Arti Aliran Surealisme Adalah? Ini Pengertian & Penjelasannya


Pengertian Aliran Surealisme – Seni adalah pengungkapan ide atau gagasan, perasaan, pengalaman kedalam bentuk yang bernilai estetis, seperti suara, gerak dan visual atau rupa.

Tujuannya adalah untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Dalam seni rupa juga terbagi menjadi beberapa jenis salah satunya seni lukis.

Dalam seni lukis adalah seni yang menyampaikan ungkapan pengalaman estetis yang dituangkan dalam bidang dua dimensi (dua matra), dengan memakai medium rupa, seperti aris, warna, tekstur, bentuk, shape dan sebagainya dalam bidang dua dimensi atau dikenal dwi matra.

Dengan perkembangan seni lukis sejak lama, telah melahirkan berbagai macam aliran seni yang setiap dari aliran seni tersebut mempunyai ciri khas dan tokoh serta sejarah terbentuknya aliran seni tersebut.



Aliran seni ada banyak jenis yang banyak dikenal adalah aliran Surealisme, Naturalisme, Romantisme, dan lain sebagainya.



Berbicara soal surealisme adalah aliran seni lukis dan juga merupakan gerakan sastra, dan idelogi di Prancis yang muncul sesudah Perang Dunia I.



Gerakan ini dipelopori oleh André Breton dan PhilippeSoupault (1919). Gerakan ini muncul untuk menentang norma baku yang di Eropa yang sarat kontroversi sampai saat PD II berkecamuk (1938).

Namun pada awalnya, istilah ini ditemukan oleh Apol, Inaire yang menggunakan surealisme dalam judul drama pada tahun 1917. Itulah mengapa seniman surealisme bertujuan untuk membebaskan dari belenggu perilaku rasional, adat istiadat, dan tradisi.

Salah satu pelukis surealisme paling terkenal adalah Salvador Dali yang membantu mempopulerkan gerakan seni ini atau aliran surealisme yang sering menyandingkan objek dari dunia nyata dengan situasi imajiner.

Lukisan seperti Elle Loge La Folie, Indefinite Divisibility, atau The Elephant Celebes, adalah karya yang akan membuat audiens terkejut dan kagum akan inspirasi seni surealisme.

Ada banyak teknik dan fokus besar pada konten seni surealisme yang cenderung bebas dari aturan, dan ide yang dihasilkan lebih imajinatif.

Salvador Dali dan Lukisannya (Foto: Artikelsiana.com)
Salvador Dali dan Lukisannya The Persistence of Memory (Foto: Artikelsiana.com)

Umumnya, seniman surealis menggunakan asosiasi bebas menggunakan salah satu dari dua metode berekspresi, Absolute Surrealism dan Veristic Surrealism.

Arti Absolute Surrealism yaitu percaya pada ekspresi ide dari pikiran bahwa sadar dan arti veristic surrealism yang berfokus dalam menciptakan hubungan antara yang abstrak dan yang nyata.

Pengertian Aliran Surealisme Adalah

Aliran Surealisme merupakan aliran seni yang menampilkan kebebasan yang mengacu pada bentuk yang tidak lazim atau tidak sewajarnya.

Aliran surealisme sendiri menunjukan kebebasan diluar batas logika dalam berkarya, sebagai aliran yang menggambarkan sesuatu dengan ketidak laziman, surealisme dikatakan sebagai seni yang melampui pikiran atau logika.

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Surrealisme adalah gerakan dalam sastra maupun seni rupa yang mengangkat dunia mimpi dan pengalaman nonrasional bawah sadar lainnya sehingga menampilkan pada kebebasan dan bentuk tak lazim.

Arti Aliran Surealisme Adalah? Ini Pengertian & Penjelasannya
Arti Aliran Surealisme Adalah? Ini Pengertian & Penjelasannya

Surealisme bersandar dari keyakinan realitas yang superior dari kebebasan asosiasi, keserbabisaan mimpi, pemikiran kita yang otomatis tanpa kontrol dan kesadaran.

Ciri-ciri Aliran Seni Lukis Surealisme:

  • Penuh dengan khayalan dan fantasi.
  • Lukisan aneh dan asing.

Tokoh-tokoh Aliran Seni Lukis Surealisme:

  1. Amang Rahman
  2. Salvador Dali
  3. Joan Miro
  4. Sudiardjo
  5. Andre Masson

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Arti Aliran Surealisme Adalah? Ini Pengertian & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *