Apakah Yang Dimaksud Sistem Operasi Berfungsi Sebagai Interface? Ini Jawabannya


Sistem Operasi Sebagai Interface – Untuk memahami mengenai apa yang dimaksud sistem operasi (operating system) dan fungsinya sebagai user interface, pada awalnya adalah dengan mengetahui bahwa komputer memiliki 3 komponen utama yang paling dasar yakni software, hardware, brainware (user/pengguna). Perlu diketahui bersama bahwa ketiga komponen ini merupakan satu kesatuan yang utuh yang berfungsi dalam menjalankan fungsi komputer itu sendiri.

Sehingga jika tanpa kehadiran dari satu komponen tersebut, maka mustahil komputer itu bisa digunakan. Diibaratkan bahwa hardware tanpa software hanya seenggok rangkaian semikonduktor yang tak berarti apa-apa. Begitupula juga sebaliknya, dimana software tidak bisa dipakai tanpa adanya hardware.

Sebab software adalah pengisi atau yang menjalankan fungsi dari pada hadware itu sendiri. Dan untuk brainwarepun demikian, hardware dan software takkan berguna bahkan jika hardware dan software yang dimiliki sangatlah berkualitas dengan spesifikasi yang tinggi, sebab brainware adalah pengguna atau manusia yang menjalankan perangkat tersebut.

Jika demikian, lantas apasih hubungannya dengan sistem operasi sebagaimana pembahasan saat ini?. Perlu diketahui bersama bahwa posisi atau letak peran dari pada sistem operasi itu menghubungkan semua komponen sistem komputer. Diibaratkan bahwa sistem operasi adalah jembatan yang menghubungkan ketiga komponen utama dari komputer yakni brainware, hadware dan software.



Dengan adanya sistem operasi, maka hadware komputer akan menyediakan landasan untuk aplikasi yang terdapat di atasnya, serta juga bertindak sebagai penghubung antara brainware dengan hardware. Tugas dari pada sistem operasi itu sendiri adalah sebagai manajemen aplikasi. Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai program aplikasi yang digunakan brainware.



Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi? 

Secara umum, yang dimaksud dengan Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat dinyalakan booting. Setelah sistem operasi berjalan, maka selanjutnya adalah software-software lainnya yang akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.



Layanan inti itu disebut dengan akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga setiap software tidak butuh untuk melakukan tugas-tugas inti umum sebab bisa dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Fungsi Sistem Operasi Sebagai Interface Adalah? 

Salah satu fungsi dari sistem operasi adalah sebagai interface. Apasih itu? Sebelum menjelaskan maksud dari pada fungsi tersebut, arti dari interface atau antar muka adalah bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user).

Fungsi daripada interface ini adalah untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer bisa dipakai. Jadi berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud sistem operasi berfungsi sebagai interface adalah layanan sistem operasi untuk interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.

Jenis-Jenis Interface 

Interface atau antarmuka terbagi atas dua yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI). Adapun yang dimaksud dengan 2 jenis tersebut adalah:

1. Command line interface (CLI)

Merupakan user interface berupa text ataupun perintah-perintah yang diketikan langsung oleh user untuk melakukan atau mengeksekusi sesuatu. Contoh dari text interface adalah Command Line Interface (Unix, Linux) dan juga Command Prompt (Windows).

2. Graphic User Interface (GUI)

GUI merupakan user interface berupa tampilan grafis ataupun gambar yang dipergunakan untuk melakukan komunikasi dengan komputer. Contoh Graphic User Interface adalah Button, Toolbox, Textarea, dan masih banyak lagi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apakah Yang Dimaksud Sistem Operasi Berfungsi Sebagai Interface? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *