Cuaca Hari Ini Di Jawa Timur Menurut Data BMKG Terbaru


Cuaca hari ini di jawa timur – Pada Jawa Timur, secara rata-rata mengalami hari yang cerah dan berawan dengan memiliki suhu berkisar antara 23 sampai 34 derajat celcius. Kemudian, pada musim kemarau yang diawali dari sejak bulan April sampai bulan September terasa sangat begitu panas dan sangat jarang sekali turun hujan seperti tahun-tahun yang sebelumnya dimana hujan masih kadang-kadang turun pada musim kemarau.

Mengetahui prediksi cuaca hari ini di jawa timur merupakan sebuah keutamaan untuk anda yang memang ingin melaksanakan kegiatan tertentu seperti sunatan, nikahan dan lain-lainnya. Selain daripada itu, dengan mengetahui perkiraan cuaca maka juga dapat membantu anda dalam membuat jadwal atau rencana sebelum melakukan bepergian atau sebelum menghadiri kegiatan kegiatan tertentu.

Nah, untuk anda yang sedang tinggal di kota-kota besar, untuk perkiraan cuaca hari ini di jawa timur maka anda bisa melihat situs badan metereologi Klimatologi dan geofisika atau yang biasa kita sebutkan BMKG untuk hari ini. BMKG telah mencatat perkiraan cuaca pada kota kota besar yang ada di Jawa Timur itu sebagian besar secara rata-rata berawan dan cerah. Baik itu siang, malam maupun dini hari. Adapun suhu rata-ratanya berkisar dari 23 sampai 33 derajat celcius. Kecuali pada kota Batu, Malang dan Bondowoso yang memang cenderung lebih dingin.

Cuaca Hari Ini Di Jawa Timur Menurut Data BMKG Terbaru



cuaca hari ini di jawa timur

Suhu yang ada di kota Batu mencapai sekitar 18 sampai 29 derajat celcius dengan memiliki kelembaban antara 65 sampai 95%. Sedangkan pada kota malang. Cuaca cerah pada siang harinya, dan berawan pada malam hari, cerah berawan pada dini hari. Suhu udara yang ada di kota Malang berkisar antara 18 sampai 33 celcius dengan memiliki kelembaban antara 55 – 90%. Sedangkan pada daerah Bondowoso memiliki suhu udara yang mencapai sekitar 20 sampai 30 derajat celcius.



Suhu tertinggi yang dialami oleh beberapa kota seperti Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya dan Sampang yang mencapai sekitar 34 derajat celcius. Kota kota tersebut memang sangat dikenal menjadi kota yang memiliki udara yang tergolong cukup panas karena memiliki lokasi yang dekat dengan laut. Selain daripada itu, penduduknya yang tergolong padat dan memiliki jumlah kendaraan yang sangat banyak yaitu alasan lain mengapa kota kota tersebut memang sangat panas.



Pada musim kemarau ini, adapun ketinggian gelombangnya diperkirakan mencapai sekitar 3 meter pada sekitar perairan selatan Jawa Timur. Selain daripada itu, BMKG juga memberikan peringatan mengenai adanya potensi angin kencang di siang hari yang mungkin saja dapat terjadi pada seluruh wilayah Jawa Timur.

Mengenal BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

BMKG adalah suatu lembaga pemerintah yang dimana sebelumnya dikenal dengan nama BMKG saja yang memiliki peranan yang sangatlah penting dalam menentukan perkiraan cuaca dan berbagai macam kejadian alam yang terdapat di Indonesia.

Di antara beberapa manfaat yang dapat diberikan dari BMKG kepada masyarakat Indonesia maupun untuk masyarakat dunia yang lainnya adalah:

1. Meramalkan cuaca.
2. Memperkirakan pergerakan awan.
3. Menyediakan informasi tentang kondisi dan parameter untuk penerbangan tanah air.
4. Memberikan informasi tentang kondisi dan parameter yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang bergerak pada bidang pelayaran atau kapal laut.
5. BMKG juga memperkirakan bencana alam yang mulai dari letusan gunung berapi, pergeseran lempeng teknonik sampai tsunami.
6. BMKG juga memiliki tugas untuk dapat memberikan peringatan dini kepada warga yang sedang tinggal di daerah-daerah yang mengalami gejala alam.
7. Bertugas untuk melakukan prosedur hujan buatan’
8. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang perubahan-perubahan cuaca terutama yang ekstrem termasuk juga adanya perubahan iklim.
9. Mereka melakukan berbagai macam penelitian yang berkaitan dengan klimatologi.
10. Bertugas untuk dapat memberikan informasi tentang posisi bulan dan berbagai macam benda angkasa yang lainnya.
11. Memberikan informasi mengenai benda-benda langit yang memang kebetulan berada di dekat dengan bumi.
12. Bertugas untuk menjelaskan berbagai macam fenomena alam.

Manfaat Mengetahui Perkiraan Cuaca

Dengan mengetahui perkiraan cuaca hari ini di jawa timur atau beberapa hari ke depan akan sangat bermanfaat bagi kita untuk bisa mengantisipasi terjadinya cuaca buruk untuk dapat membantu memilih hari-hari yang tepat kalau memang ingin mengadakan kegiatan tertentu. Kemudian sangat bermanfaat juga untuk dapat menentukan kapan hari yang tepat untuk bisa melakukan bepergian atau untuk melakukan wisata dan lain-lainnya.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ini terdapat manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengetahui perkiraan cuaca hari ini di jawa timur terutama yang ada di kota tempat kita sedang tinggal atau pada kota kota yang akan kita tuju.

1. Untuk dapat mengetahui cuaca buruk seperti badai atau hujan. Misalnya dengan menyediakan jas hujan, payung, jaket sebelum bepergian.
2. Bermanfaat untuk dapat membantu memilih hari yang cerah kalau ingin bepergian atau melangsung acara tertentu terutama yang sedang berlokasi di outdoor.
3. Bermanfaat untuk dapat mencegah kecelakaan yang terjadi di darat, udara, dan laut karena cuaca buruk.
4. Untuk dapat mengetahui tinggi gelombang.
5. Bermanfaat untuk dapat membantu kita menghindari mendatangi daerah-daerah yang memiliki potensi mengalami bencana alam dan lain-lain.

Demikianlah informasi tentang cuaca hari ini di jawa timur. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang kondisi cuaca yang terjadi di jawa timur untuk hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *