Bagaimana Cara Kita Menghindari Narkoba? Ini Jawabannya


Dewasa ini semakin lama, semakin banyak hasutan dan rayuan untuk jatuh pada konsumsi obat-obatan. Hal itu karena beban hidup dan gaya hidup yang jauh dari ketenangan membuatnya terjerumus dari apa yang dinamakan narkoba.

Tidak sedikit orang yang mengkonsumsi narkoba mulai dari mereka masyarakat biasa hingga kalangan artis dan bahkan dari kalangan yang justru menjadi tauladan untuk menghindari narkoba justru terjebak dalam narkoba.

Bukti-bukti tersebut bisa kita saksikan bersama di berbagai media online dan di sosial media dimana banyak dari kalangan pejabat, keluarga pejabat dan juga dari aparat yang mengkonsumsi narkoba, apalagi dari kalangan pelajar pun juga sudah banyak mengkonsumsi narkoba.

Olehnya itu diperlukan suatu cara bagaimana kita menghindari narkoba yang sebenarnya sudah ada banyak tips dan trik yang bisa dilakukan tetapi hanya saja cara menghindari narkoba tersebut dianggap biasa-biasa saja atau dianggap enteng oleh sebagian orang dan pada akhirnya setelah terjebak dan tertangkap barulah ia menyadari betapa pentingnya tips tersebut.

Perlu diketahui bersama bahwa narkoba tidak memandang siapapun orang tersebut, narkoba dapat menghampirimu mau dari kalangan pejabat, masyarakat biasa, aparat, dan dari agamawan pun dapat terkena narkoba.

Data Penyalahgunaan Narkoba

Narkoba juga tidak memandang usia, mau dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan bahkan orang tua sekalipun jeratan tentang penyalahgunaan narkoba bisa saja terjadi. Bahaya narkoba di negara kita sendiri, sudah sangat berbahaya karena dari data yang dilaporkan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa penyalahagunaan narkoba meningkat 0,03% pada 2019 dibandingkan 2017.

Dengan kata lain, pada 2019, tercatat ada 3,6 juta pengguna narkoba, 63% di antaranya pengguna ganja. Dari angka 3,6 juta pengguna narkoba, 70% di antaranya adalah masyarakat dalam usia produktif, yakni 16-65 tahun.

Berbahayanya narkoba karena dapat menyebabkan ketergantungan karena dapat mengganggu sistem syaraf pusat dan bisa saja menyebabkan gangguan fisik, jiwa, sosial dan keamanan. Kerugian yang diakibatkan pun juga bisa sangat besar karena bagi diri pengkonsumsi mengalami perubahan prilaku yang signifikan.

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Dari yang awalnya normal-normal saja, namun setelah melakukan penyalahgunaan narkoba akan menjadi lebih pemuruh, pemarah, dan dapat mengsingkan diri dengan kondisi sekitar serta dapat menyakiti diri sendiri akibat gejala ketergantungan.

Tidak hanya dampak penyalahagunaan narkoba saja yang akan dihadapi oleh pemakai dan yang mengkonsumsinya, tetapi juga penyakit menular yang berbahaya karena selain berdampak pada kesehatan tubuh, kelangsungan hidup serta beban keuangan yang sangat besar untuk pengobatan lanjutan.

Apalagi jika melihat dari kerugian yang akan dihadapi oleh keluarga dan juga masyarakat setempat tentu sangatlah besar mulai dari dampak ekonomi dan dmapak sosial. Sehingga bukan hanya penyalahagunaan narkoba yang akan merasakan dampaknya tetapi juga keluarga juga akan malu dan merasa tertutup dan bahkan menyebabkan keretakan hubungan antar keluarga didalamnya.

Hingga jika ini terus berlarut-larut dapat menyebabkan kerugian besar bagi suatu daerah dan bagi bangsa Indonesia, sebab dapat merusak generasi penerus bangsa dan menyebabkan cacatnya 1 generasi Indonesia yang dapat mengancam regenerasi para pemimpin dan penggerak bangsa ini.

Bagaimana Cara Kita Menghindari Narkoba? 

Upaya pemberantasan narkoba sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja dan dewasa, bahkan anak ± anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak ± anak adalah pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi penyalahgunaan narkoba.

Tetapi selain itu, diperlukan cara menghindar narkoba untuk setiap orang termasuk kita dan adapun cara kita menghindari narkoba adalah:

    1. Memilih lingkungan pergaulan yang baik.
    2. Melakukan berbagai kegiatan positif, seperti belajar ataupun berolahraga.
    3. Gunakan waktu luang untuk bersantai bersama keluarga, belajar, berolahraga ataupun melakukan kegiatan positif lainnya.
    4. Mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh.
    5. Jika memiliki permasalahan, jangan gunakan narkoba sebagai pelarian atau jalan keluarnya.
    6. Jangan pernah mencoba menggunakan narkoba atau narkotika, kecuali untuk alasan pengobatan serta terapi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bagaimana Cara Kita Menghindari Narkoba? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *