Bagaimana Cara Melakukan Start Jongkok Yang Baik & Benar? Ini Penjelasannya


Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang wajib bagi setiap orang baik yang berada di bangku sekolah dasar, dan yang telah dewasa sekalipun. Hal itu lantaran, pendidikan ini berperan dalam membina tubuh agar tetap sehat secara jasmani dan rohani, secara fisik dan batin.

Selain itu, dalam pendidikan ini juga melatih setiap orang untuk mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis melalui aktivitas jasmani. Salah satu pendidikan jasmani adalah olahraga atletik. Olahraga ini adalah olahraga tertua didunia, dan disebut sebagai ibu dari seluruh cabang olahraga, karena semua olahraga pasti bersumber dari jalan, lari, lempar, dan lombat.

Olahraga ini sejak dulu ada, dan berasal dari Yunani yang membuatnya pertama kali disebut dan dikenal dengan istilah Athlon. Arti dari kata ini adalah pertandingan atau perjuangan. Melihat dari arti kata tersebut, maka yang terbesit dalam pikiran kita adalah seberapa berjuangkah dalam pertandingan ini dan apa saja yang akan dipertandingkan.

Salah satu pertandingan atletik adalah lari. Lomba ini tidak seperti lari biasanya karena pada pertandingan ini terdapat berbagai macam gerak, teknik, aturan, jarak dan langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai teknik dasar dalam melakukan pertandingan lari. Dengan penguasaan gerak dasar merupakan faktor yang utama yang menentukan keberhasilan setiap orang.



Penguasaan gerak dasar start dalam lari lari merupakan salah satu unsur pokok dalam lari khususnya lari jarak pendek dalam hal ini adalah start Jongkok merupakan ukuran keberhasilan melakukan star yang baik dan benar dapat berpengaruh terhadap kemampuan mencapai garis finish. Selain dari pada start jongkok juga terdapat start Berdiri (Standing Start), Start Melayang (Flying Start). Membahas mengenai Start Jongkok, adalah teramat penting.



Sebab jika setiap orang memahami bagaimana cara melakukan start jongkok, mulai langkah demi langkah atau step by step maka keberhasilan untuk mencapai garis finish dengan cepat dan tepat adalah hal yang memungkinkan untuk dicapai. Maka dari itu, adapun penjelasan mengenai seperti apa itu start jongkok dan bagaimana cara melakukan start jongkok tersebut dijelaskan dibawah ini:



Apa Yang Dimaksud Dengan Start Jongkok?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Start Jongkok atau Crouch Start adalah salah satu jenis awalan dalam lomba atletik lari, seperti lari jarak pendek dan menengah yang digunakan untuk jarak lintasan 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Bahkan untuk Start Jongkok ini sering juga dipakai untuk lari gawang dan estafet.

Perlu diketahui bersama bahwa start ini sesuai dengan namanya, dilakukan dengan posisi atlet berjongkok. Posisi ini tidak asal jongkok saja dalam melakukan teknik demikian, akan tetapi dalam tekhnik ini terdapat beberapa tahap atau langkah yang dilakukan agar dalam start jongkok memberikan tolakan yang berarti bagi pelari agar membuat mereka bisa berlari kencang. Bahkan, energi tolakan yang diberikan pada awalan ini lebih besar jika dibandingkan dengan teknik awalan lain.

Terdapat tiga posisi dalam start jongkok yaitu start pendek, start menengah dan start panjang. Posisi ini bergantung dari pada jarak antara kaki depan dan juga belakang saat melakukan start jongkok. Akan tetapi, terdapat posisi yang paling banyak digunakan oleh para atlit dalam hal ini adalah posisi start menengah.

Bagaimana Cara Melakukan Start Jongkok?

Adapun tata cara dalam melakukan start Jongkok yang baik dan benar agar mendapatkan pengaruh yang maksimal kepada atlet adalah:

    1. Kedua kaki diletakkan pada balok tolakan depan dan belakang.
    2. Posisi badan condong kedepan dan kedua jari-jari telapak tangan diletakkan di lantai di belakang garis start.
    3. Lutut kaki belakang berada sejajar dengan jari-jari kaki depan atau bahkan didepan jari-jari kaki depan.
    4. Pandangan lurus ke lintasan.
    5. Berat badan berada dikedua tangan.
    6. Pada aba-aba siap memindahkan berat badan ke depan.
    7. Aba-aba “ya” atau bunyi pistol secara reflek dan cepat melesat bertolak ke depan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bagaimana Cara Melakukan Start Jongkok Yang Baik & Benar? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *