Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua & Guru? Ini 18 Penjelasannya


Cara Menghormati Orang Tua & Guru – Berbakti kepada kedua orangtua wajib kita laksanakan kepada ibu dan bapak kita masing-masing, dan hendaknya hal ini masuk dalam prioritas yang pertama, sebelum kita berbuat baik kepada orang lain, kecuali Nabi Muhammad SAW. Berbuat baik di sini mengandung makna yang luas, seperti perkataan, perbuatan dan lain sebagainya.

Selain berbakti kepada orang tua, ada juga bentuk penghormatan terhadap guru. Bagi seorang anak, orang tua adalah yang utama untuk dihormati. Tidak jarang banyak anak yang mencari berbagai cara dalam menghormati ayah dan ibunya. Begitupula bagi seorang pelajar siswa atau murid yang harus menghormati guru yang menjadi orang tuanya disekolah.

Dengan berbakti kepada orang tua dan guru, terkadang apa yang dirasakan setiap saran dan nasehatnya dapat dengan mudah untuk dipahami dan dirasakan dalam hati. Sebab setiap apa yang disampaikan oleh orang tua dan guru, pada dasarnya bentuk ucapan yang untuk setiap anak dan siswa agar tersentuh hatinya.

Lihatlah mengapa banyak anak yang berprestasi bisa dilihat dari keakrapannya dengan orang tuanya dan guru-gurunya. Bahkan tidak sedikit anak yang telah beranjak dewasa masih mengetahui guru pada saat bersekolah. Itu adalah salah satu bentuk atau contoh menghormati guru yang karena melekatnya nama guru itu dalam ingatan siswa sehingga pada saat dewasa, susah untuk dilupakan.

Apalagi dengan apa-apa yang diajarkan oleh gurunya, masih dapat diingat sebab telah tertatanam erat dalam akal dan hati oleh siswa atau muridnya. Inilah manfaat mengapa setiap anak perlu untuk menghormati guru di sekolahnya dan dimanapun itu. Sebenarnya untuk mencari cara dalam menghormati tidaklah susah begitupula ketika ingin menghormati orang tua.

Persoalan yang membuat mengormati orang tua dan guru itu susah, karena pembelajaran yang didapatkan sifatnya pada perintah bukan untuk memahamkan para anak dan siswa saat masih kecil. Hal itu terus dialami hingga dianggap sebagai sesuatu yang tidak mengenakkan bagi anak dan siswanya.

Maka perintah yang bercampur dengan nasehat namun dengan metode yang keliru, membuat berbagai bentuk nasehat itu tidaklah berarti lagi, membuat sikap dan perilaku untuk mengormati guru dan orang tua sulit untuk terwujud. Maka dari itulah, perlu pembelajaran yang tinggi dalam mendidik anak saat masih kecil.

Karena apabila demikian, dimana banyak anak dan siswa/murid seperti diera saat ini yang berani melawan orang tua dan guru. Tidak sedikit berita di media nasional dan lokal yang memberitakan mengenai kurangnya penghormatan anak/murid kepada orang tua atau gurunya. Bahkan ada murid yang berkelahi dengan gurunya. Sungguh sikap tidak terpuji yang dilakukan oleh anak dan siswa itu.

Akan tetapi, mau diapa tetap saja ini merupakan tanggung jawab bagi orang tua dan guru dalam mencari cara untuk mengubah sikap seorang anak dan siswanya untuk menghormatinya.

Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua & Guru?

Inilah mengapa menghormati orang tua dan guru sangat penting. Sebenarnya, untuk cara-cara menghormati orang tua dan guru tidaklah sulit. Adapun cara-cara bagaimana menghormati orang tua dan murid adalah:

Cara Menghormati Orang Tua Adalah? 

Berdasarkan dari informasi yang dihimpun penulis, setidaknya terdapat 12 point. Adapun cara-cara mengormati orang tua itu adalah:

  1. Mengikuti keinginan dan saran dari orang tua dalam berbagai aspek kehidupan, baik masalah pendidikan, pekerjaan, jodoh maupun masalah lainnya. Tentu dengan catatan selama keinginan dan saran-saran itu tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
  2. Menghormati dan memuliakan kedua orang tua dengan penuh rasa terima kasih dan kasih sayang atas jasa-jasa keduanya yang tidak mungkin bisa dinilai dengan apapun.
  3. Membantu ibu bapak secara fisik dan materil.
  4. Meminta izin kepada orang tua sebelum berjihad dan urusan yang lainnya.
  5. Membuat keduanya ridho dengan berbuat baik kepada orang-orang yang dicintai mereka.
  6. Memenuhi sumpah kedua orang tua.
  7. Tidak mencela orang tua dan menyebabkan mereka dicela orang lain.
  8. Mendahulukan berbakti kepada ibu daripada kepada ayah.
  9. Mendoakan ibu bapak semoga diberikan keampunan dan rahmat dari Allah.
  10. Berbaktidan merendahkan diri dihadapan kedua orang tua.
  11. Berbicara dengan lembut dengan mereka.
  12. Menyediakan makanan untuk orang tua.

Cara Menghormati Guru Adalah?

Begitupula dengan cara menghormati guru, terdapat beberapa sikap dan tindakan yang bisa anda lakukan kepada guru. Adapun cara menghormati guru adalah:

  1. Memberi salam ketika bertemu dengan guru adalah tindakan penting dalam memberikan penghormatan kepada guru bisa dengan mengucapkan salam dimanapun bertemu baik itu diluar sekolah.
  2. Bersikap lemah lembut terhadap guru untuk memberi kasih sayang, perhatian, pendidikan, pengajaran dengan penuh keikhlasan sebagai bentuk rasa hormat terhadap guru tanpa mengharap imbalan apapun.
  3. Menaati perintah guru sama dengan menaati perintah orang tua. Sikap ini adalah cara menghormati yang manfaatnya akan juga bagi diri anda karena mampu menyelesaikan apa yang diperintahkan oleh guru.
  4. Memperhatikan guru saat mengajar saat berlangsung proses belajar adalah cara menghormati guru pada tugasnya untuk mendidik anda. Sehingga tidak boleh berperilaku seperti tidur, cerita kepada teman sesama, atau bahkan bermain game. Karena menghormati guru dengan memperhatikannya, manfaatnya jatuh ke anda juga.
  5. Mendengarkan nasihat guru sangatlah baik karena guru adalah orang tua di sekolah yang mengajarkan soal etika dan moralitas yang penting ketika berada di lingkungan di luar sana yang keras.
  6. Mencium tangan guru ketika bertemu bentuk penghormatan kepada guru yang kini sudah jarang dilakukan, karena dampak dari zaman modern. Padahal, ini berpengaruh keakraban seorang siswa kepada guru.
  7. Selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik sebab apa yang diberikan guru anda adalah bermanfaat bagi anda sendiri baik dari segi nilai dan juga saat mengikuti tes ke jenjang selanjutnya.
  8. Mengucapkan terimakasih adalah salah satu bentuk penghormatan kepada guru yang besar, berkat dirinya sehingga banyak anak-anak Indonesia yang bisa mengharumkan nama baik Indonesia dikancah internasional dan memajukan negara ini.

Demikianlah informasi mengenai pertanyaan Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua & Guru? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *