Doa Memakai Pakaian & Doa Melepas Pakaian/Baju Serta Latin dan Artinya


Doa Memakai Pakaian & Doa Melepas Pakaian/Baju Serta Latin dan Artinya – Berpakaian merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Saat pagi hari, seseorang akan melepas pakaian baju dan menggantinya dengan yang baru.

Mengganti pakaian dan memakai baju baru ini dilakukan biasa oleh kita semua setelah mandi pagi. Begitu pula saat,

Tiba waktu siang hari, apalagi untuk yang berada di daerah perkotaan mengganti baju dan memakai baju juga sering dilakukan saat setelah mandi Siang.

Selain itu, pada siang hari mengganti pakaian atau melepas pakaian lama ke pakaian baru sering kali digunakan apabila badan sedang berkeringat.



Sebab, apabila tidak akan membuat badan menjadi gerah dan bau. Selain itu apabila tidak melepas pakaian dan memakai pakaian baju baru bisa menimbulkan penyakit bagi diri kita,



Biasanya penyakit apabila jarang mengganti pakaian adalah penyakit kulit. Tentunya bagi kita semua tak ingin hal itu terjadi,



Selepas siang, bagi orang-orang kantoran, yang terbiasa pulang saat sore hari, tidak lupa untuk mandi sore dalam menyegarkan badan.

Saat itu juga kita pasti akan mengganti pakaian dari pakaian kantoran ke pakaian biasa seperti baju kaos atau yang biasa membuat nyaman.

Doa Memakai Pakaian dan Melepas Pakaian 

Bagi umat Islam, baik itu muslim dan muslimah mengganti pakaian adalah hal yang wajib, sebab pakaian selain berfungsi untuk menutupi badan,

Pakaian juga berfungsi dalam menghindarkan tubuh atau badan terpapar langsung oleh debu-debu dari aktivitas sehari-hari,

Selain itu, bagi agama Islam dimana pakaian juga sebagai adat istiadat yang memiliki nilai etika dan estetika. Bahkan, terdapat tata cara tersendiri,

Hal ini mengacu bagaimana Rasulullah dalam memakai baju dan mengganti baju. Dimana terdapat doa dan ayat tersendiri di dalamnya.

Membaca doa saat melepas pakaian dan memakai baju baru adalah sesuatu yang harus dilakukan sebab akan memberikan keberkahan tersendiri bagi ummatnya.

Sebab Islam dalam kitabnya yakni Al-Qur’an dan Hadits sebagai dalam perilaku Muhammad SAW merupakan hal yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam.

Penerapan doa memakai pakaian dan melepas pakaian bisa dimaksimalkan dengan mensosialisasikan atau menghinformasikan kepada anak-anak.

Sehingga apabila anak-anak itu sudah remaja dan sudah dewasa, maka doa melepas pakaian dan doa memakai pakaian bisa mereka ingat sebab sudah menjadi kebiasaan.

Doa Memakai Pakaian & Doa Melepas Pakaian/Baju Serta Latin dan Artinya (Foto: Artikelsiana.com)
Doa Memakai Pakaian & Doa Melepas Pakaian/Baju Serta Latin dan Artinya (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun doa melepas pakaian dan memakai pakaian baik dari dalil atau tulisan arabnya, beserta arti atau terjemahannya bisa dilihat dibawah ini:

1. Bacaan Doa Memakai Pakaian 

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Apabila Dibaca dalam Bahasa Indonesia atau latinnya adalah: Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Arti Doa Memakai Pakaian

“Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya”

2. Bacaan Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Apabila Doa melepas pakaian dibaca dalam bahasa Indonesia atau Latinnya adalah: “Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa”

Arti Doa Melepas Pakaian

“Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya”

3. Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru 

Diketahui bahwa terdapat jenis-jenis pakaian seperti pakaian biasa dan pakaian baru. Pakaian biasa adalah pakaian yang sudah sering digunakan, baik itu apabila sudah dicuci dan ditaruh lemari.

Sedangkan pakaian baru adalah pakaian yang memang baru pertama kali digunakan. Inilah yang menjadi definisi dari pakaian baru pada point pembahasan kali ini.

Untuk point diatas yakni doa memakai pakaian adalah doa pakaian biasa, sedangkan untuk pada point ini adalah doa memakai pakaian baru yang memang baru. Adapun doanya adalah:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Doa memakai pakaian baru apabila dibaca dalam bahasa Indonesia atau Latinnya adalah Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii hadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Arti Doa Memakai Baju Baru

“Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rezeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

Demikianlah informasi mengenai Doa Memakai Pakaian & Doa Melepas Pakaian/Baju. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *