Apa Yang Terjadi Pada Bola Yang Ditendang? Ini Penjelasannya


Permainan Sepak Bola –¬†Gaya dalam ilmu pengetahuan alam berbeda dengan gaya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Gaya bisa diartikan dengan penampilan yang biasanya disebut dengan bergaya, sedangkan dalam konsep Ilmu pengetahuan alam, gaya adalah adanya tarikan dan dorongan.

Diketahui terdapat beberapa akibat yang dapat menimbulkan adanya gaya pada suatu benda yaitu terdapat perubahan bentuk. Contoh dari hal ini adalah balon yang ditekan, mobil yang tabrakan dan masih banyak lagi contohnya.

Selain itu yang kedua adalah menyebabkan gerak yang dapat disaksikan dalam pertandingan sepak bola yang apabila bolah ditendang, maka bola tersebut akan bergerak, juga pada mobilan yang dorong serta batu yang dilempar.

Sedangkan yang terakhir adalah membuat benda bergerak yang dari diam menjad bola bergulir ditahan dengan tangan. Berdasarkan dari hal itu itulah mengapa terdapat 2 macam yaitu, gaya kontak dan non gaya. Maksud dari gaya kontak adalah gaya yang sumbernya berhubungan langsung seperti mendorong meja, membuka pintu, mencuci pakaian, dll.

Sedangkan yang dimaksud dengan gaya non kontak adalah sumber daya yang tidak langsung bertemu secara fisik dengan bendanya, contohnya adalah gaya magnet, gaya gravitasi, gaya listrik dan gaya lainnya.

Selain itu perlu diketahui bersama bahwa gaya dan gerak mempunyai hubungan yang saling berkaitan. Gaya berpengaruh terhadap gerak. Serta apabila terdapat gerakan, pasti gaya yang ikut bekerja, begitu pula gaya yang akan menimbulkan gerakan. Hubungan demikian biasa terjadi dalam aktivitas sehari-hari.

Menurut apa yang disampaikan dalam hukum gerak Newton bahwa hubungan antara gaya yang bekerja pada benda dan gerak tubuh. Hukum pertama Newton adalah ketika suatu benda diam atau bergerak akan tetap bergerak kecuali jika ditindaklanjuti oleh kekuatan eksternal.

Ini berarti bahwa semua sesuatu tidak dapat berhenti, perubahan arah dan bergerak ketika tidak terdapat kekuatan atau tindakan sehingga terjadi perubahan. Sedangkan untuk Hukum Newton kedua bahwa apa yang terjadi pada benda besar ditindaklanjuti oleh kekuatan eksternal. Gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan massa benda itu dikalikan akselerasi.

Ini ditulis dalam bentuk matematika sebagai F= m a, di mana F adalah gaya, m adalah massa, dan a adalah percepatan. Pada hukum selanjutnya, apabila terdapat 2 benda berinteraksi, maka akan menerapkan gaya satu sama lain yang besarnya sama dan berlawanan arah. Saat 1 tubuh mendorong yang lain, tubuh yang kedua mendorong kembali sama kerasnya. Hukum tersebut telah diverifikasi oleh percobaan yang tidak terhitung jumlahnya selama tiga abad terakhir.

Hukum tersebut masih banyak dipakai untuk menggambarkan jenis obyek dan kecepatan yang ditemui dalan kehidupan sehari-hari. Pengaruh gaya terhadap gerak Dikutip situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), gaya dan benda memiliki perbedaan. Gaya adalah tarikan atau dorongan yang menyebabkan benda bergerak. Sementara gerak adalah perpindahan yang disebabkan oleh gaya. Benda tidak akan bergerak tanpa adanya gaya.

Apa Yang Terjadi Pada Bola Yang Ditendang? Ini Penjelasannya
Apa Yang Terjadi Pada Bola Yang Ditendang? Ini Penjelasannya

Apa Yang Terjadi Pada Bola Yang Ditendang Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka adapun jawaban dari pertanyaan yang juga merupakan topik pada kali ini yakni Apa Yang Terjadi Pada Bola Yang Ditendang? Ini Penjelasannya, jawabannya adalah:

Yang terjadi pada bola yang ditendang adalah adanya perubahan posisi (perpindahan) dan perubahan kecepatan/percepatan atau bisa dikatakan dalam a=F/m. Selain itu, bisa saja saat bola ditendang juga menyebabkan bola berputar, karena terdapat gaya gesek di udara yang mengakibatkan magnus efek sehingga yang terjadi bola bisa bergerak melengkung.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Terjadi Pada Bola Yang Ditendang? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *