Darah Putih Bersifat Fagosit Artinya? Ini Penjelasannya


Sel Darah Putih Bersifat Fagosit Adalah – Darah adalah ibarat sungai atau lautan bagi kehidupan yang terdapat dalam tubuh manusia. Apabila sungai atau lautan tersebut kering, maka kehidupan seluruh ekosistem akan terganggu. Seperti itulah juga darah, jika hewan atau manusia banyak kehilangan darah, maka nyawanya akan terancam sebab fungsi organ tidak dapat berjalan maksimal hingga menimbulkan kematian. Apabila aliran dalam darah ke otak terganggu walau hanya sebentar saja sekitar 10 detik, maka akan membuat manusia pingsan.

Baca Juga:

Darah menjadi salah satu komponen penting dalam tubuh manusia yang memiliki peran vital untuk menjaga tubuh. Tubuh manusia juga ternyata membawa darah yang cukup banyak. Pada orang dewasa rata-rata terdapat 4,5-5,5 liter darah yang bersirkulasi dalam tubuh. Dalam darah terdiri atas berbagai komponen penting yaitu sel darah merah, sel darah putih, plasma, dan trombosit.

Sel Darah Putih (Leukosit) Adalah 

Berbicara soal sel darah putih atau bahasa ilmiahnya sering disebut dengan leukosit adalah sel yang membentuk komponen darah. Sel berinti ini tidak mempunyai bentuk tetap dan tidak berwarna yang dalam setiap milimeter kubik darah kurang lebih berjumlah 8.000.

Sumsum merah tulang pipih, limpa dan kelenjar getah bening adalah tempat dimana sel darah putih terbentuk dengan masa hidup 6-8 hari. Selain itu, sel darah putih juga terbagi atas 5 macam bentuk atau jenis yang dikenal dengan limfosit, monosit, neutrofil, eosinofil dan basofil.



 

Baca Juga: 

Biasanya ukuran sel darah putih lebih besar dibandingkan sel darah merah, ber_inti sel bulat atau cekung. Dari ke 5 macam sel tersebut, Neutrofil memegang predikat sel darah putih terbanyak dalam tubuh manusia yakni 60%. Fungsi neurofil adalah pertahanan dan prajurit yang menyerang bakteri penyakit dalam tubuh dengan cara menyelubunginya dan melepaskan suatu zat. Selain itu, untuk limfosit adalah sel darah putih yang berfungsi membentuk antibodi berbentuk protein yang umumnya berjumlah 20-40% dari leukosit dalam tubuh.



Untuk Monosit adalah sel yang fungsinya mirip dengan neutrofil dan jumlahnya sekitar 5-8% dalam leukosit. Jumlah ini tidak jauh beda dengan Eosinofil yang hanya berjumlah 5% dengan fungsi menyerang bakteri, membuang sisa sel yang rusak, dan mengatur pelepasan zat kimia pada saat menyerang bakteri. Sedangkan jumlah leukosit yang paling rendah adalah Basofil sekitar 1% dengan fungsi mencegah penggumpalan dalam pembuluh darah.



Darah Putih Bersifat Fagosit Artinya? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Darah Putih Bersifat Fagosit Artinya? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Sel Darah Putih Bersifat Fagosit Artinya Adalah?

Sel darah putih memiliki sifat fagosit, yaitu dapat mematikan kuman penyakit dengan cara “memakan” kuman atau bakteri tersebut. Cara sel darah putih (leukosit) memakan bakteri penyakit itu dengan menembus dinding pembuluh darah. Kemampuan dari sel darah putih ini disebut dengan “Diapedesis”. Peningkatan jumlah sel darah putih yang tidak terkendali dapat mengakibatkan sel-sel darah putih memakan sel darah merah atau bersifat abnormal. Hal ini terjadi pada penderita kanker darah (leukimia).

Baca Juga:

Contoh Soal

Darah putih bersifat fagosit artinya ….

    1. Membawa CO2 ke seluruh tubuh
    2. Membawa O2 ke seluruh tubuh
    3. Memakan benda asing terutama bakteri yang masuk ke tubuh
    4. Menghasilkan antibodi
    5. Mampu mengedarkan oksigen

Jawaban

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka jawaban dari soal diatas adalah:

C. Memakan benda asing terutama bakteri yang masuk ke Tubuh

Demikianlah informasi yang berjudul Darah Putih Bersifat Fagosit Artinya? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *