaan yang ada di masyarakat bisa diterawang saat masih dalam kandungan dimana sudah terdapat tradisi atau aktifitas ritual yang harus dan tidak boleh dilakukan seperti pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh sang calon ibu.

Sebab jika dilakukan maka bisa berdampak buruk bagi kelahiran anaknya. Selain itu yang perlu diketahui bersama bahwa setiap kelompok masyarakat mempunyai pola asuhan yang mencerminkan nilai kebudayaan masing-masing dari kelompok itu.

Setelah mengandung dan anak tersebut lahir kedua ini, orang tua akan saling melakukan interaksi dengan anak tersebut yang secara tidak langsung anak itu akan mempelajari dan menyusuaikan alam pikiran serta sikap adat, sistem norma dan peraturan yang hidup dalam kebudayaan.

Hal itu secara tidak langsung akan terjadi proses pembudayaan yang disebut dan dikenal dengan enkulturasi. Enkulturasi adalah salah satu kajian dalam antropologi dalam menjelaskan peristiwa interaksi sosial budaya selain dari sosialisasi dan akulturasi.

Banyak hal-hal yang menyangkut nilai, norma yang harus dijalankan dan ditanamkan pada anak-anak sebagai proses enkulturasi atau “pembudayaan” tidak lagi dijalankan saat lingkungan tersebut menjadi berubah. Tidak sedikit faktor yang mendukung perubahan pola pembudayaan pada anak-anak yang menginjak masa remaja karena proses enkulturasi bersifat kompleks dan berlangsung seumur hidup,

Tetapi proses tersebut berbeda-beda pada berbagai tahap dalam lingkaran kehidupan seorang. Enkulturasi terjadi secara agak dipaksakan selama awal masa kanak -kanak tetapi ketika mereka bertambah dewasa akan belajar secara lebih sadar untuk menerima atau menolak nilai-nilai atau anjuran-anjuran dari masyarakatnya.

Mula-mula dari orang-orang didalam lingkungannya sendiri, lalu selanjutnya ke teman-teman bermainnya. Tak jarang, meniru banyak tindakan, setelah perasaan dan nilai budaya yang memberi motivasi akan tindakan meniru itu telah diintemalisasi dalam kepribadiannya.

Dengan berkali-kali meniru maka tindakannya menjadi suatu pola yang mantap dan norma yang mengatur tindakannya “dibudayakan”. Jadi, proses enkulturasi pada dasamya adalah proses penerimaan terhadap perubahan dalam rangka pemerkayaan budaya sendiri sebagai akibat dari intemalisasi dan sosialisasi yang berlangsung terus menerus.

Pengertian Enkulturasi Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian enkulturasi adalah proses penerusan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya, dimana dalam prosesnya enkulturasi dilakukan dengan berbagai media.

Menurut salah satu ahli dalam hal ini Koentjaraningrat (1986:233) bahwa istilah enkulturasi sebagai suatu konsep dan secara harfiah dapat dipadankan artinya dengan proses pembudayaan. Sedangkan menurut M.J.Herskovits bahwa yang dimaksud dengan Enculturation (enkulturasi) adalah suatu proses bagi seorang baik secara sadar maupun tidak sadar, mempelajari seluruh kebudayaan masyarakat.

Dari banyaknya media yang bisa menjadi proses enkulturasi adalah yang paling efektif yakni keluarga. Sebab keluarga menjadi tempat lembaga pendidikan pertama untuk mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan yang dimiliki sejak lama dalam kelompok keluarga.

Contoh Enkultutasi Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang menjadi contoh-contoh enkulturasi dalam kehidupan sehari-hari adalah:

    1. Enkulturasi yang pertama adalah segi budaya seperti suku baduy dan suku kajang yang keduanya mempunyai larangan menggunakan kendaraan seperti motor ataupun mobil.
    2. Selain itu, dalam ruang keluarga juga menjadi tempat enkulturasi sebab terdapat sistem, aturan dan pola perilaku yang diterapkan oleh orang tua untuk dilakukan oleh sang anak seperti pulang sebelum jam 8 malam.
    3. Dalam masyarakat yang juga erat membentuk enkulturasi contohnya pola komunikasi dan perilaku dengan teman sekitar seperti menghormati yang lebih tua.
    4. Sekolah juga menjadi tempat utama pendidikan dan pewarisan yang dilakukan oleh guru. Guru mengajarkan tidak hanya pelajaran tetapi juga soal nilai kehidupan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul “Enkulturasi Adalah? Berikut Pengertian dan Contohnya”. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *