Dapatkah Manusia Hidup Tanpa Mengandalkan Lingkungan Alamnya? Ini Jawabannya


Hubungan manusia dengan lingkungan alam tidak dapat dipisahkan. Sebab segala kebutuhan manusia berasal dari lingkungan alam baik di masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang dimana manusia selalu berinteraksi dengan lingkungan alam.

Sehingga apabila dikatakan bahwa dapatkan manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam adalah sebuah pertanyaan yang diseolah-olahkan manusia dan lingkungan alam bisa dipisahkan dan tanpa ada hubungan apapun.

Padahal dari lingkungan alam itu sendiri, manusia bisa mendapatkan makan, minum dan kesehatan. Di lingkungan alamlah dimana segala kebutuhan manusia berawal sehingga apabila lingkungan alam tersebut rusak, maka kebutuhan manusia pun juga akan terganggu.

Sedangkan apabila dalam lingkungan alam tersebut beberapa bagiannya mengalami kekurangan maka akan terjadi krisis dalam peradaban manusia seperti kekeringan atau berkurangnya air di suatu daerah maka akan membuat makhluk hidup yang tinggal didaerah tersebut akan kehausan, akan mati dan akan pergi dari daerah tersebut.



Bukan cuma persoalan itu saja, bahkan udara atau oksigen yang dihirup oleh manusia pun merupakan berasal dari lingkungan alam yang mengalami proses panjang agar mampu dihirup oleh manusia. Terdapat hubungan tumbuhan yang sebagai produksi dari pada oksigen itu dan juga bantuan dari matahari, air dan berbagai hal lainnya.



Bayangkan saja apabila daerah tersebut kering, maka tanaman tidak akan dapat tumbuh hingga pada akhirnya tidak mampu untuk memproduksi oksigen. Betapa pentingnya lingkungan alam bagi manusia dan mau dimana lagi manusia bisa mengandalkan sesuatu selain dirinya sendiri dan bahkan untuk mengandalkan dirinya sendiri juga adalah hal yang mustahil sekalipun hanya mengutamakan teknologi, namun teknologi pun membutuhkan material dan juga bahan yang berasal dari lingkungan alam.



Jadi apabila dikatakan bahwa dimana letak manusia tidak bisa mengandalkan lingkungan alam adalah sampai saat ini penulis belum menemukannya, jika melihat hubungan sebab akibat dari keduanya. Itulah mengapa sampai saat ini pelestarian lingkungan alam adalah isu penting baik di Indonesia dan dunia yang terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Pengaruh yang ditimbulkan sangat merugikan apabila lingkungan alam tidak dilestarikan dengan baik. Lihat saja banyaknya berita mengenai kekeringan, kebakaran hutan, tanah lonsor, gempa, dan banjir dimana-mana, serta iklim dan cuaca yang kini sulit diprediksi. Dengan sejumlah bencana alam, ternyata masih saja banyak orang yang belum tersadarkan tentang situasi yang ada dan apa yang dirasakannya.

Mereka masih saja melakukan penambangan liar yang tidak memperhatikan kondisi geografis yang ada yang akhirnya malah merugikan masyarakat setempat. Semata-mata mendapatkan pundi-pundi uang yang begitu berlimpah dari penjualan mineral, namun dampaknya tidak sebanding dengan korban dan kerugian yang tidak bisa diukur dengan mata uang manapun.

Olehnya itu, jangan tunggu sampai bencana dan malapetaka itu datang menghampiri lantas ingin segera melakukan pencegahan, tetapi cegahlah sekarang juga. Sebab jika ditanya dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam adalah hal yang mustahil sebagaimana penjelasan diatas. Sebelum menyimpulkan mengenai penjelasan diatas dalam menjawab pertanyaan dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam, tahukah anda apa yang dimaksud dengan lingkungan alam itu?

Apa Yang Dimaksud Pengertian Lingkungan Alam ?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Lingkungan alam adalah lingkungan yang tersedia di alam tanpa campur tangan manusia. Menurut New World Encyclopedia, bahwa lingkungan alam itu sendiri terbagi atas 2 unsur yakni unsur biotik dan abiotik yang terbentuk melalui proses alami.

Arti dari unsur biotik itu sendiri adalah unsur yang hidup yang contohnya adalah hewan, tumbuhan, manusia dan mikroorganisme. Sedangkan abiotik adalah sebaliknya yakni tidak hidup yang contohnya adalah air, tanah, udara, angin, dan sinar Matahari. Selain itu diketahui pula ternyata bahwa lingkungan juga terbagi lingkungan darat dan lingkungan air yang terjadi secara alami di alami.

Dapatkah Manusia Hidup Tanpa Mengandalkan Lingkungan Alamnya?

Sudah jelas jawabannya manusia tidak bisa hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam karena alam menyediakan sandang, pangan dan papan untuk manusia bisa bertahan hidup. Segala makanan berasal dari alam seperti Daging sapi, daging ayam, daging ikan, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan semuanya berasal dari alam termasuk berbagai obat-obatan dan material bangunan serta teknologi yang digunakan manusia berasal dari alam.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Dapatkah Manusia Hidup Tanpa Mengandalkan Lingkungan Alamnya?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *