Ciri-Ciri Pubertas Pada Anak Laki-Laki? Ini Jawabannya


Setiap anak-anak yang ada disekitar kita, sudah menjadi sunnatullah akan tumbuh dan juga beranjak dewasa, masa dimana mereka akan mengalami masa pubertas atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Puberty.

Yang dimaksud dengan masa pubertas secara sederhana adalah masa dimana seorang anak mengalami perubahan fisik, pola pikir dan ciri utamanya adalah matangnya alat produksi.

Sedangkan apabila mengutip dari definisi yang dilampirkan dari situs Young Men’s Health milik Boston Children’s Hospital menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan pengertian pubertas adalah fase dimana seseorang akan mengalami perubahan menjadi lebih dewasa, entah dari fisik, sikap, emosi, cara berpikir atau lainnya.

Melihat dari kedua definisi tentang pubertas, bisa diterawang tidaklah jauh berbeda. Namun yang menjadi pertanyaan selanjutnya selain daripada apa yang dimaksud dengan pubertas itu adalah kapan masa pubertas itu terjadi?. Pada umumnya tahap pubertas pada manusia akan terjadi ketika mereka menginjak usia antara 8 sampai dengan 15 tahun.



Lalu diantara usia pubertas itu, kapan usia pubertas perempuan dan juga kapan usia pubertas laki-laki?. Untuk usia pubertas perempuan akan terjadi pada umur 8-13 tahun.



Sedangkan untuk laki-laki akan mengalaminya di usia 10-15 tahun. Masa pubertas laki-laki ditandai dengan diproduksinya sel sperma oleh organ kelamin laki-laki atau yang disebut dengan testis.



Saat laki-laki mengalami masa pubertas terdapat tanda-tanda atau ciri-ciri yang bisa diamati. Perubahan itu bisa dilihat lewat kasat mata yang membuat seseorang mengetahui dan memahami bahwa anak laki-laki itu telah pubertas atau tidak.

Ciri-Ciri Pubertas Pada Anak Laki-Laki? (Foto: Artikelsiana.com)
Ciri-Ciri Pubertas Pada Anak Laki-Laki? (Foto: Artikelsiana.com)

Begitu pula bagi perempuan yang telah pubertas, juga mengalami tanda-tanda atau ciri-ciri yang bisa diamati. Namun ada yang paling utama yang menandakan baik perempuan dan laki-laki telah pubertas.

Untuk mengetahui hal itu pada topik kali ini penulis hanya akan membahas mengenai ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki yang adapun jawabannya dapat dilihat dibawah ini:

Pengertian pubertas (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian pubertas (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Pubertas Pada Anak Laki-Laki

Pada dasarnya ada banyak ciri-ciri atau tanda-tanda pubertas yang bisa diamati, namun terdapat beberapa ciri umum seperti yang terdapat dalam situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yakni:

    1. Perubahan bentuk tubuh
    2. Tumbuhnya bulu dan jerawat
    3. Penis dan testis membesar
    4. Mimpi basah
    5. Perubahan suara
    6. Suasana hati berubah

Adapun penjelasan dari keenam ciri pubertas yang utama pada anak laki-laki adalah:

1. Bentuk Tubuh Jadi Berubah

Ciri-ciri masa pubertas yang bisa dilihat dengan kasat mata adalah perubahan bentuk tubuh seperti bagian lengan, kaki, bahu yang melebar, dan otot yang mulai terbentuk.

Itulah mengapa terkadang beberapa orang kaget dengan melihat perubahan tubuh seorang dikenalnya yang tampak lebih kekar itu karena ia masuk pada masa pubertas. Apalagi anak-laki-laki tersebut intens berolahraga.

2. Muncul Jerawat dan Bulu

Selain itu, masalah utama yang biasa dialami adalah munculnya jerawat, ini adalah ciri-ciri bahwa anak laki-laki tersebut mengalami pubertas. Hal itu karena perubahan hormon sehingga produk minyak meningkat. Selain itu tumbuhnya bulu pada area tubuh seperti ketiak.

3. Penis dan Testis Membesar

Diantara kedua ciri pubertas pada anak laki-laki, tanda utamanya adalah tumbuhnya testis dan skortum yang diiringi juga dengan tumbuhnya rambut kemaluan.

Tidak hanya membesar, penis itu akan bertambah panjang dan lebar saat masa pubertas. Selain itu akan muncul pabula di penis yang mirip jerawat yang umum terjadi sebagai ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki.

4. Mimpi Basah

Ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki yang paling banyak dikenal adalah mimpi basah atau ejakulasi pada malam hari.

5. Perubahan Suara

terjadi perubahan suara karena puta suara dan kotak suara yang mulai berkembang yang diketahui perubahan suara anak laki-laki biasanya dimulai nyaring, metinggi, lalu nadanya berubah jadi lebih rendah.

6. Suasana hati berubah

Tak hanya anak perempuan, anak laki-laki juga akan mengalami perubahan suasana hati saat memasuki masa pubertas yang dipengaruhi perubahan hormonal, fisik dan emosional. Biasanya akan mudah marah, murung, percaya diri yang rendah dan sampai depresi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ciri-Ciri Pubertas Pada Anak Laki-Laki? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *