Bagaimana Ciri-Ciri Benda Berbentuk 3 Dimensi? Ini Ciri-Cirinya Dalam Seni Rupa

Ciri-Ciri Benda 3 Dimensi – Dalam kesenian atau dalam seni rupa dikenal dengan karya seni rupa 3 dimensi dan karya seni rupa 2 dimensi. Karya seni rupa 3 dimensi tidak dibuat asal-asalan, melainkan seni rupa 3 dimensi ini dibuat dengan hasil yang diharapkan. Setiap teknik memiliki konsep yang bisa membuat hasil karya menjadi berbeda-beda.

Dalam karya seni rupa 3 dimensi dikenal berbagai macam teknik yaitu, teknik mozaik, teknik aplikasi, teknik cor, teknik pahat, dan teknik merakit. Namun apapun teknik yang digunakan, tetap saja unsur-unsur dalam seni rupa tiga dimensi adalah tekstur, bentuk, bidang, garis dan titik.

Selain itu, fungsi dalam seni rupa 3 dimensi pun bermacam-macam, bisa dipakai sebagai sarana religi, sarana rekreasi, sarana belajar, sarana peringatan atau sarana hiasan. Melalui karya seni ini hadir berbagai karya-karya yang bisa dilihat.

Seperti dalam arsitektur dimana terdapat bangunan-bangunan yang berbeda dengan bangun lainnya dan bahkan ada yang menggunakan arsitektur yang bercorak dari barat atau timur atau yang mirip pada zaman dulu. Selain itu ada juga yang menggunakan arsitektur yang bercorak seperti arsitektur futuristik.

Tidak hanya arsitektur, ada banyak karya lagi yang dihasilkan dari penggunaan metode atau konsep karya seni rupa 3 dimensi seperti keramik, patung dan kirya. Namun apabila melihat contoh sederhana dari seni rupa 3 dimensi adalah seperti gelas piring dan apa yang bisa dilihat dari kiri kanan, atas bawah

atau bisa dikatakan bahwa seni rupa 3 dimensi atau apapun yang bertiga dimensi adalah yang bisa dilihat dari segala arah sudut pandang. Berbeda halnya dengan 2 dimensi yang hanya bisa dilihat dari depan saja yang contohnya seperti lukisan yang apabila ingin dilihat hanya bisa dari depan, berbeda dengan pantung yang bisa disaksikan dari berbagai arah.

Begitupula dengan grafis yang walaupun membentuk sesuatu tetapi hanya bisa dilihat dari depan berbeda dengan arsitektur yang karyanya dapat dinikmati dari berbagai arah. Sehingga ada perbedaan mendasar dari seni rupa tiga dimensi dan 2 dimensi. Mengetahui keduanya dapat dengan mengetahui ciri-cirinya, dengan hal itu maka benda berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi dapat diketahui.

Ciri-Ciri Benda Berbentuk 3 Dimensi Adalah?

Bagaimana Ciri-Ciri Benda Berbentuk 3 Dimensi? Ini Ciri-Cirinya Dalam Seni Rupa (Foto: Artikelsiana.com)
Bagaimana Ciri-Ciri Benda Berbentuk 3 Dimensi? Ini Ciri-Cirinya Dalam Seni Rupa (Foto: Artikelsiana.com)

Sesuai dengan topik pada kali ini yang berupa pertanyaan “Bagaimana Ciri-Ciri Benda Berbentuk 3 Dimensi?”. Adapun ciri-ciri benda berbentuk 3 dimensi secara sederhana adalah:

  1. Dapat dilihat dari segala arah sudut pandang
  2. Memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi
  3. Terdapat ruang atau volume pada benda tiga dimensi

Berdasarkan dari penjelasan diatas dan informasi yang dihimpun maka dapat disimpulkan bahwa pengertian atau definisi dari3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.

Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Setiap bangun tiga dimensi memiliki kapasitas, disebut juga dengan volume.

Demikianlah informasi mengenai pertanyaan yang menjadi topik berjudul Bagaimana Ciri-Ciri Benda Berbentuk 3 Dimensi? Ini Ciri-Cirinya Dalam Seni Rupa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *