Asal Pewarna Sintetis Adalah? Ini Arti & Ciri-Cirinya


Pewarna Sintetis – Untuk membuat benda atau sesuatu hal menjadi indah dan tanpa cantik adalah dengan membuatnya terlihat rapih, bersih dan memiliki bentuk yang enak dipandang. Mendapatkan hal itu ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh manusia seperti memberinya perhiasan atau pernak-pernik dan juga bisa dengan memberikan sebuah zat pewarna.

Berbicara soal zat pewarna, zat ini bisa membuat suatu benda agar terlihat indah dan cantik. Sebab dengan memberikan warna yang berkilau dan cerah, pasti semua orang akan senang melihatnya. Siapa didunia ini yang tidak senang ketika melihat sesuatu yang berwarna apalagi dalam produk pangan. Warna merupakan salah satu aspek penting dalam hal penerimaan konsumen terhadap suatu produk pangan. Warna juga turut mempengaruhi persepsi akan rasa.

Selain itu perlu diketahui bersama bahwa warna dalam bahan pangan dapat menjadi ukuran terhadap mutu, warna juga dapat dipakai sebagai indikator kesegaran atau kematangan. Inilah fungsi dan tujuan zat pewarna, sebab jika tidak diberikan maka suatu benda itu akan terlihat biasa saja dan terlihat lesuh. Apabila berbicara dalam bisnis, maka produk atau benda tersebut tidak akan laku dipasaran. Sehingga itulah mengapa dibutuhkan peran zat pewarna bagi industri kecil dan industri besar sekalipun.

Berdasarkan sejarahnya, pemakaian zat warna diketahui telah dilakukan sejak berabad-abad seiring dengan perkembangan peradaban manusia yaitu sejak masa prasejarah hingga kini. Diketahui untuk jenis zat warna yang dipakai biasanya berasal dari sumber alam seperti batu-batuan, mineral, hewan, mikrobia dan tumbuh-tumbuhan (Laren, 1986). Zat warna dalam tumbuhan tersebar hampir dalam semua jaringan tumbuhan mulai dari bunga, buah, kulit, kayu, daun, akar dan biji.



Kulit kayu bakau dapat menghasilkan warna merah kecoklatan pada kulit hewan; biji pinang (Areca catequ) menghasilkan warna coklat muda; daun gambir (Uncaria gambir) menghasilkan warna coklat; kulit kayu akasia (Acacia decureus Wild) menghasilkan warna coklat muda; kulit buah manggis (Garcinia mangostana L) menghasilkan warna coklat kemerahan. Pewarna dengan zat warna alam mulai tergeser dengan ditemukannya zat warna sintetis, karena penggunaannya yang lebih praktis dan efisien. Apasih yang dimaksud dengan pewarna sintetis itu?



Pengertian Zat Pewarna Sintetis

Secara umum, yang dimaksud dengan Zat Pewarna Sintetis adalah zat yang menggunakan zat kimia sebagai proses pembuatannya yang melibatkan reaksi kimia. Terkadang dalam proses pembuatannya zat pewarna sintetis biasanya melalui penambahan asam sulfat atau asam nitrat yang biasa tercampur logam berat yang membuatnya beracun. Dalam zat pewarna sintetis itu sifatnya beracun karena sering kali terkontaminasi oleh arsen atau logam berat lain yang bersifat racun.



Pewarna buatan atau pewarna sintetis adalah bahan kimia yang dengan sengaja ditambahkan pada makanan atau suatu benda karena hal tertentu. Biasanya industri kecil atau besar memberikan tambahan warna yang diinginkan karena warna semula hilang selama proses pengolahan atau karena seseorang menginginkan adanya warna tertentu. Pewarna buatan terbuat dari bahan kimia seperti tartazin untuk warna kuning, bliliant blue untuk warna biru, alurared untuk warna merah.

Ciri-Ciri Zat Pewarna Sintetis

Adapun ciri-ciri zat pewarna sintetis adalah:

    1. Warna membekas
    2. Biasanya menimbulkan bau menyengat
    3. Memakai bahan kimia
    4. Memiliki kekuatan mewarnai yang lebih kuat,
    5. Warnanya lebih seragam, stabil, dan biasanya lebih murah.

Asal Pewarna Sintetis

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa asal pewarna sintetis atau buatan adalah:

Asal pewarna buatan adalah berasal dari zat kimia yang melalui reaksi kimia untuk membentuknya. Pewarna buatan terbuat dari bahan kimia seperti tartazin untuk warna kuning, bliliant blue untuk warna biru, alurared untuk warna merah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Asal Pewarna Sintetis Adalah? Ini Arti & Ciri-Cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *