Apa Arti Dari Rasa Cinta Tanah Air? Ini Ciri & Contoh Sikapnya


Arti Dari Rasa Cinta Tanah Air – Cinta Tanah air dan bangsa adalah kebanggaan yang setinggi-tingginya kepada tanah air dan bangsa. Sikap cinta tanah air yang dilakukan akan bertujuan membuat seseorang untuk sekuat tenaga mengharumkan tanah air dan bangsa. Cinta tanah air bisa didefinisikan sebagai cara berpikir, bersikap, dan berbuat dengan menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang sebesar-besarnya terhadap bangsa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan politik bangsa.

Bisa dikatakan bahwa semangat cinta tanah air adalah sebagai patriotisme. Sedangkan rasa cinta terhadap bangsa bisa dikatakan sebagai nasionalisme. Mengembangkan perilaku untuk cinta tanah air dan bangsa adalah upaya bagi setiap rakyat Indonesia untuk mewujudkan butir-butir yang terdapat dalam pancasila.

Kandungan cinta tanah air dalam Pancasila itu tertuang dalam sila ke tiga yakni persatuan Indonesia. Maknanya adalah dimana sebagai warga Indonesia harus mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa sebagai pengamalan kepada Pancasila. Dalam sejarah Indonesia, tidak sedikit pejuang-pejuang yang rela berkorban untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bahkan darah dan seluruh harta menjadi taruhan agar Indonesia bisa merdeka. Sikap-sikap perjuangan ini adalah idealisme yang setinggi-tingginya yang dimiliki oleh para pejuang Indonesia untuk kemerdekaan indonesia melawan penjajah saat itu. Hingga pada 17 Agustus 1945, para pejuang berhasil mewujukan kecintaannya kepada Indonesia dengan kemerdekaan tersebut. Ini adalah bukti nyata sikap kecintaan terhadap tanah air.

Namun, pergeseran akan kecintaan terhadap tanah air semakin hari semakin surut hingga sekarang ini. Perilaku cinta tanah air semakin berkurang dimiliki oleh para pemuda, pelajar dan masyarakat pada umumnya. Terlihat dimana saat Indonesia merdeka, dan berganti rezim orde baru, timor-timor yang sekarang ini disebut sebagai Timor Leste merupakan wilayah NKRI. Namun karena terdapat konflik, beberapa oknum mengkhianati perjuangan lelulur dan memisahkan diri dengan NKRI.



Apa Arti Dari Rasa Cinta Tanah Air? Ini Ciri & Contoh Sikapnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Arti Dari Rasa Cinta Tanah Air? Ini Ciri & Contoh Sikapnya (Foto: Artikelsiana.com)

Hal serupa sering terjadi, dimana rakyat Indonesia ketika diperhadapkan dengan isu SARA maka kecintaan terhadap tanah air akan luntur. Seakan perilaku cinta terhadap tanah air mudah kalah akibat isu perbedaan-perbedaan yang dimiliki Indonesia. Padahal arti cinta tanah air bisa bermakna mencintai perbedaan yang dimiliki Indonesia, mencintai berbagai suku dan budaya Indonesia, mencintai berbagai manusia dengan ragam perilaku Indonesia, dan mencintai kebijakan pemerintah untuk keutamaan rakyat.



Maka dari itu, dibutuhkan upaya dan usaha yang besar agar faktor-faktor atau unsur-unsur yang bisa melunturkan rasa kecintaan terhadap tanah air harus dihilangkan dengan segala cara. Hal itu dibutuhkan kesadaran kolektif antara pemerintah dan masyarakat antara masyarakat lainnya. Namun, dalam beberapa kondisi kecintaan tanah air, tidak hanya tentang mendukung sepenuh hati berbagai kebijakan pemerintah, namun kecintaan tanah air bisa saja berbentuk tentang mengkritik kebijakan yang dimiliki pemerintah. Sebab tujuan mengkritik pemerintah adalah untuk kebaikan negeri ini.



Tapi beberapa kalangan masih menganggap bahwa sikap kritikan tersebut adalah bentuk ketidakcintaan terhadap tanah air. Persoalan arti cinta tanah air memang dalam beberapa sisi masih ada saja yang sulit untuk memahaminya. Maka dari itu, penulis akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan cinta tanah air, beserta ciri dan contoh perilakunya.

Pengertian Cinta Tanah Air Adalah? 

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Cinta Tanah Air Adalah sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa bangga, setia, peduli dan penghargaan yang tinggi terhadap  bahasa, budaya, politik dan sebagainya, sehingga tidak mudah menerima tawaran bangsa lain yang dapat merugikan bangsa sendiri.

Pengertian Cinta Tanah Air (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Cinta Tanah Air (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Sikap Cinta Tanah Air 

Cinta tanah air adalah perasaan cinta terhadap bangsa dan negara yang tertanam dalam sanubari setiap orang yang dibuktikan dengan aksi, perilaku dan tindakan nyata untuk menjaga NKRI. Maka dari itu, adapun perlakuan-perlakuan tersebut dapat disimpulkan dengan ciri-ciri sebagaimana yang ada dibawah ini:

  1. Memakai produk dalam negeri
  2. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan tanah air
  3. Belajar mengenai sejarah bangsa
  4. Setia dan taat akan peraturan perundang undangan yg berlaku
  5. Rela berkorban demi bangsa dan negara
  6. Menjaga budaya dan lingkungan Indonesia
  7. Bangga sebagai bangsa indonesia
  8. Turut serta berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang membangun negara
  9. Tidak mau kalah dengan bangsa asing dalam segala hal

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Arti Dari Rasa Cinta Tanah Air? Ini Ciri & Contoh Sikapnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *