Ciri-Ciri Ragam Bahasa Ilmiah? Ini Arti & 9 Jawabannya


Ragam Bahasa Ilmiah –¬†Bahasa merupakan suatu yang menjadikan manusia bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya. Dengan bahasa, setiap orang bisa memahami satu sama lain, dan saling mengetahui maksudnya bersama kita, apakah akan menetap atau hanya persinggahan atau bahkan hanya jadi bahan permainan semata. Agar bisa memahami bahasa, maka terjadi interaksi yang bisa berdampak pada sosialisasi akibat dari rasa paham pada maksud dan tujuan dari setiap individu.

Diera sekarang, pengaruh mengenai bahasa sudah merambah ke berbagai sektor khususnya pada gaya hidup, tingkah laku dan lain-lain. Perkembangan itu tak mengenal usia, baik dewasa, anak dan remaja selalu dekat aktivitas bahasa akibat kemajuan IPTEK. Hal ini membuat banyak berbagai bahasa bermunculan baik itu bahasa pergaulan atau bahasa gaul yang diketahui sangatlah menyimpang dari penggunaan bahasa dengan tidak memiliki aturan baku.

Walaupun demikian, ternyata bahasa itu yang tidaklah formal malah menjadi bahasa yang menjadi pembuka baik pada teman, keluarga dan pada tulisan-tulisan pribadi. Lantas, posisi dari bahasa ilmiah atau bahasa formal malah hanya menjadi bahasa yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah, berdiskusi, dll. Banyak yang beranggapan bahwa bahasa formal tidaklah bisa dipakai untuk santai dll padahal hal tersebut tidaklah benar,

Justru dengan penggunaan bahasa formal akan memperjelas kemana maksud dan tujuan dari setiap orang seperti pada karya ilmiah yang sering dibuat oleh mahasiswa. Berbicara soal itu, pada kali ini penulis akan menjelaskan mengenai ragam bahasa ilmiah. Adapun penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan ragam bahasa ilmiah adalah:



Pengertian Ragam Bahasa Ilmiah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Ragam bahasa ilmiah adalah bahasa Indonesia yang dipakai dalam pertemuan dan penulisan karya ilmiah yang didapatkan berdasarkan sifat keilmuan melalui hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode (pendekatan rasional pendekatan empiris) dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.



Bahasa ragam ilmiah memenuhi syarat yang harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku yang logis, cermat dan sistematis. Selain itu, dalam mengidentifikasi mengenai ragam bahasa ilmiah sangatlah sederhana yakni dengan mengacu pada ciri-ciri ragam bahasa ilmiah. Apabila demikian, lantas apa ciri-cirinya:



Ciri-Ciri Ragam Bahasa Ilmiah Adalah

Adapun ciri-ciri ragam bahasa ilmiah terbagi atas baku, logis, kauntitatif, tepat, denotatif, runtun. Adapun penjelasan mengenai ciri-ciri ragam bahasa ilmiah itu adalah:

    1. Struktur kalimat jelas
    2. Wacana bersifat formal
    3. Singkat, berisi analisis dan pembuktian
    4. Menggunakan istilah khusus yang bersifat teknis dalam bidang ilmu tertentu
    5. Objektif dan dapat diukur kebenarannya
    6. Menggunakan kata atau istilah yang non figurative
    7. Menggunakan kalimat-kalimat efektif
    8. Menghindari bentuk persona atau pengakuan dengan tujuan untuk menjaga objektivitas
    9. Mengutamakan keterpaduan dan keruntutan isi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ciri-Ciri Ragam Bahasa Ilmiah? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *