Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult? Ini Jawabannya


Ibu hamil tentu mengalami banyak perubahan hormon yang akan terjadi selama masa kehamilannya. Hal itu membuat masalah seperti morning sickness dll, tetapi hal itu juga sebenarnya bukanlah masalah besar karena hanya terjadi pada pagi hari saja.

Masalah lain yang biasa terjadi pada ibu hamil adalah persoalan pencernaan. Masalah ini membuat ibu hamil susah untuk diare hingga terjadi sembelit. Tentu masalah ini sangat menganggu bagi ibu hamil hingga beragam cara pun dilakukan,

Salah satunya adalah mengkonsumsi produk yang dapat membantu sistem pencernaannya. Salah satu yang sering digunakan oleh seseorang pada umumnya adalah yakult, namun bolehkah ibu hamil minum yakult?.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult?

Memang, pertanyaan seperti ini sering terjadi bagi ibu hamil, tentu untuk menjaga agar apapun yang kita konsumsi tidak merugikan janin anda. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai topik yang berjudul Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakut?.. Ini Jawabannya

Kandungan dan Manfaat Yakult Pada Umumnya

Umumnya, yakult merupakan minuman yang sangat bermanfaat. Produk dari olahan susu ini melalui rangkaian proses fermentasi memakai bakteri lactobacillus casei.

Melalui proses itulah sehingga yakult mengandung probiotik (bakteri hidup) yang membantu dalam melancarkan sistem pencernaan sehingga kesehatan tubuh terus meningkat. Adapun kandungan dalam yakult adalah Air, Sukrosa, Perasa tambahan, Susu bubuk skim dan Bakteri lactobacillus casei. Lantas apakah boleh ibu hamil mengkonsumsi yakult?

Kesimpulannya

Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi yakult sebenarnya boleh dan tidaklah berbahaya. Hal ini sebagaimana yang diutarakan oleh National Library of Medicine dan National Institute of Health, penggunaan probiotik seperti yang ada di dalam yakult dapat ditoleransi dengan baik. Masalah saluran pencernaan seperti sembelit, perut kembung atau diare bisa teratasi. Walaupun diperbolehkan, tetap saja tidak boleh berlebihan apalagi yang sudah kadaluarsa.

Kata Dokter Soal Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult

Hal ini dikuatkan dengan pendapat dari Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK bahwa ibu hamil boleh mengkonsumsi minumen probiotik seperti Yakult. Alasannya dapat meningkatkan bakteri baik disaluran cerna dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh hamil. Menurutnya, jumlah yang dapat diminum oleh ibu hamil bisa dengan 2 porsi dalam sehari.

Tetapi apabila masih khawatir, Yakult dapat diganti dengan mengkonsumsi susu atau yogurt. Sebab susu mempunyai probiotik dan nutrisi yang tinggi. Jadi tidak membahayakan kehamilan. Dalam susu menyediakan yodium, kalsium, protein, vitamin K2, D, B12 dan mempunyai nutrisi yang penting bagi ibu hamil.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain apabila mengkonsumsi yakult

    1. Dapat mengurangi penumpukan dan pertumbuhan racun yang disebabkan bakteri jahat yang berada di dalam usus.
    2. Membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme baik dan menekan pertumbuhan bakteri buruk yang terdapat usus.
    3. Meskipun mengonsumsi yakult dikatakan aman untuk ibu hamil karena mampu membantu kesehatan pencernaan, namun tidak boleh diminum terlalu berlebihan atau yang sudah kadarluarsa.
    4. Meningkatkan kekebalan tubuh menjadi lebih berkualitas selama hamil.

Apabila dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan kerugian seperti membuat sakit kepala, alergi, risiko infeksi meningkat, gangguan pencernaan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult?. Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi tema-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *