Bagaimana Memilih & Menyiapkan Karya Seni Rupa Untuk Dipamerkan


Setiap karya seni terdapat ajang bergens untuk memperlihatkannya ke setiap orang. Hal itu merupakan suatu kebanggaan tersebut jika karya seni rupa terpilih sebagai suatu karya yang layak untuk diperlihatkan atau dipentaskan ke banyak orang.

Tempat dimana karya seni rupa dipentaskan disebut pameran. Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian pameran menurut Myers B bahwa pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan satu ruang, biasanya galeri atau dewan dan memamerkan karya seni seperti lukisan, catan, cetakan, arca, ukiran, gambar foto dan karya yang siap.

Tentu setiap orang pernah melihat dan menyaksikan pameran karya seni rupa. Contoh karya seni rupa yang biasa dipamerkan adalah lukisan, patung dan foto. Tentu bagi mereka yang pernah menyaksikan pameran tersebut, ada banyak hal-hal baru dan sejumlah pertanyaan terhadap berbagai karya yang ditampilkan para seniman dalam pameran itu.

Selain itu di dalam pameran itu tidak semua karya para seniman ditampilkan dari satu daerah atau bahkan seluruh Indonesia. Sebab jika ditampilkan semua maka tentu saja, akan membutuhkan banyak tempat dan tema dengan karya seni rupa juga tidak sesuai.



Apa Itu Pameran Karya Seni Rupa?

Jadi dalam pameran karya seni rupa tersebut terdapat karya dari para seniman yang telah disiapkan dan dipilih sedemikian rupa. Sebab yang dimaksud dengan pameran karya seni rupa adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik perorangan atau kelompok untuk menyampaikan ide gagasan kepada masyarakat lewat seni rupa sehingga pameran itu menjadi alat komunikasi antara apresiator atau penikmat seni.



Dalam pameran, dapat bermanfaat karena menumbuhkan dan menambah kemampuan para seniman serta bagi para penikmat akan memberikan apresiasi terhadap karya orang lain.



Selain itu bagi para penikmat dapat menambah wawasan kemampuan untuk memberikan evaluasi karya secara lebih objektif. Selain itu dengan melihat pameran karya seni rupa bisa mempertebal pengalaman sosial. Sedangkan bagi para seniman akan meningkatkan motivasi dalam berkarya serta semakin meningkatkan manajemen kerja.

Bagaimana Memilih dan Menyiapkan Karya Seni Rupa Untuk Dipamerkan

Namun dalam membuat pameran seni rupa terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan yakni bagaimana memilih dan menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan. Sebab tidak semua karya seni bisa saja memenuhi kriteria acara. Sejalan dengan hal itu, maka pada kali ini penulis akan membahas mengenai bagaimana memilih dan menyiapkan karya snei rupa untuk dipamerkan. Adapun jawaban dari pada topik utama pada kali ini adalah:

    1. Cara memilih karya seni rupa untuk dipamerkan adalah dengan melakukan beberapa teknik pemilihan, seperti pemilihan kualitas karya, pemilihan jenis karya, pemilihan ukuran, dan pemilihan kriteria lain yang sesuai ketentuan panitia pameran.
    2. Cara menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan adalah dengan menentukan satu jenis karya saja atau campuran dari berbagai jenis.

Contoh Memilih dan Menyiapkan Karya Seni Rupa di Pameran

Contoh pada karya dua dimensi. Panitia pameran harus menyediakan tempat untuk menggantung karya-karya tersebut. Sedangkan pameran karya tiga dimensi, panitia pameran harus menyediakan ruangan yang lebih luas agar karya tersebut dapat diperhatikan lebih besar.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul bagaimana memilih dan menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *