Apakah Yang Dimaksud Dengan Tanggung Jawab? Ini Definisinya


Definisi Tanggung Jawab – Tanggung jawab itu ada karena hidup bersama dilingkungan. Melalui itu, membuat manusia tidak bisa berbuat semaunya kepada sesama manusia begitupula untuk alam sekitar, rasa tanggung jawab itu perlu di hadirkan.

Sebab dengan rasa tanggung jawab itu, membuat manusia bisa menciptakan keseimbangan, keselarasan antara sesama manusia. Hal itu jugalah mengapa tanggung jawab bersifat kodrati.

Maksud dari hal ini bahwa tanggung jawab pasti sudah ada dalam diri setiap manusia atau bisa diartikan lain kalau manusia dibebani dengan rasa tanggung jawab yang besar.

Ketika ia tidak bisa dan tidak dapat untuk bertanggung jawab, maka bisa saja ada pihak lain yang membuatnya memaksa harus bertanggung jawab. Hal itu membuat tanggung jawab dilihat dari 2 sisi. Untuk sisi yang pertama dari yang berbuat, dan untuk sisi yang kedua adalah dari yang berkepentingan.

Yang dimaksud dari sisi pembuat, dimana pihak ini harus menyadari tentang akibat dari apa yang dilakukannya. Sedangkan dari pihak lain, adalah yang menerimanya, namun apabila pembuat tidak dapat bertanggung jawab, maka si penerima atau yang berkepentingan melakukan cara individual atau bekerja sama dengan orang lain.

Maka dari itu, tanggung jawab menjadi ciri atau karakteristik dari manusia yang beradab atau berbudaya. Manusia bisa dikatakan bertanggung jawab karena terdapat rasa sadar.

Selain itu, juga menyadari akibat baik/buruk perbuatannya dan untuk dipihak lain pasti butuh pengabdian maupun juga pengorbananan melalui usaha berupa pendidikan, penyuluhan, keteladanan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab mempunyai arti yaitu berkewajiban untuk menanggung dan memikul jawab. Secara sederhana, tanggung jawab adalah segala sesuatu yang telah atau sudah terjadi dan dialami.

Selain dari definisi diatas, tanggung jawab juga bisa diartikan sebagai kesadaran diri manusia akan semua tingkah laku dan perbuatan baik itu yang disengaja atau bahkan yang tidak disengaja sekalipun.

Maka dari itulah, mengapa tanggung jawab harus berasal dari dalam hati dan kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus ditanggung jawabkan.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Tanggung Jawab?
Apakah Yang Dimaksud Dengan Tanggung Jawab?

Macam-Macam Tanggung Jawab

Karena kebutuhan dan keperluan manusia yang terus meningkat dari masa ke masa, dan melalui pemenuhan itu membuat manusia terus berjuang untuk mendapatkannya. Dalam proses mencapai itu hingga kepada tujuannya, dibutuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Termasuk mengabdikan diri kepada hal-hal yang ada kita dimana segala sesuatunya butuh tanggung jawab dan hal itu adalah esensi bagi manusia karena dirinya adalah makhluk sosial yang kebutuhannya membutuhkan peran orang lain.

Melihat luasnya tanggung jawab, maka pada kali ini setidaknya akan meringkas 5 tanggung jawab yang saat ini dilakukan yakni;

  1. Tanggung jawab kepada diri sendiri adalah sikap sadar setiap manusia untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi termasuk memecahkan masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri.
  2. Tanggung jawab kepada keluarga adalah sikap sadar yang untuk bertanggung jawab terhadap beberapa orang (keluarga). Contoh adalah sikap tanggung jawab seorang ayah sebagai kepala keluarga untuk kehidupan seorang istri dan semua anak-anaknya.
  3. Tanggung jawab kepada masyarakat adalah sikap manusia sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyrakat tersebut.
  4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara adalah sikap sadar bahwa apapun yang dilakukan di negaranya, tidak bisa seenaknya. Maka dari itu, setiap rakyat memiliki rasa tanggung jawab untuk mengikuti aturan yang ada.
  5. Tanggung jawab terhadap Tuhan adalah suatu sikap kenyataan setiap umat manusia,setiap perbuatan manusia didunia itu harus dipertanggung jawabkan nanti di akhirat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Contohnya adalah pengabdian terhadap Agama dan Tuhan, dan pengabdian terhadap bangsa dan negara kita

Demikianlah informasi mengenai Apakah Yang Dimaksud Dengan Tanggung Jawab. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *