Ciri-Ciri Bunga Lavender dan Manfaatnya Bagi Manusia


Tentu banyak orang yang sudah mendengar tentang seperti apa bunga lavender itu. Jenis bunga yang berwarna ungu ini sangat anggun, selain itu mempunyai aroma yang harum yang juga menenangkan dan melambangkan bentuk kemurnian.

Perlu diketahui bersama bahwa Bunga ini mempunyai arti yang sangat dalam, yang diketahui pada persoalan pengabdian, kesucian dan cinta. Tidak hanya itu, bunga itu juga mempunyai makna yang begitu romantis yakni melambangkan pertumbuhan seorang wanita dan juga menunjukkan keanggunan.

Hal itu bisa terlihat dari warna yang dimiliki bunga lavender yang begitu feminim yakni ungu. Apalagi warna ini adalah warna yang banyak dipakai oleh kerajaan di Eropa karena dianggap warna yang mewah.

Walaupun demikian, ternyata masih banyak orang yang belum menjadi bunga in sebagai favorit dan tentunya juga banyak orang yang belum mengetahui pasti apa manfaat bunga lanvender itu.



Berdasarkan informasi yang ditemukan ternyata Bunga lavender ini tergolong genus Lamiaceae dengan 25 hingga 30 spesies dengan jenis yang terkenal seperti Salvia officinalis (lavender Spanyol), Lavandula multifida (lavender Mesir), Lavandula pinnata (fernleaf lavender), Salvia apiana (lavender putih), Lavender dentata (lavender Perancis) Lavandula angustifolia, Lavandula pedunculata.



Manfaat Bunga Lanvender Adalah?

Bunga yang mempunyai bau yang begitu harum dan kuat membuat orang yang menghirup akan merasa tenang. Selain itu bunga ini banyak diekstrak untuk dijadikan sebagai nabati.



Kebanyakan minyak bunga lavender ini dimanfaatkan untuk membuat parfum dan minyak aromaterapi. Menurut Medical News Today, minyak lavender bersifat antiseptik dan anti inflamasi yang bisa membunuh kuman, menyembuhkan luka dan infeksi jamur.

Selain itu bunga ini bermanfaat dalam mengobati kegelisahan, gangguan tidur (insomnia), stress, gangguan kecemasan, jerawat, sariawan, ruam kulit, kegelisahan pada penderita dimensia, peredakan nyeri, kram menstruasi, rambut rontok, sakit kepala, depresi, iritasi kulit eksim, dan memperbaiki suasana hati.

Dengan banyaknya manfaat bunga Lavender yang dipakai di banyak produk seperti hasil produk dari lavender adalah sampo, sabun, minyak wangi, lilin aromaterapi, pewangi ruangan, pewangi baju, minyak aromaterapi, kosmetik, perawatan kulit, dan dekorasi.

Ciri-Ciri Bunga Lavender Adalah?

Adapun ciri-ciri dan karakteristik dari bunga lavender adalah:

    1. Punya akar tunggang yang berserta, pendek, dan stabil.
    2. Tumbuh tegak setinggi 20 hingga 40 cm.
    3. Berbunga pada bulan Mei-September.
    4. Bunganya terdapat dipucuk batang dengan warna ungu dan biru keunguan.
    5. Berumur panjang sekitar 20 hingga 30 tahun.
    6. Mengeluarkan aroma yang sangat harum
    7. Tumbuh di lingkungan panas, kering, berkapur, dan kekurangan nutrisi.
    8. Batangnya mempunyai banyak cabang dan terlihat seperti semak-semak.
    9. Daun kecil juga tipis yang menyirip, bergerigi, dan berwarna hijau.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ciri-Ciri Bunga Lavender dan Manfaatnya di Rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *