Ciri-Ciri Kepemimpinan yang Baik & Kurang Baik Adalah? Ini Jawabannya


Dewasa ini, mencari sosok figur yang berkualitas memang tidaklah mudah, perlu ketelitian untuk mengetahui ciri atau karakter dari figur tersebut. Sebab jika salah memilih, maka segala suara dan kebutuhan kalian akan menjadi dampaknya di kemudian hari.

Sehingga itulah mengapa dibutuhkan pikiran yang matang dalam mengetahui sosok yang akan dipilih apabila memasuki momen pemilihan legislatif, atau pilkada dan bahkan pilpres. Setiap masyarakat tidak boleh asal pilih calon dan hanya melihat figur tersebut dari kekayaan yang dimilikinya.

Melainkan terdapat ciri-ciri atau karakter yang bisa dijadikan referensi atau pedoman dalam memilih dan mengetahui pemimpin yang baik dan yang tidak baik atau buruk. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut maka secara tidak langsung, kita telah selangkah mengetahui watak asli dari perilaku yang dimiliki calon yang akan memimpin kita pada nantinya.

Begitupula dengan ciri-ciri tersebut maka setiap orang dapat memantaskan diri untuk meningkatkan kualitasnya agar apa yang tertera dalam ciri-ciri kepemimpinan yang baik tersebut melekat dan tertanam hingga menjadi sebuah kebiasaan yang tidak dapat diubah. Hal itu karena kepemimpinan menjadi faktor penentuan seseorang dalam meraih kesuksesan di organisasi.



Demikian ini sejalan sebagaimana definisi dari kepemimpinan yang adapun pengertiannya adalah suatu kekuatan yang menggerakkan perjuangan atau kegiatan yang menuju sukses. Kepemimpinan dapat juga diartikan sebagai proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Namun ditengah tujuan dan harapan tertumpu pada pemimpin ternyata terdapat juga kepemimpinan yang buruk atau tidak baik.



Mengetahui seperti apa ciri-ciri kepemimpinan yang tidak baik atau buruk juga berfungsi sebagai referensi yang dapat dipakai dalam mengidentifikasi berbagai figur publik yang ada. Begitu juga untuk menghindarkan diri dari ciri-ciri tersebut. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan memaparkan mengenai ciri-ciri kepemimpinan yang baik dan ciri-ciri kepemimpinan yang buruk dibawah ini:



Kepemimpinan Yang Baik Adalah?

Dalam buku Principle Centered Leadership (2001) oleh Stephen Covey, terdapat tiga ciri-ciri pemimpin yang baik antara lain:

1. Mengatur manajemen dalam diri yang baik

Pemimpin yang baik dapat mengatur dirinya sendiri mulai dari waktu, perhatian, emosi dan berbagai hal lainnya. Dengan hal itu, kedisplinan dalam tindakan diri akan terkontrol dan tidak kaku apalagi menyusahkan orang lain.

2. Memiliki strategi

Kepemimpinan yang baik pasti mempunyai strategi yang baik mulai dari perencanaan, penyusunan dan saat bertindak. Setiap langkah telah diukur dengan segala konsekuensi yang telah dipertimbangkan. Sehingga seorang pemimpin ideal harus cerdas dalam menentukan strategi terbaik untuk memberikan hasil sesuai ekspetasi.

3. Mampu berkomunikasi dengan baik

Dapat berkomunikasi dengan baik adalah ciri utama kepemimpinan yang baik sehingga mampu mengetahui keluh kesah pengikutnya dan dapat menyampaikan pengaruhnya secara baik.

4. Dapat bertanggung jawab

Selain itu, ciri-ciri kepemimpinan yang baik juga dapat bertanggung jawab terhadap tugas yang dipikulnya. Sebab dengan sikap ini maka seseorang akan mengakui dirinya sebagai seorang kesatria karena selalu berada digarda terdepan dan tak pernah mundur jika terjadi masalah.

5. Punya tujuan jelas (visi dan misi)

Seorang pemimpin harus mempunyai tujuan yang jelas serta konsisten. Dengan tujuan itu maka Anda akan fokus dan berusaha untuk mencari penyelesaian manakala sedang terjebak di suatu masalah yang menghambat.

Kepemimpinan yang kurang baik

Menurut Eko Purnomo dalam bukunya yang berjudul Teori Kepemimpinan dalam Organisasi (2016), menyebutkan bahwa terdapat 5 indikator kepemimpinan yang kurang baik, di antaranya:

    1. Menolak ide-ide baru
    2. Tidak memperhatikan pendapat sekitar atau gaya manajemen otokratik yang tidak efektif.
    3. Menyerahkan peran dan tanggungjawabnya ke orang lain
    4. Tidak memperhatikan orang lain, tidak melayani, berperilaku mengintimidasi.
    5. Mentolerir kinerja yang buruk dan standar yang rendah atau mengacuhkan dan menghindari.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ciri-Ciri Kepemimpinan yang Baik & Kurang Baik Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *