Bagaimana Proses Siklus Air Menghasilkan Air Yang Bersih? Jelaskan


Peristiwa siklus air yang sering terjadi dan tidak disadari oleh manusia. Padahal sikslus air atau biasa disebut dengan siklus hidrologi atau daur air mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan serta berbagai makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Siklus air memegang peranan penting yang berpengaruh dalam setiap aktivitas manusia. Tanpa siklus air maka kebutuhan akan air bersih dan makanan dari manusia tidak akan mampu terpenuhi tanpa melalui proses dari daur air itu sendiri.

Walaupun siklus air mempunyai pengaruh besar bagi lingkungan dan lingkungan manusia tetap saja upaya manusia untuk menjaga keseimbangan alam masih kurang. Terbukti tidak henti-hentinya pemberitaan yang mengungkap kegiatan manusia yang serampangan mengelolah lingkungan alam ini.

Seperti upaya mereka yang melakukan betonisasi dalam pembangunan entah rumah atau bangunan. Tanpa disadari tindakan yang dilakukan sebenarnya akan mengurangi resapan air dalam tanah yang pada akhirnya akan menyebabkan kekeringan atau kelangkaan air bersih.

Apalagi saat pembukaan lahan baru, pembuatan perumahan dan industrialisasi yang tidak memperhatikan berbagai aspek membuat tanah menjadi tandus. Hal ini sangat mempengaruhi daur air atau siklus hidrologi ditempat tersebut.

Tidak hanya itu, prilaku manusia yang cenderung membuang limbah sembarangan pun masih saja terjadi. Hal ini merusak lingkungan ditambah lagi penebangan hutan secara liar yang menganggu infiltrasi air hujan dan bahkan dapat menyebabkan lonsor.

Ada banyak lagi tingkah laku yang merugikan dilakukan oleh manusia namun hal itu dianggap biasa-biasa saja. Padahal mereka selama hidupnya akan bergantung dengan daur air atau siklus hidrologi apalagi kebutuhan akan air bersih itu melalui proses siklus air.

Berbicara soal siklus air, bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih?. Menarik untuk kita bahas agar pemahaman kita bertambah dan semakin menjaga perilaku agar ketersediaan air bersih tidak berkurang dan tidak melanjutkan perlakuan manusia yang merusak alam. Namun sebelum itu tahukah anda apa yang dimaksud dengan siklus air atau siklus hidrologi?

Apa Yang Dimaksud Siklus Air

Secara umum yang dimaksud dengan siklus air adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan selanjutkan akan kembali lagi ke atmosfer melalui serangkaian proses yang memberikan pengaruh terhadap lingkungan dan lingkungan manusia.

Proses Siklus Air Secara Umum

Berdasarkan dari informasi yang dihimpun proses dari daur hidup secara berurutan adalah evaporasi, kondensasi, presipitasi, infiltrasi dan transpirasi. Adapun penjelasan dari kelima tahap tersebut adalah:

    1. Evaporasi adalah proses penguapan pada air laut, sungai dan danau karena panas sinar matahari.
    2. Kemudian terjadi kondensasi yakni terbentuknya awan dari uap air yang naik ke atmosfer dan mengalami pengembunan karena perubahan suhu dari panas menjadi dingin.
    3. Setelah itu presipitasi. Proses ini adalah jatuhnya titik-titik air dari awan dalam bentuk hujan karena udara tidak mampu menampung uap air.
    4. Proses Infiltrasi pun berlangsung karena air hujan yang meresap ke dalam tanah. Proses ini adalah tahap penyaringan air yang meresap menjadi air tanah.
    5. Tumbuhan kemudian melakukan proses absorbsi air hujan melalui akarnya dan saat tumbuhan melakukan penguapan melalui daun terjadilah proses transpirasi.
    6. Penguapan yang terdiri dari evaporasi dan transpirasi akan naik kembali ke atmosfer dan daur air akan terulang lagi.

Bagaimana Proses Siklus Air Menghasilkan Air Yang Bersih?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban dari topik utama yang berjudul bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih ini adalah?

Prosesnya melalui rangkaian tahap dari air menguap lewat proses evaporasi dan transpirasi lalu naik dan terjadi kondensasi lalu terjadilah hujan melalui presipitasi dan terjadi proses infiltrasi. Proses ini air hujan turun ke tanah dan terjadilah penyaringan air. Proses ini membentuk mata air, air permukaan (sungai, danau, kanal) dan air tanah (air sumur, sumur bor). Untuk mata air cenderung bersih dan layak dikonsumsi, selebihnya membutuhkan pengolahan PDAM jika hendak diminum.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bagaimana Proses Siklus Air Menghasilkan Air Yang Bersih. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *