Arti Khulafaur Rasyidin Menurut Bahasa & Istilah Adalah? Ini Definisinya


Pengertian Khulafaur Rasyidin Adalah – Dalam khazanah Islam, terdapat sistem pemerintahan yang dikenal dengan khilafah. Ini pertama kali dipakai saat Abu Bakar menjabat setelah Nabi Muhammad SAW meninggal dunia. Saat itu, Abu Bakar berpidato menyebut dirinya sebagai khalifah Rasulillah yang dalam pengertiannya adalah pengganti Rasulullah dalam mengurus bidang kenegaraan.

Perkembangan terus terjadi, hingga konsep khilafa menjadi ciri dari golongan sunni. Dalam tata cara pengangkatan khalifah melalui ijma atau konsensus dan bersumpah kepada umat dan berpegang teguh kepada syariah.

Menurut pendapat dari Dawan Raharjo, khalifah adalah kepala negara dalam pemerintahan Islam. Ini adalah istilah yang ada dalam al-Qur’an. Walaupun dalam al-Qur’an mempunyai banyak arti.

Maka dari itu, kata yang mengandung istilah pengertian khalifah tidak bisa dijadikan sebagai dasar hukum tentang wajib atau tidakkah mendiringkan sutau khilafah atau kekuasaan politik yang memakai khalifah.



Khalifah adalah fungsi yang diemban manusia menurut amanat dari Allah SWT untuk mengelola bumi secara tanggungjawab dan menggunakan akal. Dalam sejarah, selain abu bakar terdapat khalifah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yaitu Umar bin Khattab (634 – 644 M), Utsman bin Affan (644 – 655 M) Ali bin Abi Thalib (655 – 661 M) secara berurutan.



Dari keempat khalifah tersebut terdapat istilah yang merangkum keempat khalifah yang diakui yang dikenal dengan khulafaur rasyidin. Istilah ini sebenarnya tidaklah asing terdengar ditelinga kita, sebab bagi umat Islam dari kecil telah diajarkan mengenai sejaran dan biografi dari khulafur rasyidin.



Selain itu, sebelum terdapat khulafaur rasyidin, kisah-kisah rasulullah SAW juga nama-nama mereka selalu hadir dalam menemani perjuangan Rasulullah. Lantas demikian, apasih itu yang dimaksu dengan pengertian khulafaur rasyidin.

Arti Khulafaur Rasyidin Menurut Bahasa & Istilah Adalah? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)
Arti Khulafaur Rasyidin Menurut Bahasa & Istilah Adalah? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Khulafaur Rasyidin Menurut Bahasa

Secara etimologi, yang dimaksud dengan istilah Khulafaur-Rasyidin sebenarnya berasal dari kata “khulafa” dan “ar- rasyidin”. Diketahui bahwa arti Kata khulafa adalah kata Jamak yang merupakan kata yang berasal dari “khalifah” artinya pengganti.

Pengertian Khufalaur Rasyidin Menurut Bahasa (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Khufalaur Rasyidin Menurut Bahasa (Foto: Artikelsiana.com)

Sedangkan untuk arti kata ar-rasyidin adalah mendapat petunjuk. Sehingga pengertian khulafaurrasyidin menurut bahasa adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.

Pengertian Khulafaur Rasyidin Menurut Istilah

Selain dari pengertian khulafaur rasyidin menurut bahasa juga terdapat menurut istilah. Maksud dari pengertian khulafaur rasyidin menurut istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT, untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.

Para khulafaurrasyidin itu adalah pemimpin yang arif dan bijaksana. Mereka itu terdiri dari para sahabat nabi muhammad SAW yang berkualitas tinggi dan baik.

Arti Khulafaur Rasyidin Menurut Bahasa & Istilah Adalah? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)
Arti Khulafaur Rasyidin Menurut Bahasa & Istilah Adalah? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)

Betapa tidak hebat, para sahabat Muhammad SAW yang diketahui sebagai khulafaurrasyidin memiliki sifat-sifat yang luar biasa diantaranya Arif dan bijaksana, Berilmu yang luas dan mendalam, Berani bertindak, Berkemauan yang keras, Berwibawa, Belas kasihan dan kasih sayang dan Berilmu agama yang amat luas serta melaksanakan hukum-hukum islam.

Namun sebagian ulama menganggap bahwa Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang memperoleh petunjuk tidak terbatas pada keempat orang tersebut di atas, tetapi dapat mencakup pula para khalifah setelahnya yang kehidupannya benar-benar sesuai dengan petunjuk al- Quran dan Sunnah Nabi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Arti Khulafaur Rasyidin Menurut Bahasa dan Istilah Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *