Bagaimana Bentuk Latihan Yang Benar Untuk Meningkatkan Kelentukan Otot Pinggang


Kemajuan olahraga pada abad ini semakin pesat hingga kegunaannya sanagt penting untuk kehidupan masyarakat. Hal itu karena olahraga merupakan aktivitas manusia untuk mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani.

Itu terjadi karena dalam olahraga terdapat kegiatan fisik yang mengandung sifat permainan yang berjuang untuk bertahan, dan melawan diri sendiri dari kelelahan dan lain-lainnya.

Dengan pengembangan olahraga maka terjadi peningkatan kualitas manusia yang dampaknya akan menentukan watak keperibadian, displin dan sportifitas yang tinggi untuk meningkatkan prestasi.

Pentingnya olahraga telah menjadi progesi untuk mencukupi kebutuhan seperti kompetisi-kompetisi yang terjadi. Selain itu, olahraga juga begitu penting karena menjaga keseimbangan antara perkembangan jiwa dan raga serta keselarasan antara perkembangan kecerdasan otak dan keterampilan jasmani.

Walaupun menunjang aktifitas kehidupan sehari-hari, tetapi kebugaraan jasmni setiap orang berbeda-beda sesuai dengan apa yang dikerjakan masing-masing. Namun satu hal yang pasti bahwa seseorang yang mempunyai kebugaran jasmani yang baik adalah mereka yang sanggup untuk melakukan pekerjaan efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang begitu berarti.

Sehingga mereka yang mempunyai kebugaran jasmani yang baik masih mempunyai sisa tenaga yang dapat digunakan untuk waktu luang dan mengerjakan tugas-tugas mendadak lainnya.

Apa itu Kelentukan?

Secara umum yang dimaksud dengan Kelentukan atau flexibility adalah sebagai kemampuan seseorang untuk mengeerakkan tubuh atau bagian-bagian dalam satu ruang gerak yang seluas-luas mungkin, tanpa mengalami cedera pada persendian dan otot sekitarnya persendian.

Menurut Irwadi (2014) bahwa kelentukan adalah kemampuan tubuh untuk melakukan latihan-latihan dengan amplitudo gerakan yang besar atau luas. Kelentukan (fleksibilitas) adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerak melalui ruang gerak sendi atau ruang gerak tubuh secara maksimal tanpa dipengaruhi oleh suatu paksaan atau tekanan.

Dengan latihan kelentukan tersebut dipengaruh dari elastitas otot, jenis sendi, struktur tulang, jaringan sekitar sendi, tendon dan ligamen yang terjadi di sekitar sendi dan sendi itu sendiri. Sebab dengan latihan kelentukan yang baik maka dapat membuat berbagai otot dalam tubuh menjadi baik dan sehat serta elastis sehingga tidak mudah cedera.

Seperti halnya dalam latihan kelentukan otot pinggang yang tentu terdapat bentuk-bentuk latihan tertentu yang dilakukan untuk membentuk kelentukan otot pingangg. Sejalan dengah hal itu, pada kali ini penulis akan memaparkan bagaimana bentuk latihan yang benar untuk meningkatkan kelentukan otot pinggang seperti yang ada dibawah ini:

Bagaimana Bentuk Latihan Yang Benar Untuk Meningkatkan Kelentukan Otot Pinggang

Adpaun jawaban mengenai bentuk latihan yang baik, benar dan tepat untuk meningkatkan kelentukan otot pinggang adalah:

    1. Latihan mencium lutut dalam posisi duduk pada gerakan senam lantai yang ditujukan untuk melatih kelenturan otot punggung.
    2. Latihan mencium lutut dalam posisi berdiri pada gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih kelenturan otot punggung dan pinggang.
    3. Latihan mencium lantai pada posisi duduk dengan kaki terlentang pada gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih kelenturan otot punggung dan pinggang.
    4. Latihan berbaring kangkang yang bertujuan untuk melatih kelentukan otot pinggang.
    5. Latihan kayang yang bertujuan untuk melatih kelentukan otot perut, punggung, dan pinggang.
    6. Latihan sikap cobra yang dalam senam dapat dilakukan untuk melatih kelenturan otot pinggang.
    7. Latihan splits yang sangat penting digunakan untuk melatih kelenturan otot selangkangan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Bagaimana Bentuk Latihan Yang Benar Untuk Meningkatkan Kelentukan Otot Pinggang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *