Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Ini 5 Cirinya


Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi – Sebelum membahas tentang Ciri Umum Teks Eksplanasi, tahukah anda bahwa dalam hal apa Teks Eksplanasi dipakai.

Sebagaimana diketahui bahwa teks eksplanasi mempunyai fungsi khusus yang dipakai untuk menyampaikan peristiwa. Peristiwa yang diinformasikan dengan teks eksplanasi bermacam-macam.

Hal itu bisa saja menyangkut mengenai fenomena seperti sosial, alam budaya dll. Sebab pada dasarnya, teks merupakan suatu alat yang bisa dijadikan komunikasi dan mengkomunikasikan sesuatu.

Bedanya dengan berbicara, sangatlah sederhana karena teks dikemas dalam tulisan yang didalamnya terdiri melalui paragram yang sesuai dengan tujuan dari teks atau tema dari teks itu.



Demikian ini, menyentuh dari tujuan teks eksplanasi yang dipakai untuk menjelaskan sebuah peristiwa yang terjadi yang biasa menjawab pertanyaan seputar “mengapa” dan “bagaimana”.



Melalui penjelasan sederhana ini sebelum menjawab tentang Bagaimana Ciri-Ciri Umum Teks Eksplanasi, tahukah anda apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi itu?



Pengertian Teks Eksplanasi

Secara umum, pengertian teks eksplanasi adalah teks yang mempunyai fungsi untuk menjelaskan proses “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa yang berkaitan dengan hal-hal ilmiah, alam, budaya, dan sosial dijelaskan.

Selain itu, ada yang menyebutkan bahwa teks eksplanasi itu adalah teks yang menjabarnya proses dari terjadianya suatu kejadian atau fenomena. Sehingga tidak jarang,

Apabila mengamati lebih dalam mengenai teks eksplanasi ditemukan yang memakai hubungan sebab-akibat dalam penjabarannya. Contohnya saja dalam menjelaskan sebab dan akibat dari gunung meletus, polusi udara,

Atau saat menjelaskan sebab akibat dari suatu terjadinya kecelakaan atau dari suatu mengapa orang itu tampak pucat atau mengapa orang itu nilainya buruk dan masih banyak lagi yang bisa dijelaskan dalam Teks Eksplanasi.

Dengan menggunakan jenis teks ini yakni Teks Eksplanasi, maka akan memudahkan setiap orang dalam memahami akan sesuatu peristiwa. Lantaran dalam penyajian teks eksplanasi dilakukan secara sistematis dan logis serta terstruktur.

Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Ini 5 Cirinya (Foto: Artikelsiana.com
Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Ini 5 Cirinya (Foto: Artikelsiana.com

Bagaimana Ciri Umum Teks Eksplanasi?

Melalui penjelasan diatas secara keseluruhan, maka sangatlah mudah bagi kita semua dalam mengidentifikasi atau mengetahui tentang ciri-ciri umum teks eksplanasi.

Namun apabila kesulitan atau ingin membandingkan dengan ciri-ciri umum teks eksplanasi yang ada dipikiran anda dan penulis, maka penulis menyajikan ciri-ciri umum teks eksplanasi dibawah ini:

  1. Sifatnya informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  2. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  3. Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  4. Menggunakan kata penanda urutan.
  5. Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya.

Demikianlah jawaban mengenai Bagaimana Ciri Umum Dari Teks Eksplanasi? Ini 5 Cirinya. Semoga informasi ini dapat menjawab segala ketidaktahuan tentang teks eksplanasi. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *