Dampak Positif Virus Dalam Berbagai Bidang? Ini Jawabannya


Semakin berkembangnya zaman, Virus yang dikonotasikan selalu dengan arti negatif atau buruk, ternyata Virus mempunyai dampak yang baik atau positif. Dampak virus ini tidak bisa di generalisasi negatif. Lantaran apa yang disaksikan bersama, Virus memberikan dampak positif bagi bidang kesehatan, pertanian dan ilmu pengetahuan.

Diketahui bersama bahwa istilah Virus ini bukanlah hal yang asing bagi kita semua, namun bagi mereka yang berstatus pelajar setingkat SD ataupun SMP arti Virus memang terkesan hal yang baru, namun tidak pada saat ini dimana dunia sedang berduka atau pernah terjangkit virus corona atau covid-19.

Secara istilah, virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis yang menjadi peralihan antara makhluk hidup dan benda mati. Hal itu karena Virus mempunya ciri-ciri seperti makhluk hidup dengan mempunyai DNA dan berkembang biak pada sel hidup.

Sedangkan disebut benda mati karena virus memiliki cir-ciri demikian yakni tidak mempunyai protoplasma dan mampu dikristalkan. Selain itu, Virus bisa berkembangbiak dengan membutuhkan sel inang. Itulah mengapa Virus disebut dengan parasit obligasi.



Virus juga mempunyai satu macam asam nukleat saja yakni RNA atau DNA dengan selubungi oleh protein, lipid, glikoprotein. Itulah deskripsi singkat mengenai Virus mulai dari pengertian dan ciri-ciri virus itu sendiri. Sedangkan untuk dampak positif Virus dapat dilihat dibawah ini:



Dampak Positif Virus Adalah?

Selain dampak negatif virus yang telah dijelaskan dalam informasi terpisah sebelumnya, ternyata dampak positif virus juga ada dan menyasar pada bidang kesehatan, pertanian dan ilmu pengetahuan atau sains. Adapun macam-macam dampak positif virus dalam bidang tersebut adalah:



Dampak Virus Pada Bidang Kesehatan Adalah? 

Beberapa virus yang berperan di bidang kesehatan sebagai pencegahan kanker serta pengendalian kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

    1. Berperan dalam pembuatan Vaksin, seperti vaksin campak, polio, kanker dan vaksin corona atau covid-19. Sehingga saat virus itu datang lagi menyerang, sistem imun akan mencegahnya masuk.
    2. Berperan dalam pengendalian sel kanker dengan metode dengan menggunakan cell-killing effects virus secara langsung, dibanding menggunakan sistem imun.
    3. Virus-directed enzyme prodrug therapy (VDEPT), merupakan sebuah terapi virus dimana sel yang menjadi target dimasukkan enzim dan dapat mengaktifkan dan menonaktifkan prekusor maupun cytoxic yang tersusun secara sistematis.
    4. Membuat antitoksin yang terbentuk lewat penggabungan DNA virus dan gen yang sifatnya menguntungkan. Lalu, DNA virus menghubungkan DNA manusia dengan DNA bakteri. Jadi sel bakteri itu mengandung gen manusia yang bisa menghasilkan antitoksin.
    5. Bahan pembuatan insulin dengan virus penyebab kanker dicangkokkan dengan gen-gen penghasil insulin ke bakteri yang membuat bakteri itu bisa berkembangbiak dan memproduksi insulin.
    6. Terapi gen dengan mengubah gen penyebab infeksi menjadi gen penyembuh
    7. Bacteriophages telah berhasil menyembuhkan penyakit tifus pada ayam dan disentri. Pada tahun 1921, bacteriophages digunakan untuk melawan virus Staphylococcus yang menyerang kulit. Sistem kerjanya adalah menempel pada bakteri pathogen tersebut dan menginfeksinya hingga bakteri tersebut mati.

Dampak Virus Bidang Pertanian Adalah? 

Adapun manfaat virus dalam bidang pertanian secara positif adalah:

    1. Mengendalian hama serangka lewat Baculoviruses, atau sekelompok virus yang menginfeksi serangga dan artropoda lainnya yang ditanam pada gen tanaman pertanian. Sehingga pada saat dimakan, akan merusak jaringan tubuh serangga tersebut.
    2. Integrated Pest Management. Penerapan IPM ini mengandalkan agen-agen biologis. Sehingga, mengurangi penggunaan pestisida yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan Grameds.

Dampak Bidang Ilmu Pengetahuan Adalah? 

Pengembangan ilmu sebab sudah sejak lama Virus dipakai dalam studi molekuler dan seluler untuk memanipulasi dan mengetahui fungsi-fungsi dari sel. Selain itu, Virus di manfaatkan dalam penelitian genetik, seperti replikasi DNA, transkipsi, formasi RNA, formasi protein, DNA dasar dari ketahanan tubuh.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Dampak Positif Virus Dalam Berbagai Bidang? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *