Arti Gabut Adalah?: Istilah Gaul Anak Jaman Now, Begini Penjelasannya!


Arti Gabut adalah? – Entah mengapa kata gabut banyak di cari oleh para pengguna internet akhir-akhir ini. Padahal kata gabut sendiri tidak ditemukan di kamus besar bahasa Indonesia. Ya, memang arti gabut itu sendiri tidak bisa kita temukan di kamus bahasa Indonesia karena itu merupakan bahasa gaul yang tercipta di Media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya.

Disinilah salah satu letak kehebatan media sosial hari ini dimana memviralkan bahasa-bahasa gaul yang hanya anak gaul itu sendiri mengerti apa arti gabut. Dan tentu saja bagi orang yang bukan anak gaul tidak mengerti percakapan seperti ini karena kurang update bahasa gaul yang sering dipakai di internet.

Karena kebanyakan anak gaul ingin instan-instan maka setiap kalimat yang panjang pasti mau disingkat-singkat saja supaya tidak terlalu susah mengucapkannya seperti arti lol. Jika ingin tahu apa itu lol? silahkan baca artikelnya.

Meskipun anak jaman sekarang ini menggunakan bahasa gaul di media sosial atau berkomunikasi lainnya. AKan tetapi mereka tidak lepas dari gaya berbahasa indonesia dengan benar.



Semisal jika kita mengetahui arti gabut. Ternyata kata gabut itu sendiri merupakan singkatan yang tersusun atas 2 kata baku bahasa Indonesia.



Yah, jadi harus kita maklumi bahwa istilah gaul anak jaman now memang selalu saja istilah-istilah keren, bisa saja itu memiliki arti yang buruk atau bagus.



Namun, mungkin saja yang masih merasa kebingungan dengan istilah gaul tersebut yang saat ini sudah menjadi bahasa tersendiri di internet media sosial. Oleh karena itu disini artikelsiana.com akan membahas secara detail tentang arti gabut yang memiliki makna yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

Arti Gabut Adalah

Kata gabut itu sendiri mempunyai pemaknaan yang berasal dari singkatan yakni “Gaji Buta”. Padahal ternyata kata gabut bukan hanya dimaknai sebagai singkatan dari gaji buta, akan tetapi masih banyak singkatan-singkatan gabut yang sudah menjadi trending komunikasi di media sosial yang sudah booming pada tahun 2014 silam dan mungkin sampai sekarang ini masih menjadi istilah sehari-hari terutama di media sosial.

Banyak yang mengira bahwa arti gabut adalah singkatan dari gaji buta yang sudah hadir sejak tahun 2011. Akan tetapi pada tahun 2014, kata gabut atau gaji buta ini semakin digandrungi dan sekarang mempunyai banyak sekali singkatan dan berbeda artinya.

Arti Gabut Adalah?: Istilah Gaul Anak Jaman Now, Begini Penjelasannya! (Foto: Artikelsiana.com)
Arti Gabut Adalah?: Istilah Gaul Anak Jaman Now, Begini Penjelasannya! (Foto: Artikelsiana.com)

Daftar Singkatan Gabut

Karena saya sudah jelaskan pengertian arti gabut di atas bahwa makna awal gabut itu berarti gaji buta. Akan tetapi pemakaian kata tersebut tidak hanya untuk gaji buta saja, akan tetapi juga masih banyak makna-makna lainnya yang bisa kita hubungkan sesuai dengan kondisinya, seperti di bawah ini:

– Gaji Buta
– Belagak Buta
– Enggak Butuh

Contoh Kata Gabut dalam Sehari-hari

Arti gabut adalah yang sering digunakan oleh orang orang sekarang ini yakni mempunyai makna dari membosankan jadi, meskipun pada awalnya gabut berasal dari singkatan gaji buta. Akan tetapi karena terlalu banyak orang memaknai, maka artinya pun berbeda-beda. Nah, berikut ini terdapat contoh penggunaan kata gabut yang kita ambil dari makna membosankan.

  • Pengen mancing ah, gabut di rumah terus.
  • Kita-kita jalan dulu, biar enggak gabut
  • Kamu ada di mana? ajakin saya jalan dong, gue gabut banget nih di rumah terus.

Gimana?? Itulah contoh penggunana kata gabut yang kita ambil dari makna “membosankan”. Sangat jauh kan pemaknaannya dari arti gabut dari segi singkatannya.

Contoh Penggunaan kata gabut dari singkatan

Mungkin anda juga sering mendengar dari kerabat kerja atau teman yang ada di kantor, mereka sering mengeluarkan kata kata kepada teman atau ke anda sendiri, seperti “Jangan tidur mulu napa? gabut tau”. Itu adalah salah satu contoh dari istilah gabut yang di singkat dari gaji buta yang sesuai dengan singkatan awalnya. Adapun contoh gabut atau gaji buta lainnya sebagai berikut:

  1. Jangan bolos mulu, kerja yang tekun, jangan gabut aja.
  2. Kenapa lu telat mulu? liat yang lainnya, kerja tepat waktu, kamu, jam segini aja baru masuk, tiap bulan makan gabut mulu ente.

Contoh Gabut (Belagak Buta)

  1. Lu kemarin gua liat, sama siapa tuh? Gue panggil-panggil, elu pura-pura gak denger yah, gabut amat sih ente.
  2. Eh, dia dari tadi gua liat di panta, pas gue senyumin dia, eh malah ngehindari gua, gabut banget tuh dia.

Nah, itulah contoh penggunaan kata gabut, akan tetapi mesti diketahui bahwa arti gabut yang sering dipakai oleh orang-orang dalam bahasa kita sehari-hari adalah yang bermakna “merasa bosan”, kita bisa lihat di media sosial, banyaknya orang update status “gabuuut dirumah mulu, gak ada yang ngajak main”.

Gimana? anda jangan heran yah mendengar pemaknaan dari arti gabut itu. Yah, karena memang agak jauh dari pemaknaan dari singkatannya yaitu gaji buta.

Seperti itulah internet atau media sosial yang menjadikan gabut sebagai kata yang menggantikan atau mewakili perasaan bosan seseorang. Tentu saja, istilah gaul ini banyak yang tidak mengetahuinya dan tidak memahami mengapa gabut dimaksudkan sebagai perasaan bosan. Tapi mau tidak mau, yang namanya media sosial, semuanya bisa dibuatkan istilah gaul asal viral dan menjadi kesepakatan bersama.

Kesimpulan Arti Gabut adalah

Bagaimana? apakah anda sudah paham arti gabut tersebut. Jadi kesimpulannya bahwa gabut itu dimaknai sebagai perasaan bosan seseorang terhadap kondisi yang dialami dan berharap ada yang mengajaknya untuk keluar dari rasa bosan tersebut.

Namun, gabut itu bisa juga kita artikan sesuai dengan singkatannya yakni gaji buta dan belagak buta yang ditempatkan sesuai dengan kondisi pemaknaannya. Akan tetapi untuk pemaknaan “bosan”, gabut tentu saja sangat jauh dari pemaknaan dari segi singkatannya.

Nah, demikianlah informasi tentang arti gabut adalah: istilah gaul anak jaman now. Semoga saja informasi ini dapat memberikan edukasi dan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi apa itu gabut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *