Apakah Yang Dimaksud Dengan Profesi? Ini Pengertian & Ciri-Cirinya


Dalam kehidupan masyarakat kata profesi adalah kata yang telah menjadi bagian kehidupan dan kegiatan sehari-hari, tetapi masih ada yang belum mengenal arti atau pengertian dari apa yang dimaksud dengan profesi itu.

Padahal istilah profesi adalah kata dasar untuk mengenal seperti apa itu profesionalisme dan berbagai profesi yang terdapat di dunia ini. Bisa dikatakan ada banyak profesi yang semuanya memiliki kualifikasi untuk mendapatkan dan ikut terlibat di dalamnya.

Sebab terkadang walaupun seseorang mempunyai skill atau keterampilan namun tidak ada yang menentukan apakah dirinya sudah layak dikatakan dalam kategori seseorang yang menggeluti bidang itu, karena beberapa orang mempunyai skill atau keterampilan namun hanya mengetahui bagian-bagian luarnya saja.

Olehnya itu, dalam memantaskan diri untuk melekatkan nama bahwa itulah profesi seseorang tidaklah mudah, dibutuhkan ke fokusan untuk mendalami sungguh-sungguh tentang pekerjaan itu. Sebab profesi menuntut keterampilan dan juga keahlian tertentu.



Apabila hal itu tidak dimiliki maka belum layak disebut sebagai profesi apalagi tidak terdapat bukti nyata tentang penguasaannya pada bidang itu, seperti seorang desain grafis yang mencantumkan bahwa dirinya adalah seorang desain grafis namun tidak diketahui karya dan bahkan dalam pengerjaannya pun terbilang lama dalam kurun waktu berhari-hari.



Bisa dikatakan bahwa orang tersebut mempunyai kemampuan dalam hal desain grafis namun memenuhi standar untuk dikatakan sebagai ahli dalam bidang desain grafis. Olehnya itu, dibutuhkan sejumlah pelatihan yang panjang untuk memantaskan profesi itu melekat pada diri setiap orang,



Dan mendapatkan sertifikasi akan berbagai keahlian yang didapatkan. Berdasarkan dari penjelasan diatas, arti dari profesi dan seperti apakah yang dikatakan profesi itu sesuai dengan ciri-ciri keprofesian adalah:

Apa Yang Dimaksud Dengan Profesi?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian/keterampilan yang dapat menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian. Istilah profesi berasal dari bahasa Latin yakni “proffesio” dengan 2 arti yakni janjiikrar dan pekerjaan.

Dalam pengertian luas, profesi adalah kegiatan “apa saja” dan “siapa saja” yang bisa mendapatkan nafkah dengan suatu keahlian tertentu. Lalu arti sempit adalah kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut dari pada pelaksanaan norma norma sosial dengan baik.

Profesi adalah jenis pekerjaan yang memenuhi beberapa kriteria. Lalu menurut KBBI, profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya. Sesuai pendapat Elliot (1972), profesi secara historis terbagi atas 2 tipe, yaitu profesi sebagai status dan tipe profesi sebagai pekerjaan.

Profesi sebagai status adalah suatu hal yang relatif tidaklah penting dalam organisasi kerja dan dalam melayani masyarakat, tapi mendapat tempat tinggi dalam sistem tingkatan sosial masyarakat.
Profesi sebagai pekerjaan didasarkan pada spesialisasi dari pendidikan dan latihannya.

Ciri-Ciri Profesi Adalah?

Diketahui secara bersama bahwa terdapat ciri profesi yang melekat dalam pendidikan, pelatihan dan pengalaman bertahun-tahun yang didapatkan tidaklah singkat. Adapun secara khusus sifat yang selalu melekat pada profesi adalah:

    1. Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi.
    2. Adanya pengetahuan khusus.
    3. Mengabdi pada kepentingan masyarakat.
    4. Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi.
    5. Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apakah Yang Dimaksud Dengan Profesi? Ini Pengertian & Ciri-Cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *