Bagaimana Singkong Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat? Ini Jawabannya


Didunia ini semua orang pasti menginginkan hidup yang layak. Mereka melakukan segala upaya dan usaha untuk mampu hidup layak baik itu untuk dirinya atau untuk keluarganya. Hidup layak sangatlah penting sebab jika tidak maka seseorang tersebut akan mengalami berbagai gangguan dan yang paling parah akan mengakibatkan terjadinya tindakan kriminalitas.

Itulah mengapa banyak orang yang mengidamkan hidup yang damai, makmur dll yang semua dari hal itu bisa dikatakan adalah hidup sejahtera. Kesejahteraan dalam KBBI mempunyai empat arti, dalam hal ini adalah sejahtera menunjukkan keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya berada dalam kondisi yang makmur, dan ataukah berada dalam keadaan sehat dan damai.

Dalam ekonomi, sejahtera dihubungkan dengan keuntungan benda sedangkan dalam kebijakan sosial, arti sejahtera merujuk pada jangkauan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan jika merujuk dalam Undang-undang No 11 Tahun 2009, tentang Kesejahteraan Sosial yang mendefinisikan bahwa hal itu merupakan suatu kondisi dimana terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Melihat realitas yang ada, masalah kesejahteraan masyarakat jauh dari apa yang bisa diharapkan dan dicita-citakan bersama. Tidak sedikit masyarakat yang harus putus asa mencari pekerjaan, atau lapangan kerja yang susah.



Itulah yang dirasakan oleh para lulusan di kampus-kampus Indonesia. Berbagai CV mereka sodorkan, namun tetap saja belum memenuhi keinginan ataukah lowongan dari pekerjaan tersebut memang telah cukup. Selain itu, masalah kesejahteraan juga dihadapi oleh para petani, dimana hasil tani mereka yang berkualitas tinggi malah hanya dibeli dengan harga murah padahal apa yang mereka harapkan jauh dari ekspektasi itu sendiri.



Apalagi ditambah dengan konflik antar daerah atau antar masyarakat yang sering terjadi karena isu SARA membuat gejolak tersebut semakin besar jika kesejahteraan tidak terdapat dalam masyarakat. Memang terdapat beberapa orang yang mampu keluar dari krisis yang mereka hadapi sendiri, akan tetapi melihat latar belakang seluruh rakyat Indonesia, hanya orang-orang yang bekerja keras dan memiliki pengalaman serta kreativitas yang tinggi yang bisa keluar dari jeratan krisis dan mampu mensejahterakan hidupnya.



Jika demikian, maka tentu persoalan kesejahteraan masyarakat bukanlah persoalan kecil akan tetapi sangat besar dan harus mendapatkan perhatian lebih dari semua orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mensosialisasikan berbagai pengetahuan untuk bisa berkarya dan mandiri serta menciptakan usaha atau lapangan kerja melalui apa yang terdapat di sekitar kita.

Berbicara soal itu, Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Berbagai tanaman tumbuh subur di Indonesia yang tidak dipungkiri hal itu bisa menjadi salah satu upaya agar keluar dari kemiskinan dan dapat menjadi sejahtera.

Salah satu tanaman yang sangat familiar dan dapat tumbuh di seluruh daerah di Indonesia adalah Singkong. Apasih uniknya singkong, dan apakah ia bisa mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Sejalan dengan pertanyaan tersebut, pada kali ini penulis akan menjelaskan jawaban tersebut dibawah ini:

Bagaimana Singkong Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat?

Singkong dapat memengaruhi kesejahteraan masyarakat karena hasil olahan singkong dapat menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan, hingga pabrik.

Singkong sangat mudah ditemukan dan dapat dengan mudah diolah dapat dimanfaatkan sebagai mata pencaharian masyarakat, seperti dengan mengolahnya menjadi keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bagaimana Singkong Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *