Ciri-Ciri Umum Puisi Rakyat Adalah? Ini Arti & Penjelasannya


Ciri Umum Puisi Rakyat – Indonesia mempunyai latar belakang budaya tinggi yang tertulis dalam karya sastra. Kekayaan yang dimiliki Indonesia sangat beragam, di antaranya berupa karya sastra, seni, dan kebudayaan.

Salah satu karya sastra adalah puisi sehingga menggunakan prinsip sastra dalam penerapannya. Puisi adalah ungkapan perasaan secara lisan atau tulisan dengan menambahkan gaya bahasa ke dalamnya agar kata-kata yang disampaikan begitu indah dan menyentuh pembaca dan pendengarnya.

Hal itulah mengapa menulis puisi tidaklah mudah, sebab dibutuhkan kemampuan atau keterampilan agar seseorang bisa menyampaikan pikiran dan juga apa yang dirasakannya. Selain itu juga dibutuhkan penggunaan bahasa yang indah yang bersifat imajinatif. Jadi bagi orang-orang yang ingin menulis puisi harus dituntut untuk kreatif.

Sehingga sebenarnya puisi bukanlah kegiatan yang hanya melebih-lebihkan kata, atau kata lebay dan tidak berguna tapi jauh dari pada itu puisi adalah bagaimana pembaca dan penulis bisa hanyut untuk merasakan tentang apa yang tertulis dan penulis dapat menyampaikan isi pikirannya. Bagi orang yang ingin menilai puisi juga tidaklah boleh asal karena puisi adalah karya sastra jadi untuk menilai puisi adalah dibutuhkan pengetahuan yang lebih.



Belajar menulis puisi juga akan melatih penggunaan diksi yang tepat, dan akan memberikan dampak positif bagi setiap orang yaitu dapat membuatnya terbiasa untuk berbahasa santun dengan pemilihan kata/diksi yang tepat. Sehingga itulah mengapa pengertian Puisi ialah sastra yang bentuknya dipilih dan ditata dengan cermat sehingga mampu mempertajam kesadaran orang akan suatu pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat bunyi, irama, dan makna khusus.



Diketahui puisi terbagi atas 2 yaitu puisi lama dan puisi baru. Pada kali ini penulis akan berbicara soal puisi lama dalam hal ini puisi rakyat. Tentu ada banyak pertanyaan tentang puisi rakyat, seperti apa yang dimaksud dengan puisi rakyat, bagaimana ciri-ciri puisi rakyat, seperti apa jenis-jenis puisi rakyat dan contohnya. Pada kali ini penulis akan membahas secara ringkas dan yang paling utama adalah ciri-ciri puisi rakyat.



Apa itu Puisi Rakyat?

Puisi Rakyat merupakan salah satu dari genre folklor lisan. Puisi rakyat mempunyai arti kesusastraan rakyat yang bentuknya sudah paten, biasanya terdiri atas beberapa deret kalimat, ada yang berdasarkan mantra, panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama.

Puisi rakyat merupakan warisan budaya yang wajib dipelihara. Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Pengertian Puisi rakyat adalah jenis puisi lama yang bentuknya tetap yang memiliki muatan nilai luhur untuk menghibur, segar dan indah dengan terdiri atas beberapa deret kalimat dan berdasarkan irama.

Puisi rakyat terdiri dari pantun, syair, dan gurindam. Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara yang dalam bahasa Jawa dikenal parikan dan dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan. Sedangkan dalam Syair adalah puisi lama yang tiap bait terdiri atas empat larik yang berakhir dengan bunyi yang sama.

Orang yang membacakan syair atau membuat syair disebut penyair atau pujangga. Untuk yang terakhir dalam hal ini Gurindam adalah puisi lama yang terdiri atas 2 bait yang setiap bait terdiri atas 2 baris kalimat dengan rima yang sama. Untuk gurindam, pada baris pertama berisi semacam soal, masalah atau perjanjian, lalu untuk baris kedua berisi jawaban.

Ciri-Ciri Puisi Rakyat Secara Umum Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri puisi rakyat secara umum adalah:

    1. Bentuknya tetap.
    2. Terikat oleh jumlah larik per bait.
    3. Jumlah kata per baris.
    4. Rima akhir.
    5. Tersusun atas, makna, tema dan pesan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ciri Umum Puisi Rakyat Adalah? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *