Apasih Pengertian Dinamika Itu? Definisi Dinamika Adalah


Pengertian Dinamika – Kata Dinamika berasal dari kata Dynamics (Yunani) yang bermakna berarti “Kekuatan” (force). Dinamika merupakan tingkah laku anggota satu dengan lainnya langsung saling mempengaruhi timbal balik/proses berlangsungnya hubungan timbal balik dan interdependensi antar anggota kelompok dengan anggota keseluruhan.

Secara harfiah, dinamika bagian dari ilmu fisika tentang benda-benda yang bergerak dan tenaga yang menggerakkannya, dinamika berasal dari istilah dinamis yang berarti sifat atau tabiat yang bertenaga atau berkemampuan, serta selalu bergerak dan berubah-ubah.

Menurut Slamet Santoso (2004: 5) bahwa yang dimaksud dengan dinamika adalah tingkah laku warga secara langsung mempengaruhi warga yang lain dengan timbal balik. Karenanya, bisa dikatakan bahwa Dinamika ialah kedinamisan/keteraturan yang jelas dalam hubungan secara psikologis.

Menurut apa yang disampaikan oleh para ahli dalam hal ini Munir (2001:16) yang mengatakan bahwa dinamika adalah sistem ikatan berhubungan dan saling mempengaruhi antara unsur-unsur itu.

Apabila salah satu unsur sistem mengalami perubahan, maka akan membawa perubahan pada unsur lainnya. Namun yang menjadi catatan bahwa itu bisa terjadi terus menerus kalau di dalam kelompok tetap semangat yang membuat selalu dinamis.

Karena adanya keterikatan yang satu dengan yang lainnya dalam dinamika, maka itulah mengapa dinamika tidak jauh dengan yang namanya kelompok. Dalam pembahasan ini dikenal dengan dinamika kelompok. Apasih itu dinamika kelompok? 

Secara umum, pengertian Dinamika Kelompok adalah kelompok yang teratur dari beberapa individu/lebih yang memiliki hubungan psikologis secara timbal balik dan jelas antara anggota yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, dalam dinamika kelompok punya semangat untuk bekerja dalam artian selalu memiliki gairah untuk bekerja.

Dalam sejarahnya, dinamika kelompok muncul di Jerman saat tahun 1940-an yang dari adanya teori kekuatan medan karena adanya proses interaksi antara anggota kelompok. Teori ini dikembangkan oleh ahli psikologi Jerman beraliran gestalt psycology. Salah seorang tokohnya bernama Kurt Lewin dikenal dengan Force-Field Theory.

Menurut teori ini bahwa kelompok adalah satu kesatuan yang tidak terlepas dari individu satu dengan yang lainnya. Ini muncul karena resultan dari gaya tarik menarik unsur (manusia) kuat yang ada di dalamnya yang masing-masing bertindak sebagai ego, dengan gaya tertentu, hingga terjadi tarik menarik.

Kesimpulan Tentang Pengertian Dinamika Adalah?

Sebagai kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan pengertian dinamika adalah suatu pola atau proses pertumbuhan, perubahan atau perkembangan dari suatu bidang tertentu, atau suatu sistem ikatan yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi antara unsur yang satu dengan yang lainnya, karena adanya pertalian yang langsung diantara unsur-unsur tersebut.

Selain itu terdapat pembahasan dinamika lainnya seperti dinamika penduduk, dinamika sosial, dinamika musik dan dinamika fisik yang definisinya bisa dilihat dibawah ini:

1. Dinamika Sosial Adalah

Yang dimaksud dengan dinamika sosial adalah bentuk gerakan yang asal muasanya dari masyarakat dengan sifat yang terus menerus sehingga terjadi perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

2. Dinamika Fisika Adalah

Yang dimaksud dengan pengertian fisika adalah ilmu fisika yang khusus mempelajari mengenai gerak serta gaya penyebabnya sehingga terjadi. Untuk mengetahui ini bisa dilihat dari dinamika gerak benda yang apapun dari bentuk perilakunya terjadi sehingga benda itu bisa bergerak, bisa dalam percepatan ataukah dengan rotasi.

3. Dinamika Musik Adalah

Dinamika musik adalah untuk menyatakan mengenai lembut dan kerasnya permainan karya musik. Biasa untuk tanda dinamik dipakai dalam karya musik adalah mezzo forte, pianissimo, piano, fortissimo, dan mezzo piano.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apasih Pengertian Dinamika Itu? Definisi Dinamika Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *