Bagaimana Kaktus Menyesuaikan Diri Di Daerah Kering? Ini Jawabannya


Pada umumnya setiap tanaman tumbuh di daerah yang subur dan kaya akan air hujan seperti yang ada di Indonesia. Di negara kita ini, ada banyak sekali varietas tumbuhan yang berkembang dan tersebar dari sabang sampai merauke.

Berbagai hal itu, membuat nama Indonesia terbesar hingga ke penjuru dunia sebagai negara yang akan akan sumber daya alam dan kecantikannya membuat berbagai bunga-bunga dapat tumbuh subur. Lantas bagaimanasih dengan daerah-daerah yang mempunyai suhu sangat dingin dan juga sangat kering seperti yang terdapat di timur tengah yang merupakan negara yang diketahui bersama sebagai negara yang kebanyakan diselimuti oleh padang pasir.

Di daerah tersebut, atau yang berpadang pasir ada beberapa tanaman yang dapat tumbuh seperti yang paling terkenal adalah tumbuhan atau tanaman kaktus. Lantas jika seperti itu, bagaimanasih tanaman kaktus dapat tumbuh di padang pasir sedangkan padang pasir mempunyai air yang sedikit serta daerah yang sangat panas.

Tentu pertanyaan demikian, akan membangkitkan hasrat setiap orang untuk mencari tahun alasan kenapa tumbuhan kaktus dapat tumbuh atau hidup di padang pasir. Bagi penulis sendiri pertanyaan demikian juga menarik untuk dikupas.



Olehnya itu pada kali ini penulis mengangkat judul mengenai “bagaimana kaktus menyesuaikan diri di daerah kering?”. Namun sebelum menjawab mengenai pertanyaan tersebut, tahukah anda seperti apakah yang dimaksud dengan tanaman atau tumbuhan kaktus tersebut?.



Apa itu Kaktus?

Tanaman yang banyak ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun) ini merupakan anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae yang bisa tumbuh dalam waktu yang lama tanpa air. Dalam kata jamak, kaktus disebut kakti. Akar kaktus sangat panjang yang dengan kondisi ini membuat kaktus dapat mencari air dan melebar penyerapannya di dalam tanah.



Air tersebut akan disimpan di batangnya. Selain itu, kaktus mempunyai daun yang bisa menjadi duri sehingga dengan bentuk ini membuat kaktus dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Berdasarkan dari keunggulan-keunggulan ini yang membuat kaktus dapat menjadi jawaban dari pertanyaan bagaimana kaktus menyesuaikan diri di daerah kering.

Bagaimana Kaktus Menyesuaikan Diri Di Daerah Kering?

Alasannya adalah karena sebagian besar bagian kaktus terdiri atas air. Kaktus dapat menyerap dan menyimpan air bahkan selama berbulan-bulan dan juga memanfaatkan embun menjelang pagi. Kebanyakan air tersebut disimpan di dalam batang. Selain itu yang membuat kenapa kaktus bisa menyesuaikan diri di daerah kering karena durinya pada saat malam akan menyerap embun.

Kemampuan dalam menyerap dan menyimpan air inilah keistimewaan tanaman ini sehingga kaktus mampu tumbuh di padang pasir. Tak ada mekanisme semacam ini ditemukan pada jenis tumbuhan lainnya.

Keistimewaan Kaktus Yang Lain

Karena merupakan tanaman yang kaya akan air, tidak jarang apabila seseorang kehausan di padang pasir, akan mencari pohon kaktus. Namun tahukah anda bahwa kaktus juga kerap kali diincar oleh predator. Tapi dengan duri yang dimiliki kaktus membuat tanaman ini dapat bertahan.

Tidak hanya soal durinya saja, kaktus juga membuat hal yang menjadi tidak biasa ketika pada saat panas biasanya air akan menguap, sedangkan air yang terdapat dalam kaktus ternyata tak menguap bahkan tak membuat kaktus menjadi layu. Hal itu karena kaktus dilapisi oleh selaput yang mirip lilin yang fungsinya melindungi air yang tersimpan dalam kaktus tak akan menguap.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bagaimana Kaktus Menyesuaikan Diri Di Daerah Kering? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *