Contoh Sikap Berdasarkan Nilai Integritas


Tidak hanya ingin menjadi slogan semata, sekarang ada berbagai pihak yang berusaha untuk menerapkan revolusi mental. Revolusi mental mengajak kepada manusia Indonesia untuk mempunyai integritas.

Perwujudan dari integritas dapat dilakukan dengan banyak cara, dimana salah satunya dengan cara berperilaku jujur, bertanggung jawabb dan bisa dipercaya serta konsisten. Dengan memiliki perilaku jujur,berpegang teguh pada prinsip-prinsip kebenaran, moral dan etika serta berbuat sesuai dengan perkataan maka orang tersebut dapat disebut memiliki tanggung jawab dan integritas. Hal tersebut cukup untuk dapat menjadi modal supaya memperoleh kepercayaan dari orang lain.

Tidak kalah penting yaitu kekonsistenan dalam menerapkan perilaku jujur dan bertanggungjawab sehingga integritas tak lagi dipertanyakan.

Contoh Sikap Berdasarkan Nilai Integritas
Contoh Sikap Berdasarkan Nilai Integritas

Pada tingkatan kolektif, nilai integritas bisa memandu masyarakat untuk dapat berkomitmen pada tugasnya dan membuat masyarakat bisa menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Sementara itu, pada tataran negara, integritas bisa mendorong aparatur pemerintahan dapat bekerja secara lebih transparan, jujur, profesional, bisa diandalkan dan terpercaya.

Oleh karena itu, nilai integritas penyelenggara negara akan sangat memiliki pengaruh terhadap kepercayaan publik terhadap kinerja yang telah dilakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *