Ciri Khas Masakan Sumatera Adalah? Ini 8 Ciri & Contohnya


Ciri Khas Masakan Sumatera Adalah – Indonesia merupakan negara kepulauan dan negara yang memiliki kekayaan budaya dan kekayaan alam. Kekayaan itu tercermin dalam perilaku setiap manusia Indonesia yang di wariskan secara turun temurun sehingga menjadi ciri khas bagi setiap warga Indonesia. Apalagi soal cita rasa, Indonesia punya keunikan tersendiri yang membedakannya dengan negara lain.

Bahkan tidak hanya negara lain saja, ciri khas yang dimiliki Indonesia juga mempunyai perbedaan antara pulau yakni cita rasa di Jawa, Sulawesi, Papua, Kalimantan dan Sumatera. Berbicara cita rasa Sumatra dalam hal ini soal masakan mempunyai sesuatu yang telah tersebar ke penjuru pulau tentang nama-nama masakan ini seperti nasi padang.

Selain nasi padang, masih banyak lagi nama-nama masakan yang mendarah daging atau telah diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi yang sampai saat ini masih eksis di berbagai warung di kota-kota besar di Indonesia. Sebagai pulau yang terdiri atas 10 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Diketahui dari provinsi tersebut membuat masakan khas yang berasal dari daerah tersebut dan memiliki sejarah yang panjang. Kelesatan kuliner setiap provinsi di Sumatera tidak diragukan lagi, dengan aneka bumbu dan rempah-rempah yang didalamnya menghasilkan aroma, rasa, warna dan tekstur yang kuat pada masakan.



Selain itu, masih terdapat ciri-ciri khas yang terdapat dalam masakan pulau Sumatra itu, namun sebelum itu tahukah anda contoh masakan khas yang ada di Sumatra? Dibawah ini ada nama-nama masakan yang bisa membuka wawasan dan mencoba membuatnya di rumah anda:



Contoh Masakan Khas di Sumatera

Di Aceh terkenal dengan Mie Acehnya, Sumatera Utara khususnya di Medan terkenal dengan Bika Ambon, Sumatra Barat khususnya Padang terkenal dengan Nasi Padang, Jambi terkenal dengan masakan Gulai Ikan Patin, Bengkulu terkenal dengan Pendap, Riau terkenal dengan Gulai Belacan dengan kuah campuran belacan atau terasi dengan bahan memakai udang atau ikan.



Selain itu Kepulauan Riau terdapat otak-otak yang terbuat dari ikan dan cumi, Sumatera Selatan terdapat pempek dari ikan dan sagu serta Cuko, Bangka Belitung terdapat Mie Bangka, Lampung terdapat seruit berupa masakan ikan yang digoreng atau dibakar dan campuran lain, Banten terdapat Sate Bandeng yang menggunakan gula coklat dan santan.

Ciri Khas Masakan Sumatra Adalah

Adapun ciri khas masakan sumatra diketahui terbagi atas 8 ciri yaitu:

    1. Daerah Sumatra Selatan sangat suka masakan yang asam rasanya
    2. Masakan banyak dimatangkan dengan cara direbus, dibakar, dan digoreng
    3. Waktu memasaknya relatif lama.
    4. Contoh makanan khas dari Sumatra ialah rendang.
    5. Memaki banyak bumbu terutama masakan Sumatra Barat.
    6. Masakannya menggunakan banyak cabai hingga rasanya relatif pedas.
    7. Masakan dari Sumatra Barat banyak menggunakan santan yang kental.
    8. Masakan dari sayur-mayur tidak banyak jumlahnya. Kalaupun terdapat jenis sayurnya tidak bervariasi. Sayur yang sering dipakai antara lain daun singkong, kacang panjang, buncis, dan nangka muda.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ciri Khas Masakan Sumatera Adalah? Ini 8 Ciri & Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *