Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Ancaman Dari Luar


Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Ancaman Dari Luar – Potensi ancaman saat ini lebih jauh dari apa yang terjadi dahulu. Pada saat ini, ancaman dari luar dan ancaman dari dalam saling terikat satu sama lain. Namun, baik ancaman dari dalam atau dari luar terdapat hal-hal yang harus dilakukan dalam mengatasi.

Tidak hanya mengatasi ancaman tersebut, bisa dilakukan juga untuk mencegah ancaman baik dari dalam maupun dari luar untuk bisa berkembang lebih jauh. Sehingga dibutuhkan upaya yang cepat dalam mengatasinya.

Apalagi negara Indonesia yang memiliki luas teritorial yang sangat luas dengan panjang garis pantai lebih dari 81.000 km serta 17.508 pulau dan luas laut sekitar 3,1 juta km² memugkinkan ancaman bisa datang dari mana saja. Seperti ancaman dari luar yang dimana ada-ada saja negara luar yang sengaja melanggar batas laut dan batas udara Indonesia begitu saja.

Namun tidak dipungkiri bahwa dalam mengatasi ancaman dari dalam dan dari luar ini masih terkendala dalam minimnya alat utama sistem pertahanan yang dimiliki Indonesia bahkan di beberapa daerah perbatasan Indonesia masih kekurangan perangkat militer. Padahal definisi anaman sebagaimana UU No.3 Tahun2003 tentang Pertahanan Negara adalah setiap usaha dan kegiatan baik dari dalam maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keuntuhan wilayah negara dan kesalamatan negara.



Dari pengertian ancaman ini sudah sepantasnya negara mengambil tindakan cepat untuk memperkuat area-area perbatasan sebab bisa berdampak pada kedaulatan Indonesia. Sejarah telah membuktikan bagaimana ancaman dari luar negeri itu sangat membahayakan karena sampai-sampai daerah Timor Leste, irian barat dan malaysia lepas dari tanah NKRI karena adanya pengaruh dari luar, karena adanya ancaman dari luar. Olehnya itu, hal-hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi ancaman dari luar contohnya agresi militer dan penerosan wilayah adalah:



1. Agresi militer

  • Menjalin hubungan persahabatan antar negara berdasarkan prinsip bebas aktif dengan kata lain bangsa Indonesia bersifat netral dan berhubungan baik dengan negara lain
  • Meningkatkan peralatan, pertahanan militer dan ketahanan nasional diiringi dengan peningkatan dari kualitas TNI sebagai inti pertahanan dalam sistem Hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta)
  • Selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang dapat membahayakan keutuhan NKRI seperti mengikuti wajib militer dan belajar dasar-dasar kemiliteran dan selalu siap apabila dibutuhkan dalam mempertahankan NKRI.

2. Penerobosan wilayah

  • Mengadakan patroli secara rutin, terutama daerah rawan penerobosan batas
  • Membangun pos-pos pertahanan dan memperjelas tapal batas yang lebih kuat dan permanen sehingga tidak dapat dipindah

Demikianlah informasi topik yang berjudul Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Ancaman Dari Luar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *