Cairan Pada Bunga Yang Diserap/Dihisab Lebah Adalah? Ini Penjelasannya

Bunga dan Lebah – Berbicara soal Lebah. Sebagai serangga yang berkelompok besar, lebah biasa ditemukan diberbagai tempat yang biasa ditemukan sarangnya terdapat di pohon.

Lebah yang masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput) mempunyai 20.000 spesies yang bisa ditemukan disetiap benua.

Banyaknya jenis lebah ini sehingga tidak jarang lebah membuat sarangnya diberbagai tempat sebagaimana dijelaskan diatas ada yang dipohon kayu.

Tidak hanya itu sarang lebah juga terkadang ditemukan di atap rumah, tidak sedikitkan cerita orang-orang yang digigit lebah saat naik diatas rumahnya. Hal itu karena mungkin saja terdapat sarang lebah diatas.

Bahkan, lebah juga bisa membuat sarangnya diatas bukit. Sarang yang dibangun lebah ini, juga seperti manusia dalam membangun rumah yang tidak asal menggunakan bahan.

Melainkan lebah, membuat sarangnya dengan propolis atau perekat dari getah pohon dan malam. Malam ini diproduksi dari kelenjar lebah betina yang masih muda yang ada di dalam badannya.

Tidak semua juga lebah itu hidup berkelompok, ada juga lebah yang hidupnya sendiri yang disebut lebah soliter. Karena hidup sendiri, lebah jenis ini membangun sarangnya dan mencari makanan untuk keturunannya tanpa bantuan lebah lainnya.

Makanan Lebah

Berbicara soal makanan lebah, sudah menjadi ilmu pengetahuan yang umum kalau lebah mengambil makanan dalam bunga. Makanan yang dimakanan oleh lebah ini, adalah nektar bunga dan serbuk sari.

Berbicara soal nektar atau sari bunga adalah cairan manis. Cairan ini memiliki kandungan gula yang banyak. Gula ini diproduksi bunga memang dipergunakan agar bisa menarik hewan seperti lebah agar bisa diserbukkan dan menjadi tunas baru.

Biasanya, nektar yang menjadi makanan lebah ini, terletak di dasar perhiasan bunga (perianthium) jadi hewan penyerbuk mau tidak mau bersinggungan dengan kepala sari (anthera) dan pistil sewaktu mengambil nektar.

Nektar Bunga

Jadi bisa disimpulkan kalau nektar adalah sumber makanan bagi lebah. Dalam pertanian, nektar sangat penting untuk menarik perhatian serangga penyerbuk.

Apabila bunga dan warna daun mahkota semakin harum dan pekat, pertanda makanan tersebut matang untuk disajikan kepada serangga seperti lebah untuk dihisab atau diserap.

Daun mahkota yang terlihat berwarna tunggal menurut penglihatan mata manusia, sebenarnya memiliki garis-garis yang berpusat ke bagian dasar bunga ketika dipotret dengan film sensitif terhadap sinar ultraviolet.

Namun, bagi serangga dimana garis-garis yang berpusat ke bagian dasar bunga itu bisa dilihat yang merupakan isyarat atau tanda lokasi nektar. Tumbuhan lainnya juga memproduksi nektar.

Tujuannya tetap sama untuk menarik hewan penyerbuk lain contohnya burung dan kelelawar. Sebaliknya, bunga dari tumbuhan yang tidak membutuhkan hewan penyerbuk atau polinasi abiotik tidak menghasilkan nektar.

Nektar terdiri dari dua jenis, nektar floral dan nektar ekstra floral. Nektar floral dihasilkan kelenjar nektar, sedangkan nektar ekstra floral dihasilkan bagian tanaman selain bunga.

Nektar ekstra floral dimaksudkan untuk menarik perhatian serangga seperti semut yang menghisap nektar sekaligus memangsa serangga perusak tanaman.

Cairan Pada Bunga Yang Diserap/Dihisab Lebah Adalah? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Cairan Pada Bunga Yang Diserap/Dihisab Lebah Adalah? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Cairan Pada Bunga Yang Diserap/Dihisab Lebah Adalah? Ini Penjelasannya

Berdasarkan dari pembahasan diatas, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai jawaban mengenai soal “Cairan Pada Bunga Yang Diserap/Dihisab Lebah Adalah Nektar dan Serbuk Sari

Demikianlah jawaban mengenai Cairan Pada Bunga Yang Diserap/Dihisab Lebah Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *