Bagaimana Caranya Agar Tanaman Teh Dapat Bermanfaat Menahan Erosi? Ini Jawabannya


Siapasih yang tidak mengenal minuman yang bisa diminum oleh banyak usia serta ditanam di hamparan lahan yang besar dan bahkan dirumah pun bisa? yah itu adalah tanaman teh.

Minuman ini juga bisa disajikan panas atau dingin apalagi saat cuaca sedang hujan, maka meminum teh dapat menghangatkan tubuh dan teh. Menanam teh juga tidak sulit, sebab bisa ditanam di pekarangan atau di teras depan rumah sekalipun.

Perlu diketahui bersama, kepopuleran teh sebagai minuman yang baik tidak hanya di Indonesia loh. Minuman ini juga banyak disukai dan disenangi belahan dunia manapun. Tapi memang, di Indonesia menjadi lahan yang subur dalam pertumbuhan teh.

Sebab teh tumbuh di daerah yang ketinggian antara 200-2.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 14-25 derajat celcius. Tentu dibutuhkan curah hujan yang baik sebab teh tidak tahan kekeringan dan menjaga perakaran tanaman teh dengan baik.



Untuk di Indonesia, daerah yang mempunyai perkebunan teh terbesar ada di wilayah pegunungan pulau Jawa dan Sumatera. Kedua daerah ini tempat teh tumbuh subur. Untuk dipulau jawa seperti di daerah Ciwidey dan Bogor (Jawa Barat), Brebes dan Wonosobo (Jawa Tengah), dan Malang (Jawa Timur). Adapun perkebunan teh di Pulau Sumatera antara lain di Simalungan (Sumatera Utara) dan Kerinci (Jambi).



Pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. Jadi, selain berfungsi sebagai bahan minuman, teh juga berfungsi untuk menjaga lingkungan.



Teh adalah sumber daya alam berasal dari tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan. Teh mempunyai ciri seperti daun tunggal yang tersebar berbentuk eliptis dengan pangkal daun meruncing dan tepinya bergerigi.

Perlu diketahui bersama bahwa teh mempunyai bunga berkelamin dua atau hermafrodit. Teh mempunyai kelopak bunga berjumlah 5-6 yang ukurannya tidaklah sama. Tanaman teh sangatlah berkhasiat dengan manfaat yang telah dimanfaatkan sejak dulu. Adapun jenis-jenis tanaman teh seperti teh putih, teh hijau, teh hitam, teh oolong, hingga teh puerh.

Tanaman teh ini dipercaya mampu menjaga kesehatan seperti mencegah dari risiko kanker, stroke, penyakit jantung, hingga menjaga kesehatan kulit. Hal itu karena kandungan yang terdapat dalam teh sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Adapun kandungan yang baik oleh tubuh adalah minyak atsiri, polifenol, fitonutrien, flavonoid, enzim, serta senyawa kafein methylxanthines.

Misalnya soal manfaat teh dalam mencegah kanker, dimana menurut Journal of Cellular Biochemistry bahwa kandungan antioksidan polifenol berfungsi menangkal penyebaran sel radikal bebas penyebab kanker. Secara spesifik bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, payudara dan usus besar.

Selain itu, mencegah stroke dan jantung sebagaimana paparan British Journal of Nutrition yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang bisa memicu aliran darah mencegah tersumbatnya darah penyebab stroke dan jantung.

Tanaman teh juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui senyawa antioksidan dan antimikroba yang mengurangi risiko infeksi akibat virus, parasit dan bakteri. Apalagi soal mencegah pusing dan risiko batu ginjal atau parkinson bagi lansia, teh dapat menjadi solusi untuk mencegahnya.

Bahkan tanaman teh mampu mengurangi jumlah hormon kortisol penyebab stres yang mengandung L-theanine yang mengurangi stres. Selain itu bisa meningkatkan aktivitas insulin dan mempercepat proses oksidasi lemak. Jika memilih jenis teh putih mampu menurunkan risiko osteoporosis bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan pengeroposan tulang.

Bagaimana Caranya Agar Tanaman Teh Dapat Bermanfaat Menahan Erosi?

Berdasarkan penjelasan diatas, maka adapun jawaban dari bagaimana cara agar tanaman teh dapat bermanfaat menahan erosi adalah:

Cara agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi adalah dengan ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bagaimana Caranya Agar Tanaman Teh Dapat Bermanfaat Menahan Erosi?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *