Apa Yang Harus Dilakukan Suatu Negara Untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi


Menciptakan Keunggulan Ekonomi – Apabila ditinjau keunggulan ekonomi Indonesia dalam WEF (World Economic Forum), Indonesia meraih prestasi besar dari peringkat 50 ke 38. Peningkatan keunggulan ekonomi Indonesia sebagai prestasi besar. Karena dalam kebijakan yang dilakukan Indonesia tidak tanggung-tanggung untuk menciptakan keunggulan ekonomi baik skala daerah, nasional hingga internasional.

Dengan prestasi keunggulan ekonomi Indonesia, membuat negara kita mendekati peringkat negara ASEAN seperti Singapora, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam. Melalui penciptaan keungulan ekonomi yang begitu pesat maka Indonesia dapat bersaing dalam MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean yang telah berlaku pada tahun 2015.

Walaupun demikian dalam menciptakan keunggulan ekonomi, Indonesia masih menghadapi banyak tantangan internal dan eksternal. Apalagi di era digital era revolusi Industri 4.0. Tantangan menciptakan keunggulan ekonomi adalah bukan pekara mudah.

Sebab untuk tantangan eksternal sendiri yang dihadapi Indonesia adalah persaingan perdagangan yang semakin meningkat, besarnya defisit neraca perdagangan setiap negara asean.

Selain itu, bagaimana cara Indonesia agar mampu menarik investor. Sedangkan untuk tantangan internal Indonesia dalam menciptakan keunggulan ekonomi adalah rendahnya pemahaman warga terhadap AEC, ketidakmampuan daerah menghadapi AEC dan pembangunan yang masih belum merata ditambah lagi dengan kondisi SDM dan tenagakerja.

Melihat tantangan Indonesia yang begitu besar dalam menciptakan keunggulan ekonomi, bukan tidak mungkin bahwa tidak terdapat peluang Indonesia. Sebab terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan Indonesia. Apalagi, Indonesia adalah tempat favorit bagi para investor dari luar negeri. Dengan tingkat investasi modal itu, maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Terlebih lagi keunggulan Indonesia salah satunya adalah jumlah penduduk. Melalui keuntungan jumlah penduduk ini menjadi kunci sukses dalam peningkatan daya saing Indonesia.

Ditambah keterampilan dan pendidikan, maka produktivitas tenaga kerja di Indonesia bisa meningkat. Inilah salah satu cara yang bisa dipakai Indonesia dalam menciptakan keunggulan ekonomi.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produktivitas adalah kunci utama untuk menang. Dengan keunggulan ini, maka yang didapatkan adalah produksi lebih efisien dan harga lebih kompetitif. Selain dari produktivitas, menurut David Ricardo adalah faktor biaya-biaya input yang rendah.

Dalam artian, apabila dikatakan bahwa produktivitas dapat menurunkan biaya produksi, namun disisi lain dengan tenaga kerja yang biasanya murah, maka bisa menjadi keunggulan komparatif bagi negara. Apalagi didukung dengan sumber daya alam dan pasar finansial yang efisien.

Sudah tidak asing lagi ketika mendengar Adam Smith. Ahli ekonomi yang handal ini teorinya selalu dipake sebagai strategi perdagangan internasional hingga setelah terdapat pembaharuan dengan teori Competitive Advantage (keunggulan kompetitif) atau tenaga kerja yang murah. Dengan keunggulan ini, suatu negara dapat menciptakan ekonomi dengan produktivitas yang tinggi dan kuat.

Sehingga apabila disimak terdapat 2 teori yang mendasari, suatu negara bisa menciptakan keungulan ekonomi ketika memakai mengandalkan teori komparatif dan teori kompetitif atau keunggulan komparatif atau keunggulan kompetitif. Melihat dari 2 teori ini sebagaimana penjelasan diatas, Indonesia dapat memenuhi kedua hal ini, apabila bonus demokrafi di Indonesia dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, Indonesia didukung dengan Sumber Daya Alam yang melimpah serta geografis dan astronomis yang terdiri atas lautan, pegunungan dan daratan dengan iklim yang kondusif. Dengan kata lain, Indonesia masih memiliki keunggulan daya saing dibanding dengan negara-negara tetangga.

Demikian pula, pasar yang masih luas dan tingkat produksi yang masih di bawah kapasitas optimal menjadi faktor penting dalam menjaga daya saing dan meningkatkannya.

Apa Yang Harus Dilakukan Suatu Negara Untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi
Apa Yang Harus Dilakukan Suatu Negara Untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi: Ilustrasi Negara G20.

Apa Yang Harus Dilakukan Suatu Negara Untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi?

Berdasarkan hasil pembahasan diatas, maka penulis menyimpulkan untuk menjawab pertanyaan mengenai topik utama pada kali ini yakni “Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi” pada dasarnya terdapat berbagai hal-hal yang bisa dilakukan. Adapun jawaban dari pertanyaan ini adalah:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan peningkatan keterampilan dan kreativitas.
  2. Meningkatkan jumlah pengusaha khususnya pengusaha muda.
  3. Membuka lapangan pekerjaan yang baru di berbagai daerah secara merata.
  4. Meningkatkan investasi dengan pemerataan setiap daerah agar tidak terpusat pada satu daerah saja seperti gejala yang terjadi di Jawa khususnya Jakarta.
  5. Meningkatkan pelaku ekonomi kreatif.
  6. Memberikan pinjaman kepada pelaku usaha pribumi yang dianggap mampu bersaing di kancah dunia.
  7. Menggenjot nilai eksport di segala bidang khususnya bidang ekonomi kreatif di Indonesia melalui kebijakan pemerintah untuk memberikan pemahaman dan memberikan dukungan.
  8. Perbaikan infrastruktur disetiap daerah agar memudahkan mobilisasi dari pelaku ekonomi.
  9. Memanfaatkan sumber daya alam secara efektif dan efisien.
  10. Tidak hanya menjadi penyuplai barang mentah melain setengah jadi atau jadi.
  11. Mulai merambah kepada sektor-sektor teknologi terlebih lagi di era 4.0.
  12. Memberikan pelatihan internet marketing kepada para pengusaha muda.
  13. Memanfaatkan produk unggul setiap daerah di Indonesia.
  14. Meningkatkan UMKM disetiap daerah.
  15. Menggenjot setiap kepala daerah untuk berinovasi agar meluncurkan produk unggulan setiap daerah.
  16. Memberikan prestasi bagi setiap daerah yang dianggap baik agar terjadi peningkatan kualitas untuk setiap kepala daerah.
  17. Memperluas pariwisata dan mensosialisasikannya ke mancanegara dengan nuansa budaya yang dimiliki setiap daerah.
  18. Dan yang paling terpenting adalah memberikan pendidikan finansial sejak dini.

Demikianlah informasi mengenai Apa Yang Harus Dilakukan Suatu Negara Untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi. Semogai informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *