Apa Asas-Asas Wawasan Nusantara? Ini 6 Asasnya

Asas Wawasan Nusantara – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ditengah keberagaman membutuhkan perekat untuk menjaga keutuhan negara saat ini. Hal itu tidak lepas dari pengaruh lingkungan yang didasarkan pada pengaruh lingkungan seperti filosofi bangsa, ideologi, aspirasi, dan cita-cita yang diperhadapkan pada kondisi sosial masyarakat, budaya dan tradisi, keadaan alam dan wilayah serta pengalaman sejarah.

Upaya pemerintah dan rakyat menyelenggarakan kehidupannya, membutuhkan konsepsi yang terdiri dari Wawasan Nasional yang dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup, keutuhan wilayah serta jati diri. Lantas demikian, seperti apasih yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara? 

Secara etimologis, Pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang terhadap kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua yaitu asia dan australia dan dua samudra yaitu samudra hindia dan samudra pasifik. Istilah wawasan nusantara berasal dari kata Wawas (Bahasa Jawa)  yang artinya “pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi”, dan kemudian ditambahkan akhiran-an, sehingga arti wawasan adalah cara pandang, cara tinjau, cara melihat.

Sedangkan kata Nusantara terdiri dari dua kata yaitu nusa yang berarti “pulau atau kesatuan kepulauan” dan antara yang berarti “letak antara dua unsur yaitu dua benua dan dua samudra”. Sehingga arti dari kata nusantara adalah kesatuan kepulauan yang terletak dari dua benua yaitu asia dan australia dan dua samudra yaitu samudra hindia dan pasifik.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian wawasan nusantara secara umum adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografisnya menurut pancasila dan UUD 1945 dalam mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Pada dasarnya, hakikat wawasan nusantara merupakan hakikat yang selalu utuh dengan menyeluruh dalam lingkup nusantara untuk kepentingan nasional, tanpa menghilangkan kepentingan lainnya seperti kepentingan daerah, golongan, dan perorangan.

Olehnya itulah wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggaraan Negara di pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, wawasan nusantara bertujuan dalam mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah. Kepentingan tersebut tetap dihargai agar tidak bertentangan dari kepentingan nasional.

Apa Asas-Asas Wawasan Nusantara? Ini 6 Asasnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Asas-Asas Wawasan Nusantara? Ini 6 Asasnya (Foto: Artikelsiana.com)

Asas-Asas Wawasan Nusantara

Asas wawasan nusantara adalah ketentuan dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara demi mewujudkan ketaatan dan kesetiaan kepada setiap komponen atau unsur pembentuk bangsa Indonesia (golongan/suku) terhadap kesepakatan (commitmen) bersama. Macam-macam asas wawasan nusantara adalah kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerja sama dan kesetiaan terhadap kesepakatan.

1. Kepentingan Yang Sama

Sebagaimana sejarah kemerdekaan yang dipersatukan karena kepentingan bersama menghadapi bangsa asing, kini Indonesia harus menghadapi adu domba dan pecah belah yang membahayakan bagi integrasi nasional.

2. Keadilan

Dalam hal ini asas wawasan nusantara diartikan sebagai kesesuaian pembagian hasil secara adil. Sesuai jerih payah usaha dan kegiatan baik orang perorang, golongan kelompok maupun daerah.

3. Kejujuran

Disini asas wawasan nusantara berarti harus mempunyai keberanian berpikir, berkata, dan bertindak sesuai realita demi kemajuan bangsa dan negara.

4. Solidaritas

Selain itu asas wawasan nusantara dalam hal ini Solidaritas berarti diperlakukannya rasa setia kawan, mau memberi dan berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing.

5. Kerja Sama

Dalam asas ini berarti terdapat koordinasi yang didasarkan atas kesetaraan sehingga tercipta sinergi yang lebih baik.

6. Kesetiaan Terhadap Kesepakatan

Pada asas ini berlandaskan dari sejarah berdirinya bangsa atas kesepakatan bersama dari pemuda dan golongan tua. Sehingga dibutuhkan kesetiaan terhadap kesepakatan bersama.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Asas-Asas Wawasan Nusantara? Ini 6 Asasnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *