Contoh Sikap Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah? Ini 10 Contohnya


Pada dasarnya arti tanggung jawab adalah sesuatu yang harus dilakukan karena merupakan suatu kewajiban. Tanggung jawab memang adalah kata yang sederhana, namun dalam contohnya sehari-hari, tanggung jawab sangat sulit untuk dilakukan.

Tanggung jawab merupakan kesadaran seseorang terhadap pekerjaannya baik di lingkungan keluarga, masyarakat, ataupun sekolah. Sekolah menjadi wadah peserta didik untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Keberhasilan pendidikan akan tercapai jika ada usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satu sikap tanggung jawab siswa di sekolah adalah dengan belajar. Siswa yang sadar pada tugasnya merupakan siswa yang mandiri, disiplin, dan tanggung jawab. Seorang siswa yang bertindak seenaknya sendiri apabila tidak punya tanggung jawab.

Namun jika seorang siswa tersebut mempunyai tanggung jawab yang tinggi, maka akan mendorong seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan begitu baik.



Namun tidak serta merta bahwa rasa tanggung jawab siswa kepada sekolah itu datang dengan sendiri. Untuk diluar sekolah, orang tua siswalah yang menanamkan seperti apa yang dimaksud dengan tanggung jawab anak kepada mereka.



Sedangkan untuk didalam sekolah, sikap dan rasa tanggung jawab siswa kepada sekolah itu ditanamkan oleh setiap guru kepada anak didiknya. Jadi apa yang terjadi dalam sekolah tidak hanya menyoal tentang pelajaran dan menyampaikan materi, tetapi juga berbicara mengenai pembentukan karakter seperti sikap tanggung jawab siswa di sekolah.



Pentingnya memiliki sikap tanggung jawab siswa di sekolah menjadi penanda keberhasilan siswa tersebut dalam proses belajar. Sebab dengan adanya sikap tanggung jawab siswa, maka siswa akan bersungguh dengan sepenuh hati untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurunya.

Sikap tanggung jawab siswa di sekolah (Foto: Artikelsiana.com)
Sikap tanggung jawab siswa di sekolah (Foto: Artikelsiana.com)

Dengan memunculkan sikap tanggung jawab siswa di sekolah maka akan membuat mereka bekerja keras untuk mencapai dan menunjukkan hasil yang terbaik.

Adapun ciri-ciri seorang individu yang mempunyai sikap tanggung jawab adalah memilih jalan lurus, berusaha memajukan dirinya, menjaga kehormatan dirinya, mempunyai kewaspadaan, punya komitmen pada tugas yang diberikan, melakukan dan menyelesaikan tugas sebaik-baiknya dan selalu menepati janji.

Memang berkurangnya tanggung jawab siswa bukan tanpa sebab, terkadang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya tanggung siswa di sekolah bisa saja bersumber dari guru lingkungan tempat tinggal, sarana prasarana yang ada, orang tua dan siswa itu sendiri.

Dari faktor-faktor inilah yang membuat rendahnya sikap tanggung jawab siswa di sekolah yang berakibat kepada rendahnya hasil belajar siswa.

Olehnya itu melihat ciri-ciri orang yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan juga faktor yang mempengaruhi rendahnya tanggung jawab siswa di sekolah bisa menjadi bahan pelajaran bagi setiap orang baik itu mereka yang berprofesi guru dan juga bagi orang tua untuk memberikan sosialisasi dan teknik pengajaran yang tepat dan lebih mendekatkan diri kepada siswa dalam menanamkan sikap tanggung jawab di sekolah.

Contoh Sikap Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Adalah?

Dengan hal itu maka siswa di sekolah akan melakukan berbagai hal yang tentunya bermanfaat. Adapun contoh-contoh yang akan dilakukan siswa tersebut jika memiliki rasa tanggung jawab di sekolah adalah:

    1. Belajar tekun dan giat
    2. Menghormati guru, pegawai dan petugas di sekolah
    3. Mematuhi semua tata tertib di sekolah
    4. Menjaga kerukunan antarsiswa
    5. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
    6. Mengikuti upacara bendera
    7. Datang tepat waktu
    8. Mengerjakan tugas dan pr dengan sebaik mungkin
    9. Tidak berkelahi dan menghormati sesama teman
    10. Menjaga nama baik orang tua
Contoh siakp tanggung jawab siswa di sekolah (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh siakp tanggung jawab siswa di sekolah (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Contoh Sikap dan Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah? Ini 10 Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *