Contoh Perubahan Pemerintahan Datangnya Kebudayaan Hindu Budha


Pengaruh Kebudayaan Hindu-Budha Bidang Pemerintahan – Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya, bahwa penyebab datangnya hindu-budha di Indonesia karena adanya hubungan dagang antara bangsa-bangsa Indonesia dengan India.

Melalui penyebab utama tersebut, menjadi pengaruh agama dan kebudayaan yang memiliki latar Hindu-Budha ini dapat masuk ke Indonesia.

Selain itu, dari pengaruh ini maka kehidupan yang ada di berbagai daerah juga ikut berubah, baik itu dari bidang agama, sosial, seni bangunan, pendidikan, dan bidang sastra serta bidang pemerintahan.

Perlu diketahui bersama bukti dari pengaruh tersebut merupakan hasil dari apa yang disebut dengan akulturasi antara budaya yang ada di Indonesia dan juga dipengaruhi dari budaya yang berasal dari India.



Berdasarkan pendapat dari F.D.K Bosch yang menyebutkan bahwa proses itu dinamakan dengan fecundation yang artinya penyuburan. Maka dari itu, penyuburan budaya asli Indonesia oleh unsur-unsur budaya Hindu Budha.



Selain itu, terdapat beberapa hal yang mendasar membuat agama Hindu dan Budha dapat dengan mudah diterima, karena persamaan dengan kepercayaan masyarakat Indonesia. Sejak dulu, Indonesia dikenal dengan kepercayaan animisme dan dinamisme.



Melalui bentuk-bentuk kepercayaan ini memberikan pengaruh masuknya hindu-budha lebih mudah. Karena animisme adalah kepercayaan kepada roh nenek moyang yang mendiami suatu benda seperti pada batu, pohon, dan lain sebagainya.

Sedangkan apa yang dimaksud dengan kepercayaan dinamisme yaitu kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai kekuatan gaib.

Membahas mengenai pengaruh akibat masuknya Hindu-Budha dalam hal bidang pemerintahan di Indonesia yang diketahui sebelumnya, Indonesia masihlah menganut sistem pemerintahan primus interpares. 

Yang dimaksud dengan sistem pemerintahan ini adalah yang pertama dari rekan-rekannya artinya adalah sebuah kepala suku.

Pengaruh Agama Hindu-Budha Terhadap Sistem Pemerintahan

Namun, setelah masuknya agama Hindu dan Budha di Indonesia, sistem pemerintahan Indonesia berupa dari yang dulunya berupa kepala suku menjadi kerajaan.

Contohnya adalah Kudungga adalah kepala suku di daerah Kutai sementara anaknya Aswawarman adalah seorang Raja Kutai karena beliau menganut Agama Hindu.

Selain itu, sistem kepercayaan pemerintahan pun ikut berubah setelah datangnya Hindu-Budha menjadi agama Hindu-budha.

Dalam proses pergantian pemerintahan akibat pengaruh Hindu-Budha terjadi melalui sistem kelompok-kelompok kecil yang ada di masyarakat bersatu dengan kepemilikan wilayah yang lebih luas.

Contoh Perubahan Pemerintahan Datangnya Kebudayaan Hindu Budha (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh Perubahan Pemerintahan Datangnya Kebudayaan Hindu Budha (Foto: Artikelsiana.com)

Dari kepala suku yang terbaik dan terkuatlah yang berhak untuk mendapatkan tampuk kekuasaan sebagai raja. Maka dari itu, lahir kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha seperti Sriwijaya, Singasari, Mataram Kuno, Kutai, Tarumanegara, dan lain-lain. Sistem pemerintahan mengikuti pola dari India.

Contoh Soal

Contoh perubahan pada pemerintahan setelah datangnya kebudayaan Hindu Budha adalah

  1. Rakyat bebas memilih siapa saja saja yang pantas memimpin kerajaan
  2. Pergantian raja berlangsung lima tahun sekali pada setiap periode
  3. Raja dipilih secara langsung oleh rakyat
  4. Adanya perubahan pemimpin dari kepala suku menjadi raja

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Contoh Perubahan Pemerintahan Datangnya Kebudayaan Hindu Budha. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *