Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC & Lemari Es? Ini 9 Dampaknya


AC dan Lemari es adalah perangkat elektronik yang menjadi kebutuhan manusia. Walaupun kebutuhan penggunaan AC dan lemari Es masih dalam peringkat kedua. AC adalah singkatan yang kepanjangannya adalah Air Conditioner atau dalam bahasa Indonesia adalah pengkondisi udara atau pada umumnya disebut pendingin atau penyejuk udara. Sebagai sistem elektrinik, AC dirancang untuk memanipulasi kondisi disekitar kita.

Dengan penggunaan AC, maka setiap orang dapat dengan mudah membuatnya kondisi disekitarnya menjadi dingin atau lembab sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Itulah mengapa, AC menjadi sangat dibutuhkan karena dampak yang baik bagi instansi, sekolah dan perumahan.

Sedangkan untuk lemari Es atau biasa disebut dengan kulkas, pada prinsipnya sama dengan AC. Lemari Es ialah perangkat listrik rumah tangga yang memakai proses pendingin untuk mengawetkan makanan.

Dengan hadirnya dua perangkat elektronik ini, memberikan dampak yang menguntungkan bagi manusia dengan penggunaan AC dan Lemari Es. Apa yang ditimbulkan dari AC dan Lemari Es sangat terasa sebab membuat suhu tubuh tetap stabil, tetap hangat dan tidak merasakan kepanasan untuk daerah perkotaan dan tidak kedinginan.

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC sangatlah berpengaruh besar bagi peningkatan produktivitas pekerja. Karena apa yang ditimbulkan AC bisa membuat tubuh tetap bugar karena suplay oksigen yang merata.

Ketika oksigen tersebut kurang maka dapat membuat badan keletihan, namun dengan oksigen yang stabil, maka badan dapat mampu sehat dan dampak yang ditimbulkan bagi perusahaan, tentu akan menghasilkan dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi perusahaan.

Begitupula dengan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan lemari Es yang bisa membuat makanan tetap awet. Sehingga banyak orang memakainya, karena bahan-bahan atau makanan yang belum habis sehari masih bisa dimakan esoknya, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, dampak yang ditimbulkan dengan pemakaian lemari Es juga membuat berbagai buah-buahan dan sayuran bisa bertahan lama.

Walaupun demikian dari penggunaan Ac dan Lemari Es yang memberikan dampak yang positif dan menguntungkan bagi kinerja dan aktivitas manusia. Ternyata, dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Ac dan Lemari Es tidak selamanya baik, dan bahkan dampak yang ditimbulkan tersebut malah sifatnya jangka panjang akan dirasakan negatifnya oleh manusia.

Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC dan Lemari Es Adalah?

Ternyata apa yang dirasakan manfaatnya dari penggunaan AC dan Lemari Es juga membawa dampak merugikan bagi manusia. Tidak hanya manusia saja, dari penggunaan AC dan Lemari Es, dampak yang ditimbulkan juga seluruh apa yang hidup dan menetap dibumi.

Alasannya karena penggunaan AC dan Lemari Es akan mengeluarkan zat buang Gas freon (CFC) yang akan menimbulkan dampak efek rumah kaca atau pemanasan global yang diakibatkan dari emisi gas yang memerangkap panas matahari sehingga suhu menjadi naik dan membuat ikhlim berubah dan terjadi banyak peristiwa alam.

Itulah mengapa ada banyak peristiwa atau sebut saja bencana alam karena dampak negatif dari apa yang ditimbulkan penggunaan Ac dan Lemari Es. Dampak dari pemanasan global ini sering terjadi saat ini seperti badai topan, badai siklon tropis, banjir, endemic, kekeringan, El Nino dan berbagai bencana lainnya yang mengakibatkan hilangnya fungsi ekosistem yang berdampak pada terjadinya bencana ekologis (Pusat Studi Manajemen Bencana, Petrasa Wacana).

Perlu diketahui bahwa dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan Lemari Es akan membuat lapisan ozon menipis, sehingga terjadi perubahan cuaca. Ini karena gas CFC atau kepanjangannya Chloro Fluro Karbon yang terdiri atas unsur Klor, Fluor dan Carbon.

Padahal lapisan ozon sangat berdampak baik bagi manusia karena melindungi bumi dari radiasi berbahaya. Namun dengan penggunaan AC dan Lemari Es akan membuat lapisan ozon menipis. Contohnya saja dampak yang dihasilkan dari penggunaan AC dan Lemari Es adalah kutup utara yang saat ini air yang membeku itu secara perlahan mencair.

Jadi apabila itu terjadi, maka bisa saja air yang di kutup utara akan membuat volume air bumi akan bertambah dan membuat beberapa daerah akan terkena banjir atau Tsunami. Berdasarkan dari informasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Ac dan Lemari Es bisa disimpulkan dalam beberapa point yang akan terjadi yaitu:

Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC & Lemari Es? Ini 9 Dampaknya (Foto: Artikelsiana.com)
Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC & Lemari Es? Ini 9 Dampaknya (Foto: Artikelsiana.com)

Dampak Penggunaan AC dan Lemari Es 

  1. Lapisan Ozon Menipis
  2. Banyaknya radiasi berbahaya yang dapat menyerang manusia dari luar karena lapizan ozon yang menipis
  3. Perubahan cuaca dan iklim yang drastis terjadi
  4. Banyak peristiwa-peristiwa alam atau bencana akan terjadi.
  5. Peristiwa bencana alam yang kini sulit untuk diprediksi kapan akan terjadi dan dampak dan luas daerahnya semakin besar.
  6. Kekeringan akan banyak melanda suatu daerah karena suhu yang terus naik.
  7. Secara perlahan kutup utara dan kutup selatan akan mencair sehingga hewan-hewan yang berada di sana akan kehilangan tempatnya.
  8. Karena kutup utara dan kutup selatan mencair, maka jumlah air bumi akan meningkat dan membuat beberapa daerah akan ditimpa bencana banjir dan tsunami yang hebat.
  9. Kurangnya udara bersih akibat kekeringan yang melanda sehingga banyak tumbuh-tumbuhan yang menjadi paru-paru bumi menjadi berkurang dan membuat udara bersih juga berkurang.

Demikianlah informasi mengenai Dampak Apakah Yang Timbul Dari Penggunaan AC dan Lemari Es Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *