Berapa Ukuran Panjang & Lebar Lapangan Sepak Bola? Ini Ukurannya


Ukuran Lapangan Sepak Bola – Siapasih yang tidak mengenal olahraga ini, olahraga yang dilakukan dengan menyepak bola untuk memasukkan bole ke gawang lawan dan mempertahan gawang agar tidak dibobol oleh lawan.

Permainan sepak bola, olahraga beregu yang setiap regu terdiri atas 11 pemain yang dimainkan dalam 2 babak yaitu 2×45 menit sebagai waktu permainan sepak bola, dan terdapat waktu istirahat 10 menit setiap kedua babak tersebut.

Misi dari setiap regu dalam permainan sepak bola sangatlah sederhana yaitu mencegak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Dengan mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya, maka kesebelasan tersebut dikatakan menang apabila lawannya tidak lebih banyak.

Namun dewasa ini, permainan sepak bola tidak hanya berbicara soal mencetak gol ke gawan lawan walaupun dalam itu sebagai tujuan dalam permainan sepak bola. Namun, dalam permainan sepak bola setiap pemain berusaha bekerja sama. Sebab apabila tidak dengan bekerja sama, maka tujuan dari permainan sepak bola itu tidak dapat dicapai.

Selain dengan bekerja sama, pemain dalam kesebelasan juga bisa mengandalkan atau melakukan skill individu untuk mencetak gol ke gawang lawan dengan kaki. Dalam melakukan kemampuan berbagai teknik dalam sepak bola, diperlukan gerakan yang terampil karena tidak semua orang dapat melakukan gerakan tersebut, apabila tidak terus diasah.

Dan dengan memenuhi tujuan sepak bola setiap pemain harus latihan yang keras agar mempunyai stamina yang tinggi karena lapangan sepak bola yang menjadi pertarungan bagi 2 kesebelasan yang saling berkompetisi sebab ukuran lapangan sepak bola tidak kecil dan pendek, melainkan ukuran sepak bola memiliki panjang dan lebar dimana setiap pemain harus memiliki daya tahan stamina yang tinggi.

Olehnya dalam cara pengolahan bola dibutuhkan pengolahan gerak tubuh, dan bekerja sama dengan fisik dan mental, dimana setiap pemain harus mampu untuk berlari beberapa meter dengan kecepatan serta dapat bergerak dari kiri kanan secara efektif dan tidak lupa memikirkan strategi untuk mencetak gol.

Olehnya itu, setiap pemain perlu mengetahui yang ditempatkan berbagai posisi dalam lapangan sepak bola ketika bermain, harus mengetahui ukuran lapangan sepak bola dengan posisinya dimana gawan berada, sebab apabila melebihi batas yang diperhitungkan karena belari dengan ukuran penuh lapangan sepak bola, maka pemain tersebut akan dapat kehilangan stamina.

Ukuran Panjang & Lebar Lapangan Sepak Bola Adalah?

Ukuran lapangan sepak bola ini dimana panjangnya tidak bisa dikurangi begitupula lebarnya, sebab terdapat aturan yang mengatur mengenai ukuran lapangan sepak bola. Selain itu, di dalam lapangan sepak bola itu, terdapat bagian-bagian yang setiap bagian tersebut mempunyai ukuran tersendiri baik itu panjang dan lebarnya. Berbicara soal ukuran sepak bola, selengkapnya dapat melihat informasi di bawah ini:

Ukuran Lapangan Sepakbola Secara Keseluruhan:

  1. Panjang lapangan sepakbola maksimum 120 meter
  2. Panjang lapangan sepakbola minimum 90 meter
  3. Lebar lapangan sepakbola maksimum 90 me
  4. Lebar lapangan sepakbola minimum 45 meter

Ukuran Lapangan Untuk Pertandingan Tingkat Internasional:

  1. Panjang lapangan maksimum 110 meter
  2. Panjang lapangan minimum 100 meter
  3. Lebar lapangan maksimum 75 meter
  4. Lebar lapangan minimum 64 meter

Contoh Ukuran Lapangan Tim Sepak Bola Internasional

  1. Stadion Santiago Bernabeu markas klub Real Madrid dengan panjang lapangan 108 meter dan lebar lapangannya 72 meter
  2. Stadion Lapangan Sepak Bola Indonesia yaitu GBK memiliki ukuran lapan sepak bola dengan panjang 105 dan luasnya adalah 68 m2.
  3. Stadion Nou Camp markas klub Barcelona dengan panjang lapangan 106 meter dan lebar lapangannya adalah 70 meter.
  4. Stadion Old Trafford markas klub Manchester United dengan panjang lapangan 105 meter dan lebar lapangannya adalah 68 meter.
  5. Stadion Anfield markas klub Liverpol dengan panjang lapangan 101 meter dan lebar lapangannya adalah 68 meter

Itulah mengenai ukuran keseluruhan lapangan sepak bola baik panjang dan lebarnya, namun sebagaimana penjelasan diatas dimana setiap lapangan sepak bola terdapat bagian-bagian yang setiap bagiannya terdapat ukuran tersendiri. Adapun ukuran dari bagian-bagian dalam lapangan sepak bola adalah:

1. Ukuran Lingkaran Tengah Lapangan Sepakbola:

Lingkaran Tengah tempat dimana dimulainya permainan sepak bola atau kick off dengan ukuran radius 9,15 meter.

2. Garis Tengah Lapangan Sepakbola:

Garis tengah lapangan sepakbola merupakan garis yang memisah lapangan menjadi 2 yang dipakai membagi wilayah d2 tim, garis tengah ini diletakkan tepat di tengah lapangan sepak bola.

3. Ukuran Kotak Pinalti Lapangan Sepakbola:

Daerah kekuasaan penjaga gawang atau disebut Kiper yang ukuran di dalam kotak pinalti ini berbentuk persegi panjang dengan panjang 40 meter, lebar 16,5 meter. Jarak tendangan pinalty adalah 11 meter dari gawang yang disebut sebagai titik putih atau titik pinalti.

4. Ukuran Gawang dan Area Gawang Sepakbola:

Bentuk Gawang Sepakbola adalah persegi panjang dengan tinggi 2,4 meter dan lebar 7,3 meter.Sedangkan untuk area gawang adalah panjang 18,32 meter serta lebar 5,5 meter.

Gambar Ukuran Lapangan Sepak Bola

Atau adapun selengkapnya mengetahui ukuran lapangan sepak bola baik yang berstandar nasional dan internasional dapat dengan melihat gambar ukuran lapangan sepak bola dibawah ini:

Demikianlah informasi mengenai Berapa Ukuran Panjang & Lebar Lapangan Sepak Bola? Ini Ukurannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

ukuran lapangan sepakbola
ukuran lapangan sepakbola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *