Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Jawabannya


Bagi ibu yang sedang hamil, menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang utama. Pola hidup selama kehamilan harus dijaga untuk buah hati bisa lahir dengan baik dan tumbuh dengan sehat. Apalagi bagi ibu yang hamil muda atau bagi pasangan muda yang baru merasakan mendapatkan bayi pertama, tentu membutuhkan pengalaman tentang seperti apa dan apa yang harus dilakukan saat hamil.

Pola hidup tidak hanya seputar pola perilaku saja selama masa kehamilan, tetapi juga berbicara soal pola makan. Olehnya itu, mengapa ibu hamil perlu hati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman selama masa kehamilan. Mungkin saja apa yang mereka konsumsi bisa berpengaruh buruk bagi janin.

Berbicara soal makanan dan minuman bagi ibu hamil terdapat beberapa informasi yang menyebar di msyarakat tentang makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi bagi ibu hamil. Salah satunya adalah buah durian. Betulkah bahwa ibu hamil tidak bisa makan durian? atau pantangan ibu hamil makan durian sebenarnya tidaklah benar dan ibu hamil boleh makan durian?. Untuk mengetahui benar atau tidaknya makan durian berbahaya, atau boleh tidak mengkonsumsi buah tersebut bisa dilihat informasi dibawah ini:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Tidak sedikit mitos yang menyebutkan bahwa makan durian saat hamil begitu berbahaya bagi kondisi janin. Informasi ini membuat banyak ibu hamil yang sedang ngidam membuat ragu untuk makan durian.

Hal itu karena dianggap bahwa makan durian saat hamil dapat memicu masalah kehamilan seperti perdarahan vagina, keguguran dan cacat lahir pada janin. Tapi sebaiknya info ini di kaji lebih jauh tentang bolehkah ibu hamil makan durian, seperti kandungan dan fakta seputar buah durian yang dapat dilihat dibawah ini:

Bolehkah ibu hamil makan durian

Kandungan dan Manfaat Gizi Buah Durian

Durian adalah buah yang banyak hidup di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Durian mempunyai rasa manis dan aroma yang khas dengan kandungan lemak, gula, sulfur dan alkohol. Dalam 100 gram durian terdapat 150 kalori dan 3,5 gram serat serta macam-macam nutrisi seperti 19-20 mg vitamin c; 1,3-1,5 gram protein; 5-5,5 gram lemak; 400 mg kalium; 25-27 gram karbohidrat.

Tidak hanya itu, durian kaya akan flavonoid bersifat antioksidan, vitamin B, kalsium, tembaga, zat besi, fosfor, zinc, dan magnesium. Adapun manfaat dari pada kandungan tersebut adalah:

1. Memberikan tambahan energi

Dengan durian, maka ibu hamil yang biasanya mudah lelah, dengan durian mampu mengatasinya karena kandungan karbohidrat, gula dan kalori yang dibutuhkan untuk tubuh.

2. Menambah asupan folat

Buah durian memiliki folat yang tinggi yang penting bagi ibu hamil dan janin karena membantu pembentukan saraf, otak dan tulang belakang janin serta mencegah terjadi cacat bawaan lahir pada bayi dan membuat ibu hamil terhindar dari kurang darah.

3. Menjaga kolesterol tetap stabil

Info soal durian banyak kandungan kolesterol tidaklah benar, karena yang terdapat dalam durian adalah lemak nabati. Sebaliknya, durian kaya kandungan serat yang baik dalam mencegah peningkatan kolesterol.

4. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Durian adalah buah dengan indeksi glikemik rendah yang membuat peningkatan gula darah relatif normal. Hal itu karena kandungan serat, lemak, kalsium dan antioksidannya.

Kesimpulannya 

Melihat dari informasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban tentang bolehkah makan durian sangat hamil sebenarnya boleh karena makan durian saat hamil tidak berbahaya. Asalkan jumlahnya tidak berlebihan apalagi yang mempunyai kondisi diabetes, tekanan darah tinggi, preeklamasia atau obsites. Selain itu, jika terjadi mual dan muntah maka hindari makan buah durian. Itulah kesimpulannya, dapat mengkonsumsi tapi berlebihan, cukup untuk mengobati rindu saja dengan buah durian.

Demikianlah informasi yang berjudul Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *