Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Jawabannya


Menantikan buah hati lahir adalah keinginan setiap orang. Tidak hanya mereka yang berpasangan, ataupun keluarga, teman dan kerabat juga ikut senang melihat kelahiran bayi dari pasangan siapapun itu. Sebab mereka tahu dan sadar bahwa ada rasa bangga, syukur dan tanggung jawab yang bisa sang istri dan suami berikan kepada mereka berdua, kepada keluarga, teman dan masyarakat yang mengetahuinya.

Tentu menantikan hadirnya sang bayi butuh proses yang panjang, mulai sebelum masa kehamilan, proses kehamilan hingga pada saat melahirkan. Berbicara pada masa kehamilan, ibu hamil harus mengetahui betul hal apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.

Sebab dia tidak lagi sendiri tetapi ada calon buah hati yang harus dijaga yang telah ditunggu-tunggu sekian lamanya. Maka dari itu, menjaga tubuh bagi ibu hamil adalah sesuatu yang penting dan tidak boleh dianggap remeh. Salah satu bagian yang harus dijaga oleh ibu hamil adalah menjaga makan dan minumnya.

Apalagi bagi ibu hamil ada peristiwa ngidam yang rasa penasaran dan keinginan yang begitu besar terhadap makan dan minuman. Olehnya itu, harus selektif walaupun dipenuhi rasa ngidam. Biasanya keinginan untuk mengkonsumsi sesuatu ini berasal dari apa yang mereka pernah konsumsi sebelumnya. Bisa juga telah menjadi rutinitas sebelum hamil.

Berbicara soal minuman, salah satu yang paling banyak digemari oleh berbagai kalangan baik tua muda dan laki-laki dan perempuan adalah kopi. Kopi memang tentu bermanfaat karena mampu meransang pikiran aktivitas setiap orang untuk mampu berkonsentrasi. Kopi juga telah menjadi rutinitas setiap pagi bagi banyak orang.

Tetapi bagi ibu hamil, mengkonsumsi kopi justru menjadi tanda tanya besar, bolehkah ibu hamil minum kopi? Pertanyaan ini tentu akan terlintas dipikiran setiap ibu yang hamil bahkan bukan kopi sekalipun tetapi semua makanan dan minuman. Namun berbicara soal kopi, apakah boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?..Yuks simak penjelasannya dibawah ini:

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Sebenarnya minum kopi bagi ibu hamil boleh saja, asal dibatasi karena mengandung kafein dan begitu juga makanan lainnya. Sebab jika berlebihan minum kopi bagi ibu hamil, kafein dalam kopi dapat menembus plasenta ibu hamil dan berdampak pada janin.

Risiko Ibu Hamil Minum Kopi

Selain diperbolehkan minum kopi bagi ibu hamil, tetapi terdapat risiko yang akan mengitari pikiran ibu hamil jika minum kopi apalagi berlebihan seperti:

    • Mengalami refluks asam lambung
    • Anemia
    • Keguguran
    • Bayi lahir dengan berat badan rendah

Takaran Ideal Untuk Ibu Hamil Minum Kopi

Bolehnya ibu hamil minum kopi batasnya dalam sehari hanya 200 mg atau dua cangkir kopi instan. Olehnya itu perhatikan label setiap kemasan dan lihat jumlah kafein yang terdapat dalam kemasan tersebut. Olehnya itu, bagi yang melewati anjuran ini untuk segera membatasinya segera untuk keamanan, kenyamanan dan kesehatan calon buah hati dan kesehatan ibu hamil.

Berikut jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman:

    • 60-200 mg kafein dalam satu cangkir kopi seduh.
    • 100 mg kafein dalam satu cangkir kopi instan.
    • 40 mg kafein dalam satu ebotol soda.
    • 140 mg kafein dalam satu cangkir kopi saring.
    • 25-50 mg kafein dalam 50 g cokelat.
    • 75 mg kafein dalam satu cangkir teh.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *