Apa Yang Menyebabkan Indonesia Memiliki Kebudayaan Yang Beragam? Ini Jawabannya


Negara kita adalah negara yang sangat beragam. Demikian ini telah diakui oleh seluruh dunia dan sangat kental sebab telah mengakar sejak dulu. Keberagaman ini menjadi identitas nasional dan mempunyai peran penting dalam kemerdekaan dan persatuan Indonesia hingga saat ini.

Sebab keberagaman ini menjadi sistem yang saling merekatkan diantara masyarakat yang saling berinteraksi. Melalui keberagaman itu, berperan penting dalam peningkatan toleransi antar sesama sekalipun berbeda suku, agama, ras dan antar golongan.

Tidak hanya itu, melalui keberagaman yang dimiliki, rakyat Indonesia dapat saling mengembangkan sikap untuk menerima satu sama lain atau bisa diartikan tidak saling menjatuhkan tetapi mendukung untuk terciptanya keamanan dan kenyamanan.

Itulah mengapa Indonesia dikatakan sebagai negara yang kaya akan budaya bangsa karena keberagamannya. Semua negara yang ada di dunia ini telah mengetahui kebudayaan Indonesia yang begitu beragam. Sampai-sampai lewat keberagaman budaya, Indonesia menjadi terkenal.

Ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing yang berkunjung pada hari-hari tertentu yang tentunya untuk melihat berbagai festival budaya di Indonesia. Apalagi dibuktikan dengan monumen serta peninggalan-peninggalan budaya yang menambah daya tarik bagi para wisatawan.

Selain dari peninggalan berupa benda-benda yang menarik, ada banyak cerita-cerita rakyat yang semakin membuat kebudayaan Indonesia sangat kuat dan mengakar di mata masyarakat.

Betapa tidak kayanya Indonesia, dengan jumlah suku 1.340 suku bangsa di Tanah Air dan memiliki 718 bahasa daerah serta 17.466 pulau yang tersebar.

Melihat dari data tersebut, sudah dapat dibayangkan betapa beragamnya budaya yang dimiliki Indonesia. Apalagi Indonesia mempunyai lokasi yang begitu strategis,

Sehingga kebudayaan yang beragam tersebut ditunjang dengan kekayaan dan keindahan alamnya. Bahkan Indonesia menjadi negara perdagangan dunia sebab lokasi yang berada pada jalur perdagangan dunia.

Sehingga sejak dahulu, Indonesia menjadi jalur pelayaran internasional yang membuat terjadi interaksi antara setiap negara dan menyebabkan terjadinya akulturasi budaya dan interaksi budaya diantara masyarakat asing dan Indonesia. Itulah alasan apa yang menyebabkan Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam.

Indonesia adalah emas dan sekaligus permata karena selain sebagai negara yang bernilai tinggi juga negara yang memiliki keindahan tiada tara. Sedangkan jika ditinjau dari asal usul nenek moyang Indonesia, sebagai jawaban terkait apa yang menyebabkan Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam maka indonesia terdiri atas tiga ras yaitu proto melayu, deutro melayu dan melanesoid.

Proto Melayu pertama kali datang ke Indonesia pada 1500 SM. Suku Dayak dan Suku Toraja termasuk anak keturunan Proto Melayu. Sedangkan Suku Jawa, Melayu, dan Bugis menjadi anak keturunan Deutro Melayu yang datang sekitar tahun 300-400 SM. Selain itu, hadir pula bangsa Melanesoid yang datang ke Papua pada akhir zaman es sekitar 70.000 SM.

Apa Yang Menyebabkan Indonesia Memiliki Kebudayaan Yang Beragam?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban dari pada topik pada kali ini yakni jelaskan mengapa budaya Indonesia sangat beragam adalah:

Indonesia terdiri dari berbagai latar belakang etnis dan agama, serta lokasi yang strategis di Indonesia membuat banyak budaya asing untuk datang dan mempengaruhi budaya Indonesia. Serta asal usul nenek moyang yang terdiri atas 3 yaitu proto melayu, deutro melayu dan melanesoid.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Menyebabkan Indonesia Memiliki Kebudayaan Yang Beragam? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *